• The Conqueror of The World : Umar bin Khattab

    Beruntung banget ketika UAS mata kuliah manajemen perubahan ternyata take home. Cukup meringankan beban saya buat belajar. Tapi jujur deh, ga suka ujian take home, nyiksa batin, men!!.

    Berhubung kali ini take homenya berkaitan ama perjalanan hidup Rasulullah SAW, beserta para sahabat-sahabatnya, mengharuskan saya buka ebook yang jumlahnya 300 halaman lebih, cing!! Seru... ajib lah ceritanya. Ampe bikin perasaan saya terhanyut olehnya. Eaaaa

    Saya ga akan ceritain biografi umar secara lengkap. Saya cuma mau ceritain doa pertama yang ia panjatkan ketika menjadi seorang Khalifah. Buku-buku sejarah udah banyak banget yang nulis tentang kehidupan beliau. Penasaran ama kisahnya? cari aja ebooknya atau bisa beli bukunya langsung di toko buku terdekat. Mau murah? belinya pas ada IBF aja, banyak diskon soalnya. :D

    Jadi, kebetulan, kelompok saya dapet tugas tentang masuk Islamnya Umar bin Khattab. Kita suruh nulis tuh, dari sisi manajemen perubahannya. Namanya juga anak manajemen, syariah lagi, musti tau biografi-biografi tokoh hebat dong, biar ilmunya tambah memutajasad. Kalo semua mahasiswa yang ambil matkul tersebut udah pada ngumpulin semua, dosen kita mau membukukan tulisan kita-kita (cieee, seneng). Katanya sih begitu.

    Pas banget lagi, dapet judul tentang Umar. Udah kenyang waktu saya mantengin film Umar bin Khattab yang 30 episode itu. Ditambah saya baca biografi khusus tentang beliau, dari masa jahiliyahnya, masuk islamnya, penaklukan-penaklukannya, hingga wafatnya. Moment yang paling menyedihkan bagi seluruh kaum muslimin ketika beliau berpulang. Semua sejarawan tidak akan pernah lupa, bagaimana dulu Umar menjadi seorang Amirul Mukminin yang terkenal dengan keadilannya, ijtihadnya, kezuhudannya, ketegasannya, dan sikapnya yang sangat anti kolusi dan nepotisme.

    Ini salah satu doa pertama Amirul Mukminin Umar bin Khattab sesudah menjadi Khalifah, ia berkata : "Allahumma ya Allah, aku sungguh tegar, maka lunakkanlah hatiku. Ya Allah, aku ini lemah, berilah aku kekuatan. Ya Allah, aku sungguh kikir, jadikanlah aku orang pemurah". Aamiin ya rabbal 'alamin. Ngena banget, maknanya sungguh begitu dalam. Entah kenapa setelah saya baca bagian itu, air mata saya menetes dengan sendirinya. Hati yang berdesir, tak mampu berkata-kata. Ternyata kita hanya makhluk tak berdaya tanpa kekuatan dari sang pencipta kita. Hikss...

    Ngomongin Umar, saya jadi inget cerita kakak senior saya. Dia cerita, waktu adiknya kafi lahir (anak abi duha n umi ani >> pembina asrama), kafi bilang ke uminya : "umi, ade dikasih nama Umar bin Khattab aja" (efek nonton film Umar). Uminya jawab, "kalo bin khattab anaknya khattab dong, ade kan anaknya abi". Kafi nimpalin lagi "ya udah, kalo gitu namanya jadi Umar bin abi duha aja". Serentak kami tertawa. Anak sekecil itu, sudah tau sosok kepemimpinan Umar yang sangat luar biasa. Menandakan bahwa kafi berharap, kelak adiknya akan menjadi sosok Umar bin Khattab. Aamiin Allahumma Aamiin.

    00.46
    efek dari baca biografi umar bin khattab

0 komentar:

Search