• Cerita Umroh #2 (Makkah)

    Setelah 5 hari di Madinah, rela ga rela, gue harus meneruskan perjalanan gue ke Mekah. Selamat tinggal masjid nabawi, aku pasti kan kembali pada dirimu dalam keadaan yang jauuhh lebih baik dari keadaan yang sekarang ini. #sedih

    Perjalanan selanjutnya-lah yang baru bisa dikatakan dengan Umroh. Jadi, inget ya, umroh itu bukan cuma jalan-jalan ama belanja doang. Umroh itu juga musti ambil niat men!!

    Yup, untuk menuju mekah butuh waktu 4 jam lamanya. Itu naik bus loh ya. Ba'da sholat jum'at, jamaah gue langsung cabut dari madinah menuju masjid bir ali. Bir ali adalah tempat ambil miqot untuk memulai niat umroh. Semua jamaah umroh yang dateng dari madinah, tumplek blek disini men!

    Ngapain aja pas kita miqot?? Pas kita miqot di masjid bir ali ini,  dianjurkan untuk menjaga wudhu, bercukur, berwangi-wangian, pake dua lembar kain ihrom (untuk laki-laki), nutup aurat seluruh tubuh kecuali muka n tapak tangan (untuk perempuan, en solat sunnah ihrom 2 rakaat.

    Kalo udah nyampe bir ali ini, semua pakean yang terlihat adalah putih-putih gitu men!! Pertama, semua laki-laki wajib pake kain ihrom. Kedua, jamaah perempuan dari indonesia hampir mayoritas, mukena yang dikasih sama travel msg2, warna putih juga. Berasa kaya idul fitri gitu men, haha.

    Selesai sholat sunah ihrom 2 rakaat, kita kembali digiring menuju bus lagi. Disuruh duduk yang rapih, ga boleh berisik. Ga boleh ngobrol. Ga boleh rusuh. Pokoknya harus dengerin instruksi "ibu ketua" kita. Kata ibu ketua, jika kita udah solat sunah ihrom, maka dilanjutkan dengan baca niat untuk umroh. Maka, si ibu ketua pun membimbing para jamaah untuk baca niat umroh. Niatnya cukup gampang kok men. Gini nih bacanya, "labbaika allahumma 'umrotan" dibaca sekali aja ya. Terus, abis baca niat umroh, kita telah resmi masuk status sebagai "yg lagi ihrom"..

    Nah, kalo lo lagi status ihrom, ada larangan-larangan yang ga boleh kita langgar. Diantaranya :

    -Ga boleh pake wangi2an apapun (termasuk lotion, lipstik, apalagi parfum) pokoknya yang wangi2 ga boleh nempel dibadan kita.

    -Ga boleh mencukur/mencabut bulu rambut (apalagi dengan sengaja, bisa batal niat umroh kita)

    -Ga boleh menggunting kuku (makanya sebelum baca niat, potong kuku dulu kaya gue, haha)

    -Ga boleh pake pakean yg berjahit bagi laki-laki (otomatis hanya dibalut 2 lembar kain ihrom doang loh, ga boleh pake boxer apalagi underware) saran gue, belajar tutorialnya dulu, biar ga copot waktu tawaf

    -Ga boleh nutup kepala bagi laki-laki (yang abis beli peci baru dari madinah, sorry ya, harap disimpen dulu)

    -Ga boleh buka aurat bagi wanita (kalo misal abis dari miqot kita kehotel dulu, pas dikamar, ga boleh buka kaos kaki or kerudung sembarangan depan orang, bisa batal entar niat umrohnya) harus dikamar mandi, yg cuma bisa dilihat sama kita ndri

    -Ga boleh meminang apalagi menikah (kalo udah lepas status ihromnya, sok aja lah, yang emang niat nikah disana, juga gpp)

    -Ga boleh berhubungan suami istri dulu (ditahan dulu ya, bagi para pasutri, kalo umrohnya dah kelar, baru dah tuh, bebas)

    -Ga boleh berburu binatang (termasuk nyamuk yang lagi hinggap dibadan kita, jangan ditabok tuh nyamuk, cukup di tiup aja ya)

    -Ga boleh nyabut tanaman (untungnya disaudi kaga ada bunga melati berserakan, jadi insyaAllah aman lah)

    -Ga boleh memungut temuan (mau lo nemu dijalan ato didalam masjid, kalo status lo lagi ihrom dan lo ga tau tuh barang punya siapa, mending lewatin aja ya, jangan dipungut)

    -Ga boleh berantem apalagi berbuat keji (makanya kita harus banyak2 istigfar di jalan, namanya juga banyak orang, banyak juga yang antri dimana-mana, kita harus sabar. Sabar sesabar-sabarnya ya)

    Kalo ditengah-tengah status ihrom lo, ada yang dilanggar, lo akan kena dam (denda). Khusus larangan ML bagi pasutri, dam-nya adalah 1 ekor unta. Selain itu, dam-nya 1 ekor kambing. So perhatikanlah baik-baik larangannya. Jangan yang dipikirin, oleh-oleh terus. Pingin belanja terus. Jangan sampe gitu ya, entar umrohnya ga maqbul loh.

    Sepanjang perjalanan menuju makkah al mukaromah, gue baca bacaan talbiyah sambil menikmati pemandangan tanah suci ini. Hingga akhirnya gue tertidur lelap. Zzzz.

    Puas gue tidur, bus masih jalan terus belom nyampe-nyampe. Suasana kota udah gelap dan lampu2 jalan mulai keliatan. Tau ga sih lo, disana itu, cewe ga boleh nyetir mobil. Cewe juga ga boleh keliaran sendirian tanpa mahrom. Juga ga boleh jaga toko sendirian. Pokoknya kehidupan cewe2 arab itu sangat tertutup banget men. Sampe2 jalan raya n sekitarnya itu, kosooongg banget, kaya kota mati. Isinya cuma mobil ama toko-toko geje. Kaga ada orang berkeliaran kaya dijakarta gitu. Sampe aneh gue liatnya. Hanya di masjid nabawi n masjidil haramlah, gue bisa liat bebas, perempuan2 arab lengkap dengan hijab style-nya itu.

    Abis duduk lama dibus, alhamdulillah gue sampe juga dihotel selanjutnya. Namanya "AL SARAYA HOTEL" ini juga bukan hotel yang berbintang-bintang yah. Bisa dibilang, menengah ke bawah lah. Kali ini, gue dapet kamar lantai 10 men. Turun dari lantai sebelumnya.

    Masih tentang hotel. Fasilitas yang kita dapet, hampir sama kaya hotel sebelumnya juga sih. Tapi, kalo dari segi kebetahan, gue lebih betah nginep di hotel yang ini. Coz, cateringnya enak-enak sih. Asli masakan Indonesia men. Alhasil, berat badan gue kayaknya naik deh T.T (ampuni aku ya Allah).

    Hotel gue ama masjid, jaraknya sekitar 500 meter gitu. Jadi, kalo gue abis makan, energi gue terkuras lagi buat jalan, hehe. Biarpun masjidil haram jauh, tiap azan berkumandang, always org2 pada ramean jalan menuju masjid. Jalan raya yang kalo biasa penuh mobil lewat, pas azan, digantikan oleh lautan manusia. Subhanallah. Gue kangen masjidil haram men, hiks.. Mo balik kesana..

    Balik ke miqot lagi. Setelah gue taro tas dikamar, gue langsung kumpul di loby hotel. Saat itu pukul 02.00 dini hari. Tanpa ngenal waktu, kita langsung berangkat menuju masjid buat tawaf. Inget, status kita masih ihrom nih. Selama tawaf, kita ga boleh pegang ka'bah dulu. Karna kain ka'bah itu wangi banget men, kalo sampe nempel ke badan kita, niat ihrom kita bisa batal. Kecuali, kalo kita mau tawaf biasa aja, tanpa ambil miqot n niat ihrom, baru boleh cium2 sampe puas itu ka'bah.

    Tawaf itu muter 7 kali putaran. Dimulai dari ujung hajar aswad (yg deket pintu ka'bah) dan berakhir sampe situ lagi. Kalo pas disana, ada tanda lampu berderet warna ijo gitu men, buat kasih tau, kalo itu titik start. Dan pada saat kita tawaf, wajib harus punya wudhu ya. Kalo batal diputeran ke 6, lo harus wudhu lagi men. Selesai wudhu, lo harus lanjutin puteran selanjutnya. Tanpa harus diulang dari awal.

    Ditempat tawaf ini, manusia ga ada sepinya men. Muteerr teruuss. Tiap detik, tiap waktu, tiap saat, ka'bah suci ini selalu ruame. Gue yang umroh aja udah umpel-umpelan gini, apalagi yang haji, bakal lebih umpel-umpelan dari biasanya men.

    Saran gue, mumpung lo masih muda, sisihkan sedikit dari harta lo. Tabung dah tuh duit, buat niat pergi umroh. Jangan tunggu sampe tua, kasian fisik lo. Kalo kita punya keinginan yang kuat, insyaAllah, Allah panggil kita, buat kunjungi baitullah koq. Mengingat daftar haji itu terbatas n waktunya lama, minimal umroh dulu deh. InsyaAllah yakin bisa koq. Terus ikhtiar n tawakkal sama Allah.

    Bersambung sampe sini dulu ya. Masih banyak banget, cerita di mekah yang belom gue curcolin. Hingga akhirnya gue mengalami keajaiban yang ajib banget, penasaran? tongkrongin terus curcolan gue yee. Ampe ketemu kapan-kapan. Tetep stay tune dimari!! yuk yak yuukk...

    01.39
    To be continue

0 komentar:

Search