• Cara Membuat Paspor di Kantor Imigrasi Yogyakarta

    Saya akan cerita pengalaman sewaktu saya buat paspor. Ini pertama kalinya saya bikin paspor buat umroh. Asal saya dari Tangerang, tapi ternyata bisa bikin di Yogyakarta. Jadi kesimpulannya, bikin paspor itu nggak musti didaerah tempat asalnya. Untuk lebih jelasnya simak cerita saya.

    Sebelum kamu ke kantor imigrasi pastikan semua berkas kamu harus lengkap. Bagi yang masih single cukup menyiapkan :
    1. KK asli dan KK fotocopy 1 lembar (kalo kira-kira ngeri kemana-mana bawa kk asli, boleh pake kk yang udah di legalisir)
    2. Akte Lahir asli dan fotocopy 1 lembar (kalo ga punya akte lahir, boleh pake ijazah sekolah, sd, smp, sma. Yang penting pake ijazah yang udah dilegalisir. Inget, dilegalisir dulu, kalo nggak dilegalisir akan ditolak diloket pertama)
    3. KTP asli dan fotocopy (biarkan fotocopy KTP kita tetap dikertas selembar, ga usah dipotong sesuai ukuran KTP. Biaya fotocopy ditempat imigrasi Rp 500,-/lembar, jadi mending copynya diluar aja, biar murah)
    4. Surat rekomendasi. (berhubung saya masih mahasiswa, jadi saya mintanya ke kampus, yang menyatakan saya mau bikin paspor baru. Kalo yang pelajar minta ama sekolah, kalo yang karyawan minta ke tempat kerjanya. Dan seandainya kelupaan ga bawa surat rekomendasi, boleh menyusul koq, bilang aja sama bapak/ibu petugasnya)

    Bagi yang sudah menikah tambahannya : surat nikah

    Bagi yang umurnya dibawah 17 tahun persyaratannya ada sendiri, saya lupa ga dicatet, silahkan tanya mbah gugel aja yak.

    Karena kantor imigrasi yogyakarta buka jam 08.00, usahakan kita datangnya sebelum jam 8. Bila kamu datang jam 08.30 aja, kantor udah pueeenuuhh orang banget. Sumpek deh liatnya.

    Langkah 1 : naik tangga, sebelah kiri kamu ada bapak-bapak penjaga formulir. Kamu minta aja formulir itu. Untuk dapat formulir, kamu harus menyerahkan KTP kamu. Untuk di jogja, map-nya warna orange. Didalam map isi biodata kamu sesuai KTP.

    Langkah 2 : serahkan formulir yang udah kamu isi lengkap beserta kk asli&copy + ktp asli&copy + akte asli&copy sama map orangenya sekalian. Serahinnya kebagian depan, dimeja deket pengambilan formulir tadi. Setelah dicek lengkap, kamu akan mendapat kertas nomor antrian. Dan map kamu dikembalikan lembali untuk diserahkan ke lobi berikutnya.

    Langkah 3 : kamu duduk dengan sabar, sampe nomor antrian kamu dipanggil. Ga usah khawatir ga kedengeran, karena didepan kamu ada layar tipi gede yang menampilkan nomor antrian beserta loket yang akan dituju.

    Langkah 4 : setelah dipanggil nomor kamu, datanglah ke loket membawa berkas-berkas yang didalem map orange (formulir,kk,akte,surat rekomendasi,ktp). Pas udah nyampe loket, yang ditanyain ke saya waktu itu cuma "Mau kemana? Dari kampus mana? Semester berapa? Ga susah koq, jawab dengan sejujurnya aja. Udah gitu si bapaknya ngecek berkas kita. Setelah berkas di ACC kita dikasih kertas tanda terima permohonan. Dikertas itu tertulis kapan kita harus balik lagi buat foto n wawancara. Tiap daerah beda-beda kebijakan, ada yang seminggu kemudian suruh balik lagi, ada yang cuma dua hari udah bisa balik (kaya saya, hehe).

    Langkah 5 : setelah kamu balik lagi, kasih surat tanda terima permohonan ke lobi depan buat dapet nomor antrian. Usahain datengnya pagi-pagi. Kamu nunggu lagi sampe nomor kamu dipanggil kembali. Satelah dipanggil kamu cuma suruh nyerahin kertas tadi ke petugas n kamu suruh bayar sebesar 255rb untuk paspor 48 hal. Kalo 24 hal saya ga tau. Abis selesai bayar, kamu nunggu lagi, sampe nama kamu dipanggil untuk masuk ruang foto. Bagi yang pake kerudung, pas kita foto jidadnya harus kelihatan. Kalo yang pake kerudungnya terlalu kedepanan, wajib dimundurin kebelakang. Bagi yang pake cadar, wajib buka cadarnya, dan kelihatan wajahnya. Kalo kita ga ngikutin aturan sana, paspor kita ga jadi-jadi.

    Langkah 6 : keluar dari ruang foto kamu harus nunggu lagi sampe nama kamu dipanggil ke ruang wawancara. Syarat masuk ruang wawancara harus bawa berkas asli lagi (kk,akte,surat rekom,ktp). Pertanyaannya simple sih, paling nanya tujuan bikin paspor buat apa. Nah bagi yang ingin umroh, nama dipaspor wajib tiga kata. Bagi yang namanya cuma dua kata, jangan lupa pas wawancara bilang sama petugasnya suruh tulisin penambahan nama buat kita. Misal nama asli saya "Ida Armala" maka akan ditambahkan pake nama ayah saya, menjadi "Ida Armala Sumarto" agar setelah paspor kita jadi, ada keterangan penambahan nama dilembaran paspor kita.

    Langkah 7 : setelah keluar dari ruang wawancara kamu dikasih surat pengambilan paspor. Jangka waktunya beda-beda tergantung tulisan yang tertera di kertas tersebut.

    Langkah 8 : dateng pagi-pagi, kasih kertas pengambilan paspor di lobi depan, buat dapet nomor antrian. Syukur-syukur dapet nomor urut pertama, biar cepet dan langsung pulang deh. Nanti nomor kamu dipanggil untuk menuju loket khusus pengambilan paspor. Maka paspor kamu sudah jadi deh. Selamat mencoba.

    Kalo kamu bingung ditengah jalan, jangan sungkan untuk nanya orang. Malu bertanya sesat dijalan.

33 komentar:

  1. wah, makasih infonya. Sampai ada foto2nya lagi, lengkap dah

  2. Makasih infonya, lengkap bgt sampai ada foto2nya :)

  3. Anonim mengatakan...

    Thankyou.. Passporku jadi gara2 kamu,,

  4. imam mengatakan...

    gimana caranya bikin surat rekomendasi dari kampus?

  5. Jeng Armala mengatakan...

    imam@ minta kebagian akademik minta dibuatkan surat keterangan kita buat paspor untuk apa

  6. himeh qomary mengatakan...

    mbak, kalo kk-nya discan bisa nggak?

  7. Jeng Armala mengatakan...

    Dicoba dulu aja mb. Sy blm tau juga e mba kalo di scan bisa atau ndak. Ato biar ga bolak balik, tlp ke kantor imigrasi jogjanya aja..

  8. solekhan kepri mengatakan...

    makasih infonya mba,...manfaat sekali,..
    tapi kalau KK nya legalisir berarti yang di kasikan ke kantor imigrasi yanng di legalisir atau cukup yang fotocopy aja, makasih

  9. solekhan kepri mengatakan...

    kalau pake KK yang legalisir itu yang di serahkan kesana cukup fotocopynya saja atatau yang legalisir...?

  10. Jeng Armala mengatakan...

    solekhan@ kk yg di legalisir

  11. Roy Royal mengatakan...

    Kalau buatnya online lebih ribet dari ini gk? Maaf pw tanya ni

  12. Ika Puspita Sari mengatakan...

    Makasi ya mas infonya. Mau tanya kalo surat kk nya fotokopian dlm bentukk scan yg aku print itu boleh nggk? soalnya surat kk nya yg asli hilang. mohon informasinya ya mas

  13. Arsh Starfy Firdausy mengatakan...

    Update: terakhir 2013 saya bayarnya lewat bank BNI udah ga langsung di TKP. Jadi ngumpul Map - bayar - datang foto & wwncara sesuai tgl - terus ambil saat sudah jadi. Cmiiw

  14. Jeng Armala mengatakan...

    Alhamdulillah kalo smakin di permudah. Waktu jaman sy bikin sih msh sesuai yg sy di blog. Klo yg terbaru makin mdh, brarti ada kemajuan

  15. Muhammad Tohir mengatakan...

    Kalau di surat rekomendasi...keterangannya diisi apa ya...kalau mahasiswa keterangan rekomendasi buat jalan jalan aja apa bisa? Trims

  16. Anonim mengatakan...

    Mbk mau tanya, kalau sdh lulus kuliah perlu surat rekomendasi juga?

  17. Jeng Armala mengatakan...

    Mngkin surat rekomendasi dr kantor kali y mb klo dah kerja. Tp cb ja tny lgsng kantor imigrasi

  18. Anonim mengatakan...

    Paspor nya satu hari jadi mbak?

  19. Jeng Armala mengatakan...

    Ga bs lgsng jd mbak, ada tahap2nya

  20. anonim mengatakan...

    Kira-kira berapa hari ya mbak jadinya?

  21. Jeng Armala mengatakan...

    Sy dlu 3hr mb

  22. anonim mengatakan...

    Kira-kira berapa hari ya mbak?

  23. anonim mengatakan...

    KK sama akta asli itu diharuskan bawa mb?

  24. Jeng Armala mengatakan...

    Seinget sy iy mba

  25. anonim mengatakan...

    Kantor nya itu buka sampai jam brp ya mbk?

  26. febri ratnasari mengatakan...

    Kalo surat rekomendasinya gmn? Saya Udah ngak sekolah dan ngak kerja

  27. febri ratnasari mengatakan...

    Kalo surat rekomendasinya gmn? Saya Udah ngak sekolah dan ngak kerja

  28. Jeng Armala mengatakan...

    Krg tau juga sy mba. Mungkin dr RT setmpat kali ya

  29. Arianne mengatakan...

    Apa surat rekomendasi dari kampus itu wajib ya, mbak?

  30. Jeng Armala mengatakan...

    Kykny sih iy mb

  31. silmi izza mengatakan...

    Mba kalo bawanya kk legalisir aja kira2 di terima nggak ya? Soalanya kk asli hilang huhuuu

  32. Unknown mengatakan...

    Yakin klo gak bawa yg asli asal bawa yg udah di legalisir berkasnya akan di terima?

  33. Unknown mengatakan...

    Misal kalu tuk daftar kuliah di luar, kan saya baru klas 12 pendaftarannya mulai januari dan saya blum punya ijazah sma itu gimana? Mohon pencerahannya

Search