• Derita Mahasiswa Tingkat Akhir

    Ternyata, sekian lama ga kumpul DPA, banyak beeudd masalah asrama yang gue ga tau, hiks. Kita hidup sekitar 100 orangan lah dalam satu atap. Papasan tiap hari, tapi masih adaa aja masalah yang ga kita tau. Bahkan untuk angkatan sendiri pun, masih nemu aja orang-orang yang bermasalah. Padahal angkatan gue adalah angkatan tertua ditahun 2013-2014 ini.

    Sorry, lagi2 gue curhat colongan. Abis gue lagi ga tahan sama kontroversi hati gue. Sepanjang hari ini, gue hampir menghabiskan waktu diluar kampus, dan bertemu orang-orang lebih banyak dari biasanya. Cerita yang gue dapet pun, lebih bervariasi dari biasanya.

    Sepanjang perjalanan menuju SMPN 7 jogja, gue merenuuunggg teruus,  sambil nyetir motor. Alhamdulillah gue udah profesional, jadi ga masalah. Kenapa merenung? Because, gue ikut merasakan apa yang kakak kelas gue rasakan. Sampai hari ini skripsi dia belom juga di ACC sama dosen pembimbingnya, padahal batas akhir pendaftaran ujiannya itu tinggal 2 hari lagi. Bayangin gan, dia bimbingan hari jum'at dari jam 10.30-11.00, harus selesai semua hari senin. Sampe tadi dia bilang, "kalo senin bsk skripsi mba juga blm di ACC jg, mba bakal ikut wisuda tahun depan bareng kalian" padahal posisi dia udah angkatan 2008. Ngeri gan, dikejar deadline gitu.

    Dalam hati gue, apakah ini gejala yang sering di alami mahasiswa tingkat akhir?? Bener-bener derita kalo gitu. Gue jadi horor gan, dari dulu pingin ajuin proposal skripsi gue ga jadi2. Padahal tuh jurnal udeh gue siapin dari jauh-jauh hari. Tapi kenapa, gue jadi ragu gini. Derita memang. T.T

    Dijalan raya, otak gue cuma mikirin, skripsi gue kapan dijalanin? Apa gue harus nunggu dikejar deadline kaya si mba itu?? Ih gue ga mau ya Allah. Tapi oh tapii. Lagi-lagi tapi lagi. Deritaaaaa sangat. Gue musti nyalahin siapa dong? Au ah gelap. Laju motor pun, tiba di smp tempat tujuan gue. Dan pikiran itu hilang seketika, because gue ketemu sama adik2 smp binaan gue yang imut2 itu. Yang gue berharap darinya, mereka masuk kedalam barisan terdepan dalam memperjuangkan Syariat Islam yang telah lama ditinggalkan dijaman sekuler ini. Dari bibit-bibit itulah pemuda-pemudi pembela Islam lahir. Yang menjadikan pribadi mereka, jadi berakhlakul karimah, pikiran,perasaan,peraturan mereka sesuai al-qur'an dan as-sunnah. Hingga titik hidup mereka terhenti sampai ke jannah. Aamiinn.

    Derita mahasiswa gue, sempet terhenti sesaat. But, setelah gue caw dari tuh skolaan, derita itu dateng lagi. Astagfirullah. Gue mau segera lulus, tapi kenapa gue masih bodo amatan sama skripsi gue. Ga relevan banget kan. Benci..benci..benci.. Kenapa sih musti ada skripsi? Toh pada akhirnya cuma jadi penghias perpus kampus. Plis, metode kuno itu segera diganti ajalah. Ato dihapuskan sekalian, haha.

    Terus tadi gue mampir anugrah (photo copy langganan anak2 dikampus), gue beli kertas A4 satu rim, eh si bapak nanya "buat skripsi ya?" mmbbaatinn gue, koq si bapak tau sih gue mahasiswa tingkat akhir. Oohh deritaa. Gue ga bisa bayangin, gimana tuh pasutri yang nikahnya masih kuliah, idiihh pasti tuh pikiran jadi bercabang dah. Dan membuat derita semakin derita. Ampuun dah, ga sanggup gue.

    Belom lagi nih ngurusin bocah2 di asrama. DPA sampe frustasi dengan masalah yang menggunung. Ga perlu lah gue ceritain masalahnya disini. Kalo mau tau, sok mangga rasakan dan nikmati hidup berasrama. Ada pahitnya, ada juga manisnya. Inget gan, semua hal yang pernah kita alami, ga ada yang sia2, justru itu buat pengalaman kedepannya agar lebih apik. Justru disitulah proses yang bikin kita jadi tambah dewasa. Maka berlomba-lomba lah buat ngurusin ni asrama, haha. Konflik dikit, wajar gan. Dateng masalah, juga biasa gan. Kalo hidup ini kerasa ga ada masalah, berarti masalahnya adalah dia ga bisa mengindra masalah sekitar dalam hidup dia. Bingung...bingung...dah.

    Terakhir, ada satu hal yang bikin gue hepi gan, yaitu gue digabungin digrup wa, yang isinya para backpacker umroh gitu gan. Cihuyy, moga aja gue bisa ikut umroh dengan bajet minim. Dibalik itu gue juga gondok gan, ama tim LKMA gue yang semakin geje gini. Sumpah dah, gue udah males ngurus itu program. Saran gue yang kemarin gue share di WA ga direspon sama sekali. Uwaaaaaaa kesel sumpah gue. Au ah gelap.

    Ok, gue tetep yakin, dibalik derita ini, pasti ada kebahagiaan yang tersembunyi. Kalo kata pepatah, bersakit-sakit dahulu, baru bersenang-senang kemudian. Allah punya rencana yang ga akan terduga, yakinlah gan. So nikmatilah proses ini.

    23.52
    Mahasiswa tingkat akhir

0 komentar:

Search