• Cara Memasak Spaghetti yang Simple

    Akhirnya gue nemuin resep baru bikinan gue ndri. Jadi ceritanya, kemaren nasi dirumah gue abis, dan kalo masak nasi musti nunggu lama dulu. Karna dirumah gue itu, masak nasinya ga pake rice cooker. Kaya masih alami2 gitu. Kata ibu gue sih, masak nasi dengan cara dinanak itu lebih sehat gan. Karna gandungan glukosa dalam nasi lebih rendah dibanding kalo dimasak pake rice cooker. Makanya deh, emak gue sengaja ga beli rice cooker. Alhasil gue males banget kalo suruh masak nasi, abis lama nunggunya.
    Dari pada gue mati kelaperan, gue cek seluruh persediaan makanan yang ada. Mulai dari kulkas gue, lemari dapur gue, sampe kelengkapan bumbu dapur gue. Setelah semua gue cek, gue memutuskan untuk masak spaghetti, weeee gaiya bener gue, haha. Coz mie yang ada cuma itu. Mau begimane lagi kan. Gue carilah tutorial cara bikin bumbu sendiri buat si spaghetti lewat mbah gugel. Ternyata bahan-bahannya ribet ah. Masa gue harus beli kornet dulu, harus beli tomat dulu, dan segala macem bahan buat tambahan spagetti ini. Kan gue jadi males belanjanya. Terpaksa gue abaikan dah tuh tutorial di internet.

    Gue memutar otak gue, gimana caranya biar ini spaghetti bisa gue makan dengan enak. Dan, taraaa, gue pake bumbu dasar ajalah. Bahan yang gue pake cuma ini :

    1. Bawang merah
    2. Bawang putih
    3. Bawang bombay
    4. Udang kecil-kecil
    5. Minyak goreng
    6. Masako
    7. Sambel terasi ABC yang siap pake
    8. Garem
    9. Spaghetti la vonte

    Karena cuma itu doang bahan-bahan yang tersedia dirumah gue, haha. Jadi ga musti keluar, buat beli bahan-bahan yang lain. Bodo amat lah, gue ga bikin saus spaghetti yang kaya tutorial di internet, yang penting rasanya enak. Cara masaknya juga gampang gan.
    Pertama: siapin panci, isi air mentah kira2 dua gelas lah, terus rebus pake api kecil aje. Kalo udah mendidih, kasih minyak goreng dan masukin spaghetti secukupnya (buat 1 org doang), terus kasih garem n masako (penyedap lain). Tunggu selama 10 menit, karena masak mie spaghetti kaga kaya masak mie instan, dia rada lama matengnya. Kalo udh 10 menit, cobain dulu, udah empuk belom, kalo udah angkat deh. Tiriskan, sampe bener2 kering.
    Kedua: cincang semua bawang2an yang tadi. Terus panasin minyak secukupnya, apinya kecil aja. Kalo udah panas, masukin bawang, oseng2 ampe harum, kalo udah harum masukin udangnya. Oseng2 lagi, ampe berubah warna. Terus masukin sambelnya setengah sendok aja,  biar rada berwarna dan biar pedes dikit. Abis itu terakhir masukin spaghetti yang udah ditiriskan tadi deh. Aduk2 sampe semua bumbu tercampur, jangan lupa kasih garem n masako secukupnya. Aduk lagi ampe bumbu merata. Kalo udah capek ngaduk, matiin kompor. Taroh dipiring deh.
    Kalo yang jiwa kuliner, pasti ntar rasanya enak deh. Gue udah cobain ndri gan. Lumayan lah buat ganjel perut. Tapi, namanya juga orang indonesia yak, kalo belom makan nasi, belom makan namanya, haha. Masak itu gampang gan, asal ada bawang merah n bawang putih tambah garem, air bening juga bisa berasa. Dan menurut gue, masakan paling the best itu, ya tetep masakan indonesia men. Bumbunya itu cita rasa banget. Segala rempah2 ada disini. Joss banget lah pokoknya.

    15.26

    Selamat bereksperimen :)


0 komentar:

Search