• The Power of Dakwah

    Biasanya kekuatan cinta bisa mengubah jadi segalanya. Tapi kalo kekuatan dakwah?? Ih jarang denger deh. Emang! Karena slogan begini jarang digembar gemborkan. Dimana-mana the power of love melulu, cinta lagi, cinta lagi. Ada apa sih dengan cinta? Tanyakan pada rumput yang bergoyang aja yah. *nyengir

    Akhir-akhir ini, napsu makan gue jadi berkurang. Apa, efek sakit diare gue yang kemaren ya? Ga tau euy. Sampe ade kelas gue liat makan gue, kaya orang ga punya harapan hidup. Parah banget tuh dia. Katanya "mba ida makannya kasian banget, mba ida kenapa sih?" ditambah cengengesan. Gue jawab aja "aku mikirin kamu" #mantanRajaGombal.haha.

    Sekali lagi bukan karena cinta yang bikin gue begitu, tapi ini tentang dakwah gan. Gue ngerasa semakin gue ngurusin banyak orang, semakin besar pula amanah dakwah yang harus gue jalankan. Ini yang gue takutkan. Takut ga bisa mengurus dakwah itu dengan baik. Takut lalai. Takut jenuh, futur, dan lain sebagainya. Asli, tanggung jawab itu berat banget. Tapi, gue tetap harus ikhlas gan, coz poros hidup kita emang harus dengan dakwah. Dakwahlah yang bisa bikin Agama Islam menyebar keseluruh dunia.

    Jangan lu kira, dakwah itu musti naik ke atas mimbar masjid, musti tampil kaya mamah dedeh ditv2, musti nyandang gelar ustad,ustadzah, musti selalu pake baju koko, sorban, or yg ibu2nya harus stylenya kaya bu haji, yang biar disangka orang udah banyak ilmunya, padahal mah dakwah GA MUSTI yang kaya begono. Cukup amar ma'ruf nahi munkar kepada sesama muslim, juga bisa disebut dengan dakwah.

    Misalnya kaya, ingetin temen kita buat sholat tepat waktu dimasjid. Cus memberi tahu bahwa pacaran itu hukumnya haram. Menyampaikan kalo menutup aurat dengan jilbab n kerudung itu wajib, bagi wanita muslim yang sudah baligh. Mengingatkan pemerintah bahwa syariat Islam wajib diterapkan dalam segala aspek kehidupan dengan cara mendirikan daulah khilafah islamiyah sebagai pusat terkokoh bagi keamanan negara. Dan masih banyak lagi. Apapun itu, selama dia menyeru kepada kebaikan ya sampaikanlah ke orang lain walau hanya 1 ayat. Tapi jika terjadi kemungkaran, tugas kita jugalah yang menyampaikan kebenaran yang seharusnya. Katakanlah sesuatu yang benar, walau itu menyakitkan. Kalo dibilang di Al-qur'an riba itu haram, maka tinggalkanlah riba itu. Itulah yang disebut dengan dakwah.

    Nah, posisinya sekarang, gue bisa termotivasi dari dakwah itu. Dari hal kecil deh. Dulu, gue ga pekaaa banget sama orang, tapi dengan dakwah, gue akan sering berinteraksi ketemu orang "asing" buat diajak curhat bahas hobi, impian, kesukaan, bahkan sampe bahas kerusakan yang ada dimuka bumi ini. Yang free sex lah, aborsi lah, pacaran lah, korupsi lah, hedonis lah, kapitalis lah, individualis lah, de el el. Dengan begitu, dikit2 gue bisa baca ekspresi orang2. Bisa tau mesin kecerdasannya.
    Dan yang paling penting, gue bisa tau pola pikir seseorang itu. 
    Apakah dia menganut sosialisme,kapitalisme,ato islam. 
    Yup, semua emang karena the power of dakwah.

    Gue iri banget sama sahabat2 nabi yang bisa bikin Islam jadi wow. Tau mush'ab bin umair? Beliau mampu mengubah pemahaman masyarakat madinah dari jahiliyah hingga sepakat untuk diterapkan syariat Islam secara kaffah. Tau abu bakar asshiddiq? Umar bin khattab? Ustman bin affan? Ali bin abu thalib? Khalid bin walid? hamzah bin abdul muthalib? Salman alfarisi? Mereka itu beberapa sahabat Rasul yang sepenuh hidupnya di isi oleh kekuatan dakwah. Jangan pernah lagi deh sepelekan dakwah.

    Sebenernya masih banyak hal yang ingin gue share tentang kekuatan ini. Maybe dilain kesempatan gue coba tulis lagi. Pesen gue sih, dari dakwah kita bisa mengubah dunia. Seperti apa yang udah dicontohkan Rasulullah n para sahabatnya. Kalo dulu Islam sempet dirampas oleh peradaban asing, maka kita ambil kembali dengan dakwah, jihad, n khilafah. Biar Islam berjaya kembali, ayey!!

    02.54
    Yang lagi banyak pikiran *uwaa

0 komentar:

Search