• 10 Fakta Unik Tentang STEI Hamfara Yogyakarta

    Okeh, sekali lagi gue kenalin tentang kampus gue yang imut ini. Entah kenapa, kampus gue ini mendadak imut. Maybe karena bangunannya belum sempurna kali ya, haha. Ga usah syok lah, kalo liat fisiknya. Semua ga harus dilihat dari fisik men, tapi dari hati #eaa
    Nah, ini hanya klasifikasi keunikan bikinan gue ndri men. Dan ini bener2 fakta bro, karna gue hidup dan merasakan tinggal dikampus yang awesome ini. Langsung cekidot lah.

    1. Terakreditasi B
    Keren ga men, nih kampus berdiri sekitar 3 tahunan yang lalu kalo ga salah, tapi udah bisa dapet -AKREDITASI- B pula. Subhanallah kan. Jurusan dikampus gue cuma ada dua. Manajemen syariah n keuangan dan perbankan syariah. Kedua jurusan itu akreditasinya "B" !!! Unik banget ga tuh. Cuma 1 men kurangnya, yaitu bangunannya itu. Seandainya tuh gedung dipoles dikit, dijamin bakal dapet A nih kampus. Asal lo tau men, dapet akreditasi B itu, susahnya nauzubillah. Lo musti bolak balik ke kopertais, ngurus data2, nyusun berkas2, pokoknya ribet lah. Thanks banget ya, buat para dosen gue yang udah rela berjuang ngurus akreditasi kampus ini, thx juga buat staf pengajaran yang selalu siap repot demi majunya kampus ini. Juga buat pak security kita, yang super awesome banget jagain keamanan kampus ini. Ibu kantin, mbah man, pak agus, pak lukmono, semua bapak2 yang bekerja dikampus kita ini. Tanpa kalian, apalah arti sebuah kampus ini.
    terakreditasi B 

    2. Berpesantren 
    Kalo cuma asrama udah banyak. Tapi yang berpesantren ini lah yang masih langka. Uniknya kampus gue ini punya scedule pesantren ndri men. Pagi-pagi bada sholat subuh itu ada ma'had, macem2 belajarnya. Ada nahwu, ada sorof, ada dirosah, lugotil arobiyah, kajian kitab, bla bla bla. Tapi inget ya, kalo lo mau perdalam bahasa arab or kajian2 kitab, bukan disini men tempatnya. Karena ini kampus ekonomi islam, bukan kampus bahasa. Jadi, manajemen pesantren ini cara buat atur mahasiswa biar selalu bersyaksiyah n beraqliyah islamiyah.
    dirosah pagi kajian ust siddiq al-jawi

    3. Berasrama
    Kita disini hidup satu atap dalam sebuah asrama. Ada asrama ikhwan dan ada asrama akhwat. Masing2 asrama punya DPA-DPA ato Dewan Pengurus Asrama. Merekalah yang bertugas mengatur, menjaga, mengontrol aturan2 yang wajib ditaati oleh setiap santri. Mahasiswa yang sudah berazzam untuk kuliah disini, wajib tinggal di asrama. Tidur di asrama n wajib ikut semua kegiatan asrama. Tapi, tenang men, asrama kita ga horor koq, lo masih boleh bawa hp, laptop n baju secukupnya. Dan yang paling di utamakan adalah masalah kebersihan. Sekali lo jorok, siap2 aja tiap minggu nama lo akan di umumin dimasjid. Karena jorok termasuk pelanggaran yang ga bisa di tolerir. You know!!! Jangan pernah bayangin kalo asrama kita itu kaya yang ada di film "hanakimi", disini jauh lebih sederhana men. Mau mandi ngantri dulu. Kamarnya los blong gitu, ga pake ranjang. Siap2 tahan mental dan tahan stress dah lo, kalo masih ditahun pertama. Pokoknya unik banget lah asrama gue. Kekompakkan n kekeluargaannya berasa banget.
    asrama akhwat STEI Hamfara Yogyakarta
    pohon cersen ditengah sebagai pemisah antar asrama

    asrama ikhwan STEI Hamfara Yogyakarta
    4. Ditengah Bukit
    Salah satu yang bikin gue betah adalah ini men. Dimana-mana pohon. Belom lagi tekstur jalannya itu yang ga nahan. Up down up down cuy. Unik banget kan. Lo bisa dengan tenang belajar disini. Karena ga kedengeran suara kendaraan sama sekali men. Yang ada malah suara serangga2 kaya tokek tokek gitu. Awesome banget kan. Terus nih ya, sekitar bulan november 2013 kemaren, temen gue ada yang nemuin bunga raflesia arnoldi, si bunga yang famous itu loh. Bunga bangke!! Keren kan, bunga selangka itu bisa numbuh disemak2 sekitaran kampus gue gitu. Waw, awesome!! Selama ini sih, udara disini masih sejuk, ga banyak polusi, dan belum pernah banjir men. Secara, ditengah bukit gitu. Ga heran, kampus gue di namain kampus perjuangan gitu men. Karena kalo lo mau menuju kesini, lo harus berjuang nemuin nih kampus yang letaknya rada unik dari pada kampus pada umumnya. Cari aja nih alamatnya "Kenalan, Bangunjiwo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta" gitu sih yang tertulis di KTM gue. Dan yang lebih unik lagi nih, kalo lo kirim paket, apapun itu, ke alamat tadi, dengan mudahnya pak posnya udah hapal men ama letak kampus gue. Alhasil, paket lo langsung nyampe deh ketangan si penerima. Keren banget kan. Biar pun ditengah bukit, tapi nih kampus cukup terkenal lah, bagi orang orang yang mengenalnya.
    gedung utama kampus STEI Hamfara Yogyakarta
    5. Krisis Air
    Masalah mati air mah udah biasa banget buat kita. Bayangin aja men, waktu gue masih maba 2010 dulu, hampir seminggu dikampus ini mati air semati-matinya. Udah mah masih anak baru, kaga ada air lagi, stress banget gue. Gimana cara kita bertahan hidup? Ya samperin rumah warga lah, sambil kenalan gitu men, kalo kita mahasiswa baru disini. Sekarang mah udah mendingan, kita udah pasang PAM, jadi mati airnya ga separah dulu gitu. Makanya men, anak hamfara itu udah sangat terlatih mentalnya, karna hal2 tak terduga sering banget kita alami. Kena angin puting beliung udah pernah, angin badai udah pernah, mati listrik udah juga, apalagi mati air, hal yang biasa banget buat kita. Biarpun itu biasa buat kita, pas bener2 terjadi, kita marah2 juga lah. Namanya juga manusia. Mana ada yang mati air ga marah. Apalagi akhwat, buseh emosinya keluar semua, kaya kompor mledug, haha. Oia gue punya tips, kalo seandainya krisis air terjadi, siapin baju ganti n perlengkapan mandi. Terus sewa motor temen, kk kelas, or ade kelas. Cari masjid terdekat yang kamar mandinya nyaman buat mandi. Stay tune deh disana. Dijamin, biarpun air mati, lo bisa tetep seger, haha.
    sumber air kita nih, ga boleh sampe kosong pokoknya
    6. Panen Cersen
    Ini anugrah yang Allah berikan buat kampus ini. Kita punya segala pohon cersen dengan berbagai ukuran. Mulai yang terkecil hingga terbesar. Yang terindang hingga yang terlebat. Semua ada dikampus ini. Padahal dulu pas gue pertama kali dateng kesini, boro boro ada cersen, yang ada hanya rumput ilalang dan sehamparan tanah kapur yang sangat gersang. Tapi sekarang, 2013 beda men, cersen ada dimana-mana. Dan kalo lagi panen, buahnya sampe jatoh-jatoh gitu. Kebiasaan anak-anak kalo abis pulang or pergi kuliah, ya metikin buah cersen ini men. Dari kebiasaannya aja udah unik, apalagi orang-orangnya, jauh lebih unik lagi men. Sayangnya gue ga suka banget sama cersen, gue cuma hobi metikin aja. Karna kalo lo metik buah cersen itu, sensasinya beda men, ada kepuasan sendiri gitu. Dan kalo musim panas dateng, pohon cersen ini bisa menyejukkan setiap orang yang melewati dibawahnya. Cieehh
    cersen yang berjatuhan

    7. Wajib Berhijab
    Hijab disini bukan sembarang hijab men. Kita disini wajib pake jilbab(sejenis gamis) dan pake khimar(sejenis kerudung). Unik banget kan. Jilbabnya juga ga boleh yang legbongan, yang ada kerutan, yang ngatung, yang terawang, yang ngetat, itu ga diperbolehkan. Tapi harus syar'ie. Yaitu yang longgar, tidak membentuk tubuh, tidak terawang, dan menjuntai hingga lantai (minimal dbawah mata kaki kita lah). Khimarnya juga harus syar'ie, yaitu menutup dada, ga terawang, dan ga dilibet-libetin ke leher. Sebenernya, itu bukan cuma aturan kampus sih, tapi itu adalah aturan Allah yang di adopsi sama kampus kita. Dalilnya ada disurat al-ahzab ayat 59(ttg jilbab) n an-nur ayat 31(ttg khimar). Jadi, kalo lo libur semester terus pulang kerumah, wajib juga pake hijab syar'ie ini. Jangan mentang2 lo udah ga dilingkungan kampus, terus lo bisa bebas, inget men, Allah selalu mengawasi kita dimanapun kita berada. Jadi, selalu kenakanlah hijab disaat kamu berada di area umum. Wajib loh!!
    apapun warnanya yang penting berhijab
    8. Jauh Dari Transportasi Umum
    Yaiyalah, ditengah bukit gini, mana ada bus lewat. Tenang, tenang, banyak juga koq yang buka persewaan motor disini. Beberapa mahasiswa yang punya motor, mereka buka jasa sewa motor gitu. Salah satunya gue, hehe. Dari tahun pertama, gue udah dikirimin motor dari rumah. Karna ortu gue tau kondisi disini itu susah transportasi. Yaudah deh, gue sewain aja tuh motor gue. Tarifnya murah koq, kalo gue sih, 2rb/jamnya. Lumayanlah, buat nambah-nambah uang jajan. Lagian sama temen sendiri, ngapain pelit, iya ga? Tapi, resikonya juga gede men, kalo pas temen kita sewa motor terus jatoh, mau ga mau, tuh motor pasti masuk bengkel, dan biaya betulinnya itu yang kadang2 bikin nyesek. Terus belum lagi, biaya perawatannya, ganti olinya, cuci steamnya, pokoknya banyak deh resikonya. Pernah tuh, motor gue abis 300rb-an gitu, gara2 ganti ini itu, n sparepart lainnya. Secara, tuh motor udah kaya motor sejuta umat men. Ngacir mulu tiap hari. Yah, semoga banyak amalnya deh, selama dipake untuk kebaikan. Makanya nih men, kalo ada yang mo sewa, tanya dulu tujuannya mau kemana, ngapain, sama siapa, biar jelas aqodnya. Kalo dia bohong, urusannya sama Allah, kita kan ga tau. Iya ga? Jalan raya terdekat, bisa ditempuh sekitar 15 menit, kalo gue yang nyetir. Disana namanya perempatan taman tirto. Kalo jemput anak2 dari pulang mudik biasanya disana tuh tempatnya. So, ga usah takut ga bisa kemana-mana. Lo masih bisa holiday keliling jogja koq.
    motor sejuta umat

    9. Sensitif Soal Nikah
    Waduh, masalah ini sangat sensi banget disini. Selama aqod "ga boleh nikah selama kuliah" ini diberlakukan, hal kaya gini yang rame di omongin. Dikit-dikit nikah. Apa-apa nikah. Secara, kita disini ga boleh pacaran, karna pacaran itu haram men. Lagi-lagi kampus kita mengadopsi aturan yang sumbernya dari al-qur'an. Makanya, setelah keluar dari kampus ini, hukum pacaran tetep haram, ga bisa berubah-ubah. Aqod ga boleh nikah, mulai diberlakukan pada angkatan 2010 ke atas men. Jadi ceritanya, sebelum kita masuk sini, kita dikasih tau kalo selama masa study, ada larangan untuk menikah, kalo lo nikah ditengah2 masa study lo, bakal kena denda dan lo wajib keluar dari kampus ini. Inget, itu udah dikasih tau didepan duluan loh. Kalo lo setuju, segera ditanda tangani, dan kalo ga setuju tinggal cari kampus lain aja. Makanya, angkatan gue, angkatan tergalau yang pernah ada, haha. Udah mah kita masuk tahun terakhir, masih belom boleh nikah pula. Mending lo lulus dulu aja, biar aman ga kena denda. Makanya nih, angkatan 2010 gue pada mau lulus cepet, biar terbebas dari aqod itu juga salah satunya, haha. Belum lagi liat fenomena yang pada cinlok. Nikah sama senior lah, sama temen sekelas lah, pokoknya mah masih sama2 satu lingkungan. Makin tambah sensitif aja nih topik. Unik ga tuh. Orientasi kita bukan pacaran lagi, tapi langsung menuju jalan yang halal, yaitu married. Dewasa sekaliee, hahaha. Gue ga setuju banget sama iklan yang "pernikahan dini belum waktunya itu loh", tuh iklan menyesatkan. Justru dari pada pacaran mending nikah dini, asal dia udah mampu secara lahir maupun batin. Dan catet, dia harus paham ilmu agama dulu, mana hak dan kewajiban suami ato istri, kalo nikah tanpa ilmu, sama aja lo bunuh diri.
    salah satu pasangan yang cinlok

    10. Rata-rata Anak Rantau
    Bahkan yang dari luar negeri pun ada men. Dia dari vietnam. Unik banget ga tuh. Kalo kita lagi studium general nih, pak Ismail Yusanto, selalu absen kita satu-satu sesuai asal daerah masing-masing. Mulai dari aceh, terus sumatra, ada padang, medan, riau, palembang, lampung, terus kalimantan, ada kalbar, kalsel, kaltim, terus sulawesi, ada makasar, bau bau, terus papua, terus pulau jawa, dari jatim,jateng,jabar lengkap semua, kumpul jadi satu di Hamfara. Keren kan. Kalo jiwa lo traveller sejati, lo bisa maen kerumah temen-temen lo yang ada diseluruh indonesia ini. Palingan lo cuma tinggal siapin ongkos pulang pergi, masalah makan disana, pasti ditanggung sama orang rumahnya. Yang baru gue jelajahi selama ini baru ke jatim, surabaya n tulung agung, ke jabar, bandung n sukabumi, selain itu belom pernah. Padahal ini kesempatan banget men, buah jelajah Indonesia. Kalo udah mendekati lebaran, mereka semua pada pulang kampung men, sekali pulang, tiketnya ada yang sampe 1jutaan gitu. Gila ga men. Untung tiket gue cuma 50rb doang, naek kereta ekonomi, dari lempuyangan ke stasiun pasar senen. Terus dijemput deh. Gini-gini gue juga anak rantau men. Hidup mandiri, jauh dari orang tua. Yah begitulah kami hidup dikampus ini sebagai anak rantau semua. Pas balik ke asrama, oleh oleh adalah kata pertama yang ditanya. Kalo ga bawa oleh oleh, jangan harap disambut dengan baik diasrama, hoho. Senengnya euy, punya temen dari penjuru pulau.

    Itulah 10 fakta unik menurut gue. Kalo sekiranya ada yang kurang, bisa lo tambahin ditempat kolom komentar dibawah ini. Senyesel-nyeselnya kita masuk ke kampus ini pasti akan tertinggal sedikit kenangan yang "ngangeni". Kalo gue mah ga pernah nyesel ah. Gue yakin koq, suatu saat kampus gue akan bisa mengalahkan "harvard university". Dan dia akan jadi kampus ekonomi Islam satu-satunya di dunia. Sistem ekonomi Islam ga bisa diterapkan oleh institusi perguruan tinggi, yang bisa menerapkan secara keseluruhaanya adalah sebuah institusi negara. Kalo ekonomi kita mau bangkit, ya mari terapkan sistem ekonomi Islam dalam bingkai Khilafah. Dan lo harus belajar di Hamfara dulu, haha

    02.32
    Gedung bagus bukan segalanya, tapi segalanya berawal dari pemikiran yang cemerlang -ISLAM-

21 komentar:

  1. Yuana Tri Utomo mengatakan...

    Fhotonya kok cuma satu doang sich...

  2. Yuana Tri Utomo mengatakan...

    Fhoto kampusnya ditambah dong.

  3. Jd inget armala pas AMT..seneng bgt liat byk poon...

  4. Baiquni Syihab mengatakan...

    oh my ghost..

  5. Jeng Armala mengatakan...

    ust duha@ males unduh fotonya tad, lama..
    entar deh kpn2 aja unduhnya. khusus album hamfara dr prtma masuk, hingga sekarang ini

    mb latifah@ iya lah mba, secara di tangerang isinya ruko n mall semua :D

    pak baiquni@ biasa aja kali pak

  6. nfadhilah88 mengatakan...

    Eitsss, kereeen, menarik sekali.... ^_^ penasaran jd pengen lihat lgsung kesana.

  7. yusup rayyan mengatakan...

    Assalaualaikum
    . Ane mau nanya Kegiatan keseharian santri selain dari ngampus sama ma'had apaan...?????

  8. Jeng Armala mengatakan...

    nfadhilah88@ monggo pinarak ^_^

    yusup rayyan@ ikut macam2 organisasi kampus

  9. @rendra visual mengatakan...

    artikelnya keren2 jeng, wow inspiratif , matur nuwun ilmune

  10. taufik firmansyah mengatakan...

    Awesome..

  11. Nurul Al-wah wah mengatakan...

    Owalah armala tanggung jawab loh kalau aq dan suamiku makin terkenal... :D

  12. Nurul Al-wah wah mengatakan...

    Lihat kampusku penuh dengan pohon (nada: lihat kebunku) :D

  13. Anonim mengatakan...

    alhmdulillah bisa jd alumni hamfara tercĂ­nta

  14. Bismillah mengatakan...

    Kalau sudah nikah bisa kul dsna? Tp gk mondok d asrama???

  15. inqilaby mengatakan...

    Subhanallah,,,,

  16. Anonim mengatakan...

    Assalamualaikum brpa kah biaya kuliah di stei hamfara dan brpa kali libur dalam bulan dan bisakah membawa kendaraan

  17. Anonim mengatakan...

    Assalamualaikum berapakah biaya kuliah di stei hamfara n brpa kali kuliah dalam per minggu

  18. muhammadlazuardi mengatakan...

    MasyaAllah.. linknya disharin ma suami nie karna ada hamfranya..

    kangen beud ma masa2 dihamfara.. salamin ma Nuhbatul ye.. yg udh suxes ngedosen disana..

    bener bngt tu yg point 9 termasuk aku yg mengalami kegalauannya saat itu haha.. tapi jelang lulus nyebar undangan jg akhirnya.. cihuyyyy... ^^

    yg pasti dikalangan tmn2 seangkatan ada prinsip pas wisuda dah harus ada yg digandeng .. azeekkk.. ^^ #kompor..

    tapi pas skrg dah jd emak2 malah kangen masa2 diasrama2 dikampus dulu.. huhu..

    Yg jelas buat adek2 dihamfara nikmati aja dulu prosesnya.. masa2 masih berasrama insyaAllah semua akan indah pada waktunya...

    Coz semua masa itu ga akan terulang lagi.. dinikmati aja masa2 menuntut ilmu.. masa2 bebas ngelakuin ini itu.. apa lg peluang traveling dgn jurus nginep gretong ma tmn2 yg dr berbagai nusantara terbuka lebar.. ga usah ikuta terjangkit virus lovario genesis haha (itu tulisan salah 1 alumni dulu di mading kampus t3ntang virus lope lope) #curcol ummu2 rempong ma krucil.. yg udh susyehhh punya me time free

  19. muhammadlazuardi mengatakan...

    MasyaAllah.. linknya disharin ma suami nie karna ada hamfranya..

    kangen beud ma masa2 dihamfara.. salamin ma Nuhbatul ye.. yg udh suxes ngedosen disana..

    bener bngt tu yg point 9 termasuk aku yg mengalami kegalauannya saat itu haha.. tapi jelang lulus nyebar undangan jg akhirnya.. cihuyyyy... ^^

    yg pasti dikalangan tmn2 seangkatan ada prinsip pas wisuda dah harus ada yg digandeng .. azeekkk.. ^^ #kompor..

    tapi pas skrg dah jd emak2 malah kangen masa2 diasrama2 dikampus dulu.. huhu..

    Yg jelas buat adek2 dihamfara nikmati aja dulu prosesnya.. masa2 masih berasrama insyaAllah semua akan indah pada waktunya...

    Coz semua masa itu ga akan terulang lagi.. dinikmati aja masa2 menuntut ilmu.. masa2 bebas ngelakuin ini itu.. apa lg peluang traveling dgn jurus nginep gretong ma tmn2 yg dr berbagai nusantara terbuka lebar.. ga usah ikuta terjangkit virus lovario genesis haha (itu tulisan salah 1 alumni dulu di mading kampus t3ntang virus lope lope) #curcol ummu2 rempong ma krucil.. yg udh susyehhh punya me time free .

    Zahra angkatan wisuda 2010 (numpang corat coret dr akun suami hehe)

  20. muhammadlazuardi mengatakan...

    Sory.. ini yg nulis Zahra angkatan wisuda 2010.. nie corat coret pake akun suami ^^

  21. Anonim mengatakan...

    Assalamu'alaikum

    . TERIMA KASIH bagi yang udah sharing kisah nya Selama belajar di Hamfara.

    Memang kampus yang penuh dengan perjuangan. Dan dapat membuat kuat mental mahasiswa/i nya


    The first kampus yang mempunyai konsep pesantren nya. Ajib

    Jadi kangen masa2 dihamfara dulu

    Salam
    dari angkatan pertama hamfara :v


Search