• Cerita Umroh #1 (Madinah)

    Alhamdulillahirobbil'alamin atas berkat rahmat Allah yang maha kuasa, gue bisa berangkat ke tanah suci juga. Gue berangkat tepat pada tanggal 30 desember 2013 bersama ibu gue tercinta dan para rombongan yang lain. Ada sekitar 88 orang yang tergabung dalam jamaah "ridho Allah". Ridho Allah adalah jasa travel haji dan umroh yang ibu gue gunakan jasanya. Pada saat itu, satu orang buat umroh, biayanya sekitar 25 jutaan. Itu udah bersih. Kita dapet koper (big size), mukena, tas, syal, seragam, tiket pesawat pulang pergi, nginep di 3 hotel, makan 3 kali sehari selama 11 hari penuh, tourcity keliling kota madinah, mekah, jeddah, dan dapet air zam-zam sebanyak 10 liter/org.

    Seperti biasa men, gue akan curhat kisah perjalanan gue selama disana. Bagi yang ga suka baca cerita ga usah dipaksa yak. Mudah-mudahan, curhatan gue ini bisa jadi informasi yang bermanfaat buat para jamaah yang ingin umroh selanjutnya ya. Ini juga perjalanan umroh pertama gue koq, jadi ceritanya apa adanya aja lah, apa yang gue lihat, apa yang gue rasakan, akan gue tumpah ruahkan disini. Lets cekidot!

    Dulu banget, BEM dari kampus gue juga sempet punya agenda umroh bareng. Nama kegiatannya "UMROH, FOR THE BEST LEADER". Agenda latihan yang udah pernah gue ikutin, pas LKMM (Latihan Kepemimpinan Manajemen Menengah) dulu, gue bersama tim, menempuh gunung berapi kaliurang yogyakarta dengan jalan kaki men!! Medannya ga nanggung-nangung. Batu berpasir, berdebu, penuh menghiasi jalan. Jari gue aja sampe kapalan. Kita dilepas dari jam 09.00 pagi, sampe lokasi jam 12.00 siang. Gila ga tuh. naiiiikk terusss jalannya. Capek sumpah gue. 

    Kenapa kita latihan gitu? karena dimekah sana, kita akan lebih banyak berjalan ketimbang naik kendaraan men. Mau tawaf, harus jalan. Sa'i juga harus jalan. Dari hotel ke masjid, juga harus jalan men. Kalo kita ga banyak-banyak latihan, bisa-bisa telapak ini tak sanggup menahannya. Malu, kan kalo lo masih muda, harus di dorong pake kursi roda. Nenek-nenek yang dah sepuh aja banyak yang masih kuat jalan. Ternyata, latihan dulu gue, ga sia-sia. Terbukti ketika gue menginjakkan tanah haram, -makkah al mukaromah-! Biarpun akhirnya gue ga bareng tim LKMA kampus gue, gue yakin koq, suatu saat mereka semua yang dulu tergabung dalam tim LKMA STEI HAMFARA, akan secepatnya pergi mengunjungi baitullah, pergi umroh juga. Doa gue disana, selalu menyertai mereka insyaAllah. Lanjut ya.

    Hari pertama, tentunya gue naik pesawat untuk sampai kesana. Pesawat yang gue tumpangi bermerk -saudi arabian- asli pesawat dari sana kayaknya. Lamanya perjalanan yang ditempuh, kurang lebih 9 jam. Perbedaan waktu indonesia-arab sekitar 4 jam. Duluan indonesia dari pada arab. Itung mundur aja kalo liat jam indonesia. Misal di indonesia jam 2 pagi, di arab masih jam 22.00. Soal pesawat sih, ga ada cerita yang waw banget. Bagi yang baru pertama kali naik pesawat, pasti akan ngerasa dredeg banget waktu pesawat akan take off. Coz, guncangannya bikin ngagetin men! Begitu juga, kalo pesawat mau mendarat, nunggingnya kerasa banget. Didalem pesawat hanya bisa baca doa sebanyak-banyak dah. Dan yang membedakan pesawat untuk tujuan haji/umroh dengan pesawat dengan tujuan perjalanan yang lain adalah, ada baca doa safar dulu sebelum berangkat. Doa-doa tersebut dipimpin sama awak kapal gitu deh. Biar kita selamat sampai tujuan. Sayangnya, para pramugarinya, nutup auratnya kaga sempurna men, masa masih pada kelihatan rambutnya. Entahlah, itu yang dikepala kayaknya cuma buat hiasan doang deh, buat nunjukkin kalo mereka pramugari khusus haji dan umroh. Begitulah kalo aturan Islam tidak diterapkan secara menyeluruh dalam kehidupan. Semua wanita muslimah yang harusnya berhijab secara syar'ie, rela membuka auratnya demi tuntutan pekerjaan. Naudzubillah.
    ini dia pesawatnya

    Karena ada perubahan jadwal yang mendadak, kota yang pertama kita kunjungi adalah MADINAH! kota tempat hijrahnya rasulullah dari mekah. Kota yang pertama kali menerapkan hukum Allah untuk segala permasalahan manusia. Kota pertama yang diterapkan aturan Islam dalam kehidupan dengan kepemimpinan Nabi Muhammad sebagai kepala negara. Kota pertama yang lahirnya mujahid-mujahid Islam terbaik untuk menyebarkan Islam keseluruh penjuru dunia. Dialah -MADINATUL MUNAWAROH-. 

    Seperti yang lo tau, bahwa kawasan saudi arabia ini hanya berisi gunung batu dan padang pasir. Pas pesawat mau mendarat, gue lihat sekeliling kota yang menghampar hanya lautan pasir yang berwarna coklat. Coklat, coklat, dan coklat. Ga ada ijo-ijonya sama sekali men! Gue bayangin, gimana dulu pas jamannya Rasul hijrah dari mekah ke madinah yang cuma naik onta. Udah mah panas, debu, nyorot banget mataharinya, cari tempat neduh juga susah, pokoknya Rasul kita Muhammad SAW. ini emang paling hebat deh. Tanpa beliau, Islam tak akan sampai pada kita. 

    Abis turun dari pesawat, kita naik bis bandara dulu sebentar, terus masuk bandara -KING ABDUL AZIZ- buat selesain imigrasi. Cari koper dulu yang udah numpuk-numpuk disana, kalo udah nemu kasihin lagi kepihak travel, biar mereka yang anter koper kita sampe loby hotel. Nah terus nih ya, paspor punya kita ditahan dulu tuh, sama pihak imigrasi sana, tapi kita ga usah panik. Lagi-lagi pihak travel-lah yang ngurusin. Mungkin, gitu kali ya fungsinya pake jasa travel, biar imigrasinya ga riweuh. Kalo gue harus ngurus sendiri, gue belom tau tuh suruh ngapain aja. Besok-besok, cobain ah. hehe. Selama kita berada disana, paspor kita dipegang sama pihak travel. 

    Coz, katanya dulu pernah ada tuh jamaah yang kabur jadi TKI ilegal. Awalnya dia ikut daftar umroh biasa, eh giliran pas mau pulang ke Indonesia lagi, dia malah kabur entah kemana. Kan kasian pihak travelnya, ngurusnya repot lagi. Makanya deh, mendingan paspornya dipegang aja sama pihak travelnya. Kalo dari rombongan gue sih gitu aturannya. Ga tau deh sama yang lain. Namanya juga orang banyak, buat kewaspadaan aja seenggaknya. 

    Sampe deh ke hotel tempat gue nginep. Nama hotelnya "LUXUROUS ALRAWDAH SUITES". Deket banget sama masjid nabawi. Jalan kaki sekitar 10 menit, nyebrang sekali, luruuuss terus udah langsung sampe deh. Ini hotel biasa sih, ga yang berbintang-bintang. Yang penting sih, masih bisa dipake buat rehat, buat mandi, en buat makan. Gue ditempatkan dilantai 13, kamar nomor 1311. Jamaah umroh dari Indonesia yang nginep di hotel ini banyak banget men. Kalo abis pulang sholat, pasti didepan lift hotel selalu sesek penuh antrian. Jadi, musti emang super sabar banget men disana. Ga boleh marah-marah. Ga boleh seenaknnya sendiri. Sabar, sabar, en sabar. 

    Gue sekamar sama 4 orang. Cewe semualah pastinya. Fasilitas dikamar cuma ada lemari, kasur, tv, selimut, ama meja rias yang ada kaca gede. Itu dah lumayan banget lah buat nginep. Kalo nanya tarif, sorry banget men, gue ga sempet nanya-nanya soal itu. Coba aja lo cari di mbah gugel kalo mau. 

    Hotel dimadinah biasanya, depannya suka disewain buat para pedagang yang mau buka ruko. Tiap hotel, pasti kiri kanannya selalu ada toko yang jualan. Dari jualan baju sampe jualan makanan ada disana. Kalo menurut gue sih, barang-barang yang masih kita kira ada di tanah abang, kaga usah beli disana. Toh disana harganya lebih mahal dari pada di tanah abang. Kaya misalnya, peci, sajadah, kerudung2, baju-baju, itu sebagian besar banyak dijual ditanah abang men. 

    Tadinya gue naksir berat sama abaya sana men. Bahannya ya tuh, jatoohh banget, terus manik-maniknya tuh lucu,  keliatan elegan gitu, tapi gilaa aja men, harganya bikin nyesek. Sekalinya naksir, kena harga 150 riyal, ato sekitar 500 ribu ke atas. Buseh dah, kaga jadi beli gue. Setelah dipikir-pikir, banyak juga koq, yang jual bahan jatoh kaya abaya yang gue taksir, di Indonesia, entah dibandung ato di tanah abang, gue yakin bahan kaya gitu pokoknya ada lah. Mending gue jait sendiri aja, iya ga? haha. Saran buat jamaah yang mau memasuki pusat perbelanjaan, sebelum masuk, baca "laailahaillallah wahdahulasyarikalaa lahulmulku wa lahulhamdu yuhyi wa yumitu wa huwa'ala kulli syaiin kodir". InsyaAllah dah, belanja kita hanya sesuai kebutuhan. 

    Sekarang tentang masjid. Masjid Nabawi emang subhanallah banget deh. Megah banget setelah diperluas, direnovasi. Tiap sholat selalu ramai sekali, kaga pernah sepi. Areanya luaaaasssss banget. Pernah tuh ya, abis sholat ashar, iseng gue kelilingi area dalem masjid yang khusus akhwat. Masya Allah, kaga nemu ujungnya gue. Gue penasaran aja waktu itu, dimana sih, batas antara jamaah yang laki-laki ama jamaah yang perempuan. Ternyata gue ga nemu. Ya iyalah, secara pintu masuknya aja terpisah secara jauh gitu. Pintu masjidnya juga banyak banget men. Gue ga sempet ngitung sih waktu itu. Pokoknya luas banget dah. Pemakaman baqi' aja juga ada di area sekitar masjid. Sedikit gue gambarin tentang lokasi masjid nabawi nih ya. Lapisan paling luar adalah pager-peger hijau yang berdiri kokoh membedakan jalan raya dengan jalan masjid. Area kedua adalah pelataran masjid yang lantainya warna putih dan ada yang warna kelabu. Selama kita jalan dipelataran itu, kita masih boleh pake sandal. 
    masih diluar masjid
    Gue pernah tuh sekali, mau ke toilet, tapi lupa bawa sendal, beuh, itu lantai yang warna putih, kalo malem dinginnya nusuk kaki men! Terus kalo tempat sholat khusus perempuan, ada pegernya lagi tuh. Ada tulisannya juga, "woman only". Ada pos penjaganya juga, tapi yang jaga laki-laki. Jadi, kalo ada bapak-bapak yang salah masuk plataran bisa kena prit tuh sama pak petugas. Dan, plataran khusus wanita itu, masih luasss banget untuk menuju masuk pintu utama masjid nabawi. Bisa dibayangin kan, gimana luasnya itu masjid. Ngepelnya aja pake mobil men. Kalo di masjid nabawi ruangan akhwat sungguh privasi banget. Kalo tempat wudunya nih ya, sampe ada eskalatornya men, saking luasnya. Kalo penuh diatas, ya wudhu aja kebawah. Bersih banget lagi toiletnya. 

    Pas januari 2014 kemarin sih pas musim dingin dimadinah, jadi wudhunya itu pake air anget men. Keren kan? Dinginnya sih, mirip2 kaya dipuncak gitu lah. Apalagi pas dateng subuh, masya Allah itu udaranya, brrr banget. Untungnya gue udah prepare bawa sarung tangan, jaket, en masker. Banyak jamaah indonesia yang bibirnya pecah-pecah men. Karena perubahan cuaca yang ektrem gitu deh. Soalnya disana itu, dinginnya kering. Kalo indonesia kan tropis ya, jadi dinginnya ga bikin bibir pecah. Maka sedialah lipgost pelembab bibir n lotion yang mengandung banyak minyak. Setiap gue mau keluar, dua benda itu selalu gue pake tuh. Buat jaga kondisi badan kita aja, biar tetep stabil.   
    area woman only
    Terus nih ya, kalo di masjid nabawi, wanita-wanita yang kostumnya item-item buaaaanyaaakk banget. Ada yang pake cadar, ada juga yang ga pake. Ada yang rada bule, ada juga yang arab banget. Tapi, rata-rata baju luar mereka itu berbentuk jubah semua loh. Baru deh tuh, baju dalamnya warna-warni. Berarti kebukti kan, kalo jilbab itu adalah pakaian luar berbentuk jubah/gamis longgar yang tidak terputus, menjuntai hingga bawah. Dan khimar adalah kerudung yang menutupi hingga dada. 
    cewe2 arab

    Selama disana, gue ga pernah tuh liat cewe-cewe abg, keluar cuma pake jins ama kaos, terus pergi ke masjid. Pasti mereka pake jubah dulu. Jubahnya rata-rata warna item. Bentuknya juga beda-beda. Ada yang dari kepala sampe kaki, langsung bentuk jubah gitu, longgar banget deh pokoknya. Ada juga yang udah berbentuk kaya gamis, terus dia pake pashmina, baru ditambah cadar. Cadarnya juga macem-macem, ada yang langsung iket, ada juga yang abis di iket harus dikebelakangin. Cuma cadar gue doang yang beda ndiri, yaitu masker pink, haha. 

    Beberapa kali gue perhatiin juga tuh fashionnya orang-orang sana. Suka aja liatnya. Kalo cadarnya dibuka, pada cantik-cantik ternyata. Rata-rata banyak yang bawa anak pula. Kalo lewat disampingnya, rasanya pingin gue cium, tapi malu gue sama emaknya, haha. Pokoknya lucu-lucu dah. Sumpah, ga boong. Semoga, lain waktu gue bisa umroh lagi, bersama anak dan suami gue yang belom tau siapa. Aaamiinn. Kalo orang sana mah, pada umroh sendiri-sendiri sih. Jarang yang pake jasa travel kaya di Indonesia gini, jadi, kalo mereka makan juga ramean tuh. Abis sholat magrib pada gelar makanan. Roti yang lebar2 itu sama kuah kaya kari gitu, terus dicelup2in gitu deh. Pada makan diplataran masjid, udah kaya piknik dimonas. Subhanallah liatnya. Bocah-bocah ada yang keset2in badannya dilantai masjid, ada yang main dorong2an, ada yang lagi diomelin sama emaknya, bayi2 pada nangis, buanyak banget hal yang ga biasa gue liat di Indonesia. Tiap hari, ada aja manusia yang gue perhatiin. Indahnya perbedaan. 
    bubar sholat ashar
    Allah menciptakan kita berbangsa-bangsa, berhasa-bahasa, dengan segala warna kulit yang berbeda, ukuran tubuh yang berbeda, bahasa yang berbeda, tetapi Allah tetap ciptakan Al-Qur'an yang sama untuk jadi panutan hidup kita. Allah ciptakan umat yang satu, umat Rasulullah tercinta, agama yang satu, yaitu ISLAM. Maka seharusnyalah kita selalu tunduk pada aturan sang khalik, mencontoh tauladan kita nabi Muhammad SAW, yang membela ISLAM hingga akhir hayatnya. 

    Berbeda sekali, kalo gue lihat fenomena umroh jaman sekarang di Indonesia. Masih banyak orang, setelah pulang umroh tidak menutup aurat secara kaffah, masih pacaran, masih maksiat, masih suka ngomongin orang, masih tetep sama kadar keimanannya. Islam cuma dibawa ditanah suci saja, setelah pulang dari sana, kembali seperti awal lagi. Terus  apa hakikatnya umroh? mana hasil ibadah yang kita raih? toh kalo dalam kehidupannya masih tidak taat sama hukum Allah. Misalnya artis, abis pulang umroh tetep aja goyang lagi, buka-bukaan lagi. Naudzubillah. 

    Jangan salah artikan makna umroh. Umroh itu IBADAH bukan cuma jalan-jalan, belanja sana-sini. Umroh juga punya rukunnya. Kalo gue sama ibu gue sih, lebih perbanyak i'tikaf dimasjid aja. Sholat-sholat sunnah keq, baca al-qur'an keq, banyak zikir keq, pokoknya manfaatkan semaksimal mungkin waktu kita buat lebih mendekatkan diri sama Allah. Minta ampun sama Allah kalo kita banyak dosa. Tobatan nasuha, dan jangan ulangi perbuatan yang salah lagi. Banyk-banyak istigfar kalo kita suka ceplas ceplos bicaranya. Jangan malu untuk meneteskan air mata sebanyak-banyaknya. Allah merindukan tangisan kita. Allah rindu kita agung-agungkan. Allah tempat berkeluh kesah kita, tempat bersyukur kita atas segala nikmat, Allah segala-galanya bagi kita. 

    Suatu waktu gue lagi sholat sunah tasbih, rasanya khusu' banget waktu gue sholat. Tiap bacaan yang keluar dari mulut, gue resapi baik-baik, dan saat itu gue serasa masuk dalam siroh nabawi, waktu menceritakan bahwa sahabat nabi yang bernama Abu Bakar Ash Siddiq, bercucuran air mata sesenggukan setiap kali beliau menjadi imam sholat. Karena beliau, tau arti dari surat yang dibacakan. Bahwa siksa Allah sangat pedih. Sangat mengerikan. Hanya manusia yang beriman dan yang beramal sholeh lah yang bisa merasakan nikmatnya surga. Masya Allah. Baru kali itu, gue nangis senangis nagisnya. Astagfirullah, terlalu banyak dosa yang hamba lupakan ya Allah. Maafkan aku ya Allah. Jangan bosan2 untuk terus mengucap istigfar, mohon ampun sama Allah. Sesungguhnya memang benar, Rasulullah dan para sahabatnya, memang manusia pilihan yang tak tertarik dengan gemerlapnya dunia. Subhanallah. Semoga rahmat Allah selalu tercurah untuk mereka. Aamiinn.

    Hari keberapa gitu, kita diajak keliling kota madinah. Kita ke masjid quba. Masjid yang pertama kali dibangun sama Rasul. Terus kita ke jabal uhud. Yang dulu tempat perang uhud, pasukan Rasulullah melawan orang kafir quraisy. 
    gunung uhud
    Nah selanjutnya kita dibawa kepusat perbelanjaan nih. Namanya sih kebon korma. Kan disangka gue kaya kebon2 buah yang di Indonesia gitu ya, kita keliling kebon yang banyak pohon kormanya, terus kita petik langsung. Itu bayangan gue. Eh ternyata, sekarang bentuknya kaya bangunan gede gitu, yang dalemnya banyak dijual berbagai jenis korma. Banyak banget men yang jualan. Arab-arab disana pada bisa bahasa indonesia lagi. Yah yang sering diucap sih, murah. murah, mampir, mapir, liat-liat, gitu deh. Mereka juga terima uang rupiah men. Haha. Pas masuk, kaget gue, rame bener yang jualan. Nawar pake bahasa indonesia asik aja lagi. Dah kaya pasar di indonesia. 

    Tapi men, hati2 loh, dikebon korma itu gue kasih tau, masalah harga mahal-mahal men! Alhamdulillahnya sebelumnya gue udah ngebandingin harga gitu, sama toko diemperan deket masjid nabawi. Alhasil, gue kesana cuma icip-icip korma aja dah. Kaga beli ape-ape, haha. Coz udah tau sih, kalo disana itu, harganya beda jauh banget sama dipasar korma deket masjid nabawi. Kalo jamaah lain mah, pada ngeborong banyak tuh, dia ada bujetnya sih, lah gue bawa duit aja ngepas. Emang ga niat buat belanja sih. Jadi ga ngeborong banyak-banyak juga. Tapi, besoknya kita di ajak kepasar korma tuh. 

    Kalo dijogja mah, kaya beringharjo gitu deh. Isinya juga macem-macem korma. Lebih banyak malah. Jalannya lumayan jauh dari hotel gue. Ada kali kalo jalan sekitar 20 menit gitu lah. Tapi disini murah-murah men. Akhirnya emak gue belanja secukupnya lah buat oleh2 orang rumah. Ga banyak sih yang dibeli, cuma korma ajwa (korma nabi), korma coklat kardusan (pokoknya enak), coklat batu, kismis, ama korma bungkusan yang isinya kacang. Udah sih, itu doang. Kalo menurut gue sih, oleh-oleh yang khas dari arab, ya korma itu. Kalo baju-baju or benda-benda yang lain mayoritas banyak dijual dipasar Indonesia. 
    dimana-mana orang indo hobi belanja (pasar korma)
    Nah untuk urusan kartu hp yang dipake disana, gue ganti pake kartu mobily. Coz, pas dibandara madinah, ada abang-abang arab masuk bis gue yang pinter bahasa indonesia, dia nawarin kartu mobily gitu deh. Dia juga terima uang rupiah ternyata. Harga kartunya 150 ribu rupiah, isinya kalo ga salah 30 riyal gitu deh. Kata dia sih, kalo kita telpon dari arab ke indonesia, permenit kena 5 riyal. waktu itu harga 1 riyal = 3300 rupiah. Kalo sms kena 0,25 riyal. Terus kata dia juga bisa buat internet. 

    Eh pas gue kutak katik, ternyata, tuh kartu cuma bisa buat telpon ama sms doang. Ah siaul tuh abang-abang. Yaudah deh, langsung buat telpon aja orang rumah. Belom seminggu dipake, eh udah abis buat telpon, yaudah deh cengo aja ga bisa ngapa2in. Beberapa hari berselang, emak gue minta kiripin pulsa m3 ke kk gue yang di indo. Dikirim tuh 25 ribu masuk. Setelah gue cek pulsa, ternyata sekali kirim sms kena 8 ribu men!! tekor aja gue. Belom pantang nyerah tuh buat komunikasi ama orang rumah, gue minta kirimin pulsa simpati yang 25 ribu. Niat gue sih buat aktifin internet doang. Salah gue juga sih, ga cari info dulu tentang ini kartu. Eh pas daftar paket internet sehari, sempet masuk tuh seluruh pesan whatsapp gue. Gue udah kesenengan bukan main. Ternyata, pas mau bales whatsapp temen gue, kaga bisa men!! setelah cek pulsa, tau tau pulsa gue 0 perak!! bujuh buneng nih roaming, mahal amat yak. Baru ngisi, langsung ludes. 

    Tinggal satu nih harapan gue, ngutak ngatik paket data roaming axis gue. Tadinya gue mau beli perdana baru lagi, namanya STC. Maybe pikir gue bisa buat internetan, eh pas nanya-nanya ama abangnya, die kaga mudeng bahasa gue. Jadi males gue, kaga bisa diajak tanya-tanya sih. Gue coba-coba lagi ah, paketin axis gue. Gue minta pulsa ibu2 yang satu kamar sama gue tuh, buat kirimin pulsa ke axis gue yang 30 ribu. Karena di menu axisnya tertulisnya paket data roaming unlimited sehari kena 20.900, yaudah deh pas pulsa masuk, langsung gue daftarin. Dan alhasil, Allah menjawab usaha gue. Yeah, gue bisa ngenet seharian full. 

    Whatsapp yang masuk juga udah banyak banget tuh. BBM-nya juga pada bunyi-bunyi terus. Udah deh gue ngenet aja deh sama orang rumah, kasih kabar terkini en foto-foto kita disana. Gue juga nyapa temen-temen gue, kasih kabar juga ke mereka. Pokoknya hari itu, hari khusus internet gue dah. Besoknya, say goodbye internet. Nganggur lagi hapenya, cuma buat poto-poto aje deh. 

    Jadi saran gue, kalo lo mau umroh, terus lo pake smartphone, mending lo pake axis aja. Karena di saudi arabia sana, pusatnya jaringannya. Kalo disini namanya axis, kalo disana namanya STC. Nanti kalo kita dah mendarat disana, dia akan otomatis pindah jaringan sendiri. Di hape gue solnya gitu men. Jangan lupa siapin pulsa dulu sebelum berangkat. Biar pas sampe sana, langsung lo daftarin paket internet unlimitednya. Caranya ketik *123# pilih internasional pilih paket internet roaming pilih paket internet roaming haji pilih daftar, ada yang 20.900/1 hari, ada yang 99.900/9 hari. Kalo gue sih lebih enak gitu sih, secara hp gue android kan, kalo mau video call pake skype, mau kirim gambar, suara tinggal whatsapp aja. Gampang deh. Tapi ya, terserah juga sih mau pilih yang mana. Gue cuma kasih usul aja. Monggo dipilih.

    Ini cerita terakhir deh. Dan ini adalah tempat yang paling spesial bagi gue. Berkunjung ke makam Rasulullah, Abu Bakar Ash siddiq, dan Umar bin Khattab. Nama tempatnya Roudoh. Ini insyaAllah tempat yang mustajab untuk doa. Jadi, kalo pas lo ke masjid nabawi liat kubah kecil warna ijo, nah disitulah tepat Rasulullah dikuburkan. Roudoh tempat laki-laki dibuka bebas 24 jam dan bisa melongo gitu ke makam Rasulnya. 
    roudhoh

    Kalo perempuan, dibukanya terbatas men. Kalo ga sah sih, dari jam 7 pagi - 11 siang. Kalo malem, dari jam 21 - 1 dini hari. Tapi, coba cek lagi deh, takut salah. Disinilah gue merasakan desakan yang begitu hebatnya mengguncang tubuh gue. Di roudoh ini juga, bangunan asli masjid nabawi yang asli berdiri. Jadi, beda tuh, bangunan yang udah direnov sama bangunan aslinya pas dibangun Rasul dulu. Udah bagus sih arsiteknya, yang bedain cuma luas masjidnya, sama ornamen2 lampunya gitu deh. 

    Tempatnya sempit banget men, makanya tuh, kalo semua orang dateng kesitu, umpel-umpelan dah jadinya. Ngapain kita disana? disana kita sholat men. Terserah mau sholat sunnah apa aja. Kalo gue sih sholat tobat sambil banjir air mata gitu. Lagi-lagi gue ga bisa nahan mata gue. Pas mau masuk, itu sedesek desekan pertama kali yang gue rasaain. MasyaAllah, ternyata umatnya nabi Muhammad buaaanyyaakk banget yang mau sholat di bangunan asli masjid nabawi. Dari seluruh penjuru dunia tumplek blek disitu. Gue pas sholat, mau kedorong-dorong keq, kelangkah-langkah keq, bodo amat lah. Yang penting gue bisa sholat mohon ampun sama Allah, dan meminta segala hal yang gue inginkan sama Allah, semoga cepat mustajab dan di ijabah sama Allah. Gue bisa liat mimbar nabi. Bisa liat tempat sholat nabi yang biasa jadi imam. Rumah istri-istri nabi, tapi ditutup sih. Pokoknya serasa hidup dijaman Rasul. Rasain aja, gimana rasanya sholat berjamaah bareng rasul dimasjid nabawi. Subhanallah. 
    di dalem roudhoh


    Sungguh berat perjuanganmu ya Rasulullah, untuk memuliakan agama ini. Janjimu tak akan dusta bahwa ke-KHILAFAH-an yang sesuai manhaj kenabian, pasti akan tegak kembali. Dan seluruh dunia akan ditaklukan oleh Islam, semua peraturan dunia menerapkan hukum alqur'an dan as-sunnah, bendera al liwa dan ar roya yang bertuliskan laaillaahaillallah muhammadarasulullah akan segera berkibar kembali dimuka bumi ini ya Allah. Maka percepatlah DAULAH KHILAFAH ISLAMIYAH segera bangkit kembali ya Allah. Kami rindu hidup dalam naungan Islam ya Allah, seperti apa yang dilakukan oleh Rasulullah dahulu. Kami rindu... kami rindu... kami rindu...
    makam Rasul

    01.48
    to be continue

0 komentar:

Search