• Pelanggaran Etika Pada PT. Hadena Indonesia

    Sekilas baca brosur yang saya dapet dilampu merah sekitar dua minggu yang lalu, bikin saya ngiler banget. Secaraaaa, posisi pada saat itu, isi dompet tinggal koin semua. Buat makan musti pinjem temen dulu. Menyedihkan! T.T ngebaca itu brosur, harapan saya buat nambah uang saku sepertinya menjanjikan. Disimpanlah brosur itu sama temen saya. Sampeee lamaaa banget.

    Saya sama sekali ga punya pikiran yang negatif sama isi brosur PT. Hadena Indonesia itu. Dan tidak menganalisis secara teliti, penulisan kata-kata iklan yang menggiurkan didalamnya. Biasalah, anak polos, haha. Gimana ga tergiur, kerjaannya cuma mengelem kantong teh doang. Bisa dibawa pulang lagi. Komisi yang didapat 70 ribu/ 1 kotak teh. Isi satu kotaknya 200 lembar, kata dalam brosur. Kan lumayan tuh buat jajan. Tapi, sedikit terbesit dari pikiran saya, koq udah dalam bentuk PT masih cari orang buat bantu ngelem sih, apa kekurangan SDM kali ya. Tetep berfikir positif.

    Udah lama saya hiraukan itu brosur, tiba-tiba teringat lagi ketika lagi ngomongin pendanaan untuk Umroh yang diselenggarakan ama kampus saya. Niat saya mah baik, dana hasil pengeleman kantong teh akan dimasukkan kedalam biaya umroh. Tapi ternyata Allah punya rencana lain. Allah memang maha tahu. Setelah saya serahkan brosur itu ketemen saya yang pegang danus, dia langsung sms ke contact person yang tertera didalam brosur. Kira-kira sms yang dia kirim kaya gini :
    "aslm, mw tnya, ini dgn PT. Hadena Indonesia? Utk twran pkrjaan mnglem kmsan teh, bgmn tknisny apabla sy ingin mnrima twrn tsb?".

    Bls : "slhkn dtg lgsng ke PT. HDN jl.palagan no 91 A (utra monjali dpn apotek jongkang) dftr ke ibu Apriyani NKA.900137642. Nb: skalian bw brosurnya".

    "mksiml pngmblan boxnya brapa?n trget wkt pnylesaian perkotakny brapa lma?"

    Bls : "itu tdk da trgetny. Kalau ingin jelas silhkn dtg lgsng ke PT. HDN, nnti dsna diksh pnjlasan".

    Trus temen saya yang sms tadi, mulai timbul curiga. Disearching lah PT. Hadena Indonesia lewat gugel. Ternyata banyak opini negatif yang beredar. Salah satu judul teratas adalah "PT. HADENA INDONESIA, PENIPU!!! Sampe ada pengaduan penipuan ke kantor polisi terhadap apa yang telah dilakukan PT HDN terhadap korbannya. Saya ga tau deh, sampe sekarang usaha-usaha yang bermotif kaya gitu, ditindak sama polisi atau enggak. Kalo udah ditindak sih seharusnya, brosurnya udah ga beredar dong. Model begini nih, yang ngebuat saya eneg sama sistem hukum di Indonesia, keadilan tidak benar-benar ditegakkan.

    Menurut cerita orang-orang yang pernah kena korbannya, setelah kita dateng ke alamat yang tertera dalam brosur, kita suruh isi formulir dengan membayar biaya formulir sebesar 5rb. Kalo kita nanya-nanya sebelum masuk ruang wawancara, mbak-mbak penjaga formulir pasti ga pernah mau jawab jujur. Bilangnya, nanti pertanyaan mas/mbak/ibu/bapak akan di jawab didalam. Setelah masuk didalam, kita baru dijelaskan kalo mau dapet jatah ngelem, kita harus jadi anggota dulu, dengan bayar 250rb. Abis itu, kalo kita udah bayar, kita wajib cari orang lagi buat masuk jadi anggota juga. Semacam model MLM gitu deh.

    Otomatis, orang-orang yang udah terlanjur sakit hati, ga terima digituin. Duit mereka terlanjur angus. Akhirnya inilah yang sering disebut motif penipuan gaya MLM. Entah berapa juta jenis bisnis, yang motif penipuannya kaya gini. Pasti jumlahnya banyak sekali di negeri ini.

    Sebagai anak ekonomi Islam, yang menuntut ilmu di STEI Hamfara Yogyakarta, musti share berita kaya gini nih. Biar anak-anak polos kaya saya, ga gampang terjebak oleh bahasa iklan yang tidak jelas informasinya. Biar endingnya ga kecewa. En yang lebih penting,  sebenarnya status hukum bisnis MLM dalam Islam. Inget, Islam bukan cuma ngatur masalah sholat, zakat, puasa, n haji, tapi Islam punya seluruh aturan disetiap aspek kehidupan. Salah satunya dalam hal berbisnis.

    Bisnis dalam Islam juga mempunyai etika tersendiri. Ga asal-asalan dijadikan bisnis. Ga semua barang boleh diperjual belikan secara umum. Ada barang yang halal dijual, dan ada barang haram yang ga boleh beredar dipasaran. Dalam Islam juga ga boleh tuh yang namanya menyembunyikan informasi iklan. Kejujuran dalam Islam adalah modal awal mencapai keridhaan Allah. Jadi, orientasi kita berbisnis bukan semata mengejar duniawi. Tapi jauh melangkah kedepan, yaitu sukses akhirat juga.

    Menurut saya kasus yang dilakukan oleh PT HDN ini, adalah pelanggaran etika dalam berbisnis. Karena dampaknya telah merugikan banyak masyarakat. Masa mau cari kerja, malah suruh bayar, kan ga etis. Namun, biarpun sudah memakan banyak korban, PT ini sama sekali tidak dihiraukan oleh aparat penegak hukum. Mungkin dalam kasus seperti ini, tidak ada UU khusus yang mengaturnya, sehingga tidak bisa dikenakan hukuman/dituntut. Ya begitulah, jika yang dipake hukum kapitalisme, siapa yang punya modal besar dia yang menang. Tanpa melihat mana yang haq dan mana yang bathil. Boro-boro untuk menjatuhkan hukuman, bahkan untuk mengetahui bisnis yang diperbolehkan dalam Islam, dan bisnis yang ga boleh aja mereka masih buta total. Akibatnya, kasus-kasus serupa seperti itu akhirnya tambah menjamur subur. Astagfirullah.

    Fakta secara umum memperlihatkan kalo fungsi pengacara itu, membela yang bayarannya gede. Dan fungsi hakim, jaksa, dan dkknya adalah memutuskan hukum terhadap perkara yang pengacaranya kalah, padahal belum tentu yang kalah itu dia melakukan kesalahan yang sesunghuhnya. Kamu pikir, kerja begonoan bergengsi? Hapal UU ini, UU itu, tau perkara ini, perkara itu dan lain sebagainya. Padahal ya, kerjaan kaya gini nih, yang tanggung jawabnya besar di akhirat kelak. Semua akan di hisab. Hiiii ngerriii. Pertama, dia menjatuhkan hukuman mengikuti UU buatan manusia, bukan hukum yang udah Allah turunkan lewat Al-qur'an. Kedua, dia bukan membela yang benar, tapi membela yang banyak duit. Silau oleh surga dunia, dan lupa kalo ada hisab akhirat. Kasus korupsi contohnya. Percuma dibikin KPK, toh tiap tahun kasus korupsi kian meningkat. Bulshit. Muak ama sistem kapitalisme yang korengan ini. Solusi satu-satunya, ganti sistem kapitalisme dengan Islam. Dengan menerapkan Syariah dan menegakkan Khilafah, kasus seperti ini tidak akan terulang lagi.

    00.44
    Cek disini, apakah bisnis MLM halal atau haram? Jika haram segera tinggalkan dan bertobatlah kepada Allah.

42 komentar:

  1. Anonim mengatakan...

    bener bangt,, kaenya penipuan PT tersebut harus dibumihanguskan,, kalo gk dibakar aja tuhh Pt nya... ampir aja sya jadi korbannya. untung sy udah baca artikel ini,, makasih ya.

  2. tri noviyanto mengatakan...

    Mskih mz/mbk hampir aja gw ketipu.
    Thanks u/ artkelnya

  3. Anonim mengatakan...

    Alhamdulillah,,,sbelum jd ktipu q udah liat dulu woro-woro ini,bwt penulisny thanks a lot en smoga Khilafah segera tegak di bumi 4))1,menjanjikan penegakan hukum Islam scr kaffah,we need Khilafah,,,c u at MK Surabaya

  4. Jeng Armala mengatakan...

    Sama-sama :)

  5. SinergY 4i mengatakan...

    Priyo, berkata, saya juga udah kena 5rb, tapi iklannya sudah banyak dikoran-koran, seperti : POS KOTA, SINDO dll. Semoga bapak2 polisi baca blog ini dan cepat mengadakan penyelidikan, agar tidak menyesatkan.

  6. SinergY 4i mengatakan...

    Semoga polisi, membaca dan mau menyelidiki kegiatan PT ini, agar tidak merugikan saudara kita yang lain.

  7. Mamat Menjeng mengatakan...

    Alhmdulillh.trimakasi uda bikin artiket tentang PT.HDN saya aja mo berangkat ke surabaya untuk mengambil barang tersebut.trimakasi sebesar2nya ya sobat.

  8. Musjono mengatakan...

    Ok makasih infonya. Semoga lebih banyak lagi yang tau akn model penipuan seperti itu dan tiadalagi yang kena tipu.

  9. Sabto Hutomo mengatakan...

    yah,....

    gua udah kena nich...

    rencana mau kutulisin juga..., tapi ternyata uda keduluan sama jeng. :D

    ya dah, gua tulis pengalaman gua aja dweh.

  10. Syera Ayu Nuraini mengatakan...

    di surabaya, iklannya sampe di masukkin koran segala, dan jangka waktunya terus tiap hari,,
    mending pihak polisi segera tindak lnjuti penyimpangan ini,, biar gk semkin bnyak yg ketipu

  11. habi muchtar mengatakan...

    Iya tuh saya ketipu semarang hati2.

  12. Anonim mengatakan...

    sekarang kita gunakan logika kita, jika memang pt ini penipu mungkin sudah ditutup sejak lama oleh pihak yang berwajib sedangkan pt ini sudah berdiri tahunan. kalian-kalian yang merasa tertipi mungkin karena tidak mengetahui sistem kinerja dari pt ini. saya pernah mendengar kabar ada yang melaporkan ke polisi, namun polisi bilang, anda merasa tertipu ini kaera anda tidak tau sistem kinerjanya dan malas bekerja, dan polisi ada kok yang bergabung di pt ini. sekian kabar yang saya pernah dengar

  13. Anonim mengatakan...

    bagi yg dah terlanjur bayar 5rb iklasin aja, dr pada ntar kena 250 rb. katanya dah dilaporin ke polisi kok ternyata masih dibiarkan beroperasi ya / buktinya tadi siang ( 27 mei 2013 ) teman aku kena 5rb + 250r. pak aparat tolong segera tindak lanjuti. kalo pt tsb legal & g ada penipuan ya biarin terus tp kalo da unsur penipuan ya sgr ditindak.

  14. Danang Jaya mengatakan...

    Mungkin informasi yg diberikan oleh pt.hadena memang tidak terbuka.kalau dr awal sistem dan cara kerja mereka di informasikan lebih terbuka dan jelas. Maka keputusan mau gabung tidaknya tergantung dr masyarakat dan akhirnya tidak merasa tertipu.

  15. febe unyu mengatakan...

    saya juga kena tipu nih! kalo udah di laporkan ke pihak yang berwajib kenapa PT.HADENA Indonesia masih beroprasi??!! rugi sekali nih korban korbannya!

  16. hady hadiman mengatakan...

    wah berarti ane kena tipu nii, ane telat nyari info gugle, hmm tdinya ane nyari tambahan buat lebaran,, yang ada malah duit ane malah angus,, mana dibali biaya jdi membernya 300rbu,, nasib nasib,

  17. hady hadiman mengatakan...

    wah berarti ane kena tipu nii, ane telat nyari info gugle, hmm tdinya ane nyari tambahan buat lebaran,, yang ada malah duit ane malah angus,, mana dibali biaya jdi membernya 300rbu,, nasib nasib,

  18. Anonim mengatakan...

    Saya merasa tertipu dengan sistem kerja di PT HADENA CABANG YOGYAKARTA. MOHON UNTUK PIHAK KEPOLISIAN DIY MELAKUKAN TINDAKAN LEBIH LANJUT TERHADAP PT INI!! KARENA SETIAP HARINYA SELALU RAMAI DI KUNJUNGI WARGA JOGJA.... JANGAN SAMPAI KORBAN2 BERTAMBAH BANYAK... TERIMAKASIH...

    SAMPAI SAAT INI PT INI MASIH BEROPERASI DI KOTA YOGYAKARTA...

    SEHARA DITINDAK LANJUTI...!!!

  19. jodohonline mengatakan...

    untung aku cari di google dulu nih.. wah ada aja orang yg nyari duit dengan cara yang tidak halal gini.. saya turut prihatin atas korban-korban yang lain.. mendingan web saya bukan bohongan lho.. bagi yang sedang nyari jodoh bisa daftar di www.jodohonline.blogspot.com

  20. longability mengatakan...

    wah mendingan nyari jodoh gan di www.jodohonline.blogspot.com

  21. Mecko Nuramto mengatakan...

    d laporin jg percuma braww,, aparat jg dh kena amplop hadena...

    ane dh sering lpor,,kagak prnh d gibruuzz gan...

  22. Mecko Nuramto mengatakan...

    ane sering lapor kagak prnh di gibruuzzz brawww...
    percumahh...
    tuh aparat dh pd kena amplop hadena...

  23. Mecko Nuramto mengatakan...

    ane dh sering lapor kagak pernah d gibruuzzz gan,,,
    aparat jg dh pd kena amplop hadenox tuhh....

  24. Mecko Nuramto mengatakan...

    ngek ngok

  25. Anonim mengatakan...

    Terimakasih infonya.

  26. cheva sholeh mengatakan...

    dbndung jga ad pt hdn wa ampir ktpu..wa daftar dah minta goceng..ea wa pinjem deh ke tkang parkir dpan hehe..smentara...besok dganti...tp stlah wa search dgugel wow penipu.. Mw lapor percuma pastna polisina jga dbyar..

  27. Anonim mengatakan...

    huuhuuu,,guaa udh ketipuuu,,300rb,,
    telat dech bacanyaa,,

  28. fahim syah mengatakan...

    Astaghfirullah pdahal ane msih kmaren daftar... siap2 ikhlas nih... bwt para pelaku selamat ketemu di akhirat dech saat ane melihat perut kalian dibedah karena makan dari hasil yang tidak halal... semoga ane jadi korban terakhir... bwt sang penulis artikel trima kasih bgt dgn bgitu ane akan lbih brhati2 lagi jika hal semacam ini terjadi lagi...

  29. ex pthadena mengatakan...

    ngumpul di ex.pthadena staff yuk

  30. Pri Enamsatutujuh mengatakan...

    barusan dpt dr mesjid (kyknya disebarin sm anak kampus sebelah), tugasnya ngelem kotak teh manggis herbal...

    smpt ada pikiran negatif sih... tp ternyata benar adanya,

  31. Anonim mengatakan...

    waduuuch. telat brousing.

    udah ketipu baru ke warnet.
    hilang dech RP.250.000.
    utaang lagi!

  32. Riri Rizzal mengatakan...

    Untuk teman dan kawan-kawan ....
    Saya rizzal dari Surabaya .. Sekarang industri gadungan yang sedang diperbincangkan ini ada di Surabaya ...
    Saya berniat mau menghentikan tindak penipuan PT ini
    Tapi saya membutuhkan suara dari teman-teman semua saya bermaksud membawanya ke meja hijau
    Tanpa ada bantuan teman-teman dan korban PT ini , usaha saya ini tidak akan berhasil..
    Mungkin sekarang ada dari kita yang belum menjadi korbannya ... Tapi saudara kita yang jauh dan lain kota dengan kita akan jadi korban tipu daya dari PT ini kalau tidak di hentikan ...
    Saya harap follow up teman-teman di email saya riririzzal@gmail.com

  33. Riri Rizzal mengatakan...

    Cuma sekedar berbgi ....
    Buat temen-temen yang sudah ketipu ,.. Mnta ajj uangnya kembali .. Ancam saja bisa d laporkan polisi karena informasi pekerjaan yang d edarkan tidak sesuai dengan yang Di jelaskan pada waktu uang 250 sudah masuk k PT iTunes.....
    Kmrin saya seperti iTunes..
    Klu dh kayak gini kayak ya kita harus serempak barang" laporkan Hal ini ....
    Saya greget sama ini PT

  34. Naomi Imamura mengatakan...

    Mama saya tadi baru balik dari pr hadena ciputat. Sialan!!! Penipuan parah!!! Bakar aja tuh kantor2 nya

  35. Naomi Imamura mengatakan...

    Mama ku hampir ketipu, tadi pas dateng disuruh bayar 250ribu! Sakit jiwa! Ayo lapor bareng! Gimana kek caranya! Kasian orang2 yg ketipu pasti mereka orang gak mampu yang berharap ada secercah harapan untuk menyambung hidup ternyata malah ditipu, mngkin mereka smpe rela utang sma tetangga atau smpe jual barang... Gak bisa dibiarin nih PT penipu!!

  36. Addwin mengatakan...

    Harus ada informasi dari PT Hadena kalau Pt mereka itu bergerak di bidang MLM jadi gak ketipu. Saya ikut beberapa MLM yang memang uang pendaftaran cukup besar tapi itu bukan masalah karena sebelum mendaftar saya sudah di beri tauhkan kalau sistem yg mereka pakai berbasis MLM.

    Kalo ikut PT. Hadena gak minat, pencitraan perusahaannya saja sudah sangat buruk di mata masyarakat. Masih bnyk yang tertipu..

  37. yusuf mengatakan...

    Asalamualaikum
    Waduh memang gk punya hati nurani tuh pt hadena
    Anak sekolah seperti saya pun di jadikan korban
    Masyallah -_-"
    Seharusnya tuh duit 250.000 buat bayar kekurangan ujian nasional tapi saya sudah terlanjur janji sama umi di pinjem nanti di balikin

    Ya allah b
    Ksh balesan yng setimpal
    Amiin
    @naomi imamura : yuk kita demo ke pt hadena cab. Ciputat
    Hub nomer saya aja nanti kita profokasi anggota awam yang lain 089601758856

    KALAU Di Biaarkan bisa makin bnyk mreka menzholimi orang lain

  38. yusuf mengatakan...

    Ayok hancukan saja

  39. pt hadena itu bukan penipuan , itu perusahaan legal. sistemnya itu frelance..
    sepupu saya dari 2012 sampai sekarang masih gabung di pt hadena.. dan dia tidak melakukan penipuan...

  40. Anonim mengatakan...

    Aaarrgh sy sdh setor.... Ternyata kenyataannx spt ini... apeesss sangattt

  41. Adi Jaya mengatakan...

    DIBANDAR LAMPUNG LAGI MARAK BRO..

  42. fitriana Ridwan mengatakan...

    masih fivety2 tntang pt hadena ini, ada yg blg penipuan ada jg yg bilang enggak.Aq baru saja jd member di pt hadena dgn uang pendftrn 10rb, dan uang anggota 275rb.Sy baru sekali dtg, rncnanya bsk kali ke 2 sy dtg sy ingin mmbuktikan tu pt bnrn atau penipuan, klw bnr ya allhamdulillah, klw penipuan ya wasyukurilah. Anggap aja sy sdkh, antara ikhlas atau enggak itu mslh sy dgn sang pecipta.

Search