• Cerita Umroh #3 (Jeddah)


    Next ya, masuk ke cerita selanjutnya. Lima hari bagi gue di mekah, rasanya masih kurang men. Karena kalo lo dah sampe sana itu, hawanya tuh beda. Ada magnet yang membuat lo betah untuk tinggal. Terutama kalo lo lagi diem di masjidil haram. Subhanallah banget. 
    Dipostingan sebelumnya gue pernah bilang, kalo ada suatu kejadian yang menurut gue itu wow. Biasanya kan, suka ada tuh, orang-orang yang mengalami kejadian aneh di mekah. Begitu pun dengan gue. Tentang air zam-zam dah pokoknya. Jadi, gini ceritanya.

    Selama gue hidup di madinah, catering yang disedian dari travel itu enak-enak banget men. Yummy abis lah. Ditambah lagi, kalo kita jalan-jalan ke pasar, selalu ada aja tukang korma yang bilang halal-halal, yaudah kita icip aja atu. Karena halal itu artinya boleh. So, tiap toko kita ambilin kormanya, haha. Halal ini. Entah gara-gara makan korma ato emang perubahan cuaca yang lumayan. Radanglah tenggorokan gue. Sakit banget men. Semenjak itu, gue kaga lagi makan korma T.T

    Sampe di mekah, radang gue tambah parah men. Dan saat itu gue butuh obat alami yang biasa gue pake buat nyembuhin nih radang. Bahannya simple sih, tapi kalo lagi di mekah jadi susah nyarinya. Ternyata, eh ternyata, Allah mendengar doa gue. Pas hidangan makan malem di hotel, kebetulan menunya soto ala Indonesia, ahay. Dan disitu ada jeruk nipisnya. Horay. Itulah bahan alami yang gue butuhkan. Abis makan, langsung gue buat racikan sederhana untuk mengobati radang ini. Gue peres air jeruk nipisnya, abis itu gue campur air zam-zam. Sebelum diminum, gue baca-bacain doa dulu men, minta sama Allah supaya radang gue disembuhkan. Bismillah, glek. Dalam waktu semalem, radang gue sembuh coba. Lagi-lagi tak henti-hentinya gue mengucap syukur sama Allah. Terima kasih ya Allah. Aku sayang engkau. Itulah kejadian yang menurut gue wow, yang pernah gue alami disana.

    Jadi nih ya, kesimpulannya adalah, kalo lo lagi di kota suci, jangan pernah lo berfikiran yang jelek-jelek, karena dia akan balik sendiri  ke diri lo. Misal gini, "aduh jalan ke masjid jauh banget sih, kaki ku jadi pegel-pegel deh" nah bisa kejadian beneran tuh. Selama lo jalan, entar lo akan ngerasa pegel terus. Makanya men, usahakan dan biasakan jangan terlalu sering untuk mengeluh. Syukuri apa yang ada pada diri lo. Alhamdulillah, kaki lo masih normal, masih bisa buat jalan. Coba bayangin, mereka yang di dorong pake kursi roda. Lo masih diatas mereka men. So syukuri aja deh, keadaan lo yang sekarang. Allah ga butuh keluhan, tapi usaha kita untuk mengatasi keluhan kita. InsyaAllah sesuatu yang selalu kita syukuri, mendapat keberkahan dari Allah.

    Cukup ya cerita di mekahnya. Sekarang kita menuju ke jeddah. Perjalanan dari mekah ke jeddah itu, kurang lebih empat jam gitu men. Entah kenapa ya, setiap gue naik bus, apapun itu, ga betah rasanya kalo melek terus sampe tempat tujuan. Pasti gue langsung tidur. Dan milih tempat di deket jendela, biar bisa nyender, haha. Padahal, di awal gue coba niat-niat-in biar ga tidur, tapi ujung-ujungnya gue ngantuk juga, Zzzz. Emang udah bawaan dari sononya kali ya. 

    Gue tidur juga ga kebo-kebo amat kali men. Gue bisa merasakan suatu tempat yang hawanya awesome gitu. Seketika itu juga, mata gue terbelalak ke luar. Dan ternyata gue udah sampe di laut merah, jeddah. Waw awesome location banget men. 

    Tentang laut merah. Warna lautnya itu bisa merah, dengan syarat lo harus pake kacamata yang lensanya warna merah, haha. Ya warna lautnya biasa lah men. Ga biru juga ga hijau. Emm gimana ya, rada-rada orange-orange kelabu gitu deh. Karena pada hari itu, udah sore, jadi air lautnya ke pantul sama matahari. Laut ini tuh dulu tempat nabi musa melarikan diri dari kejaran pasukan fir'aun. Nabi musa menghentakkan tongkatnya, dan terbelahlah laut ini. Hingga pasukan fir'aun terjebak dalam laut, dan tenggelamlah mereka. Karena banyaknya pasukan fir'aun yang mati di laut itu, jadi di namain laut merah deh. Wallahu'alam sih, kalo mau sejarah lengkapnya tanya mbah gugel aja ya.

    Ditempat ini yang bisa gue lakukan cuma foto-foto men. Sambil memandangi sunset gitu deh. Ini tempat, ternyata buat rekreasi masyarakat jeddah. Hari libur mereka disana itu, hari jum'at men. Nah pas hari kamis malemnya, mereka nongkrong di pelataran laut merah ini. Kalo di Indonesia mah, udah mirip kaya di Monas gitu. Pada bawa bekel makanan, bawa tikar piknik, bawa mainan buat anak-anaknya. Pokoknya mah, rame banget men. Mereka semua, nongkrong sampe jam satu malem. Abis itu baru pada bubar deh. Gitu sih, kata ibu pemandu travel. Kebiasaan yang unik ya.

    Dilaut merah ini, juga ada masjid. Namanya masjid terapung. Karena dia, dibangun dipinggiran laut gitu, dan sedikit ngapung men. Makanya disebut masjid terapung. Di sini pula-lah gue membuat kenang-kenangan yang gue beli dengan harga 10 riyal. Gue minta sama mbak-mbak arab, buat ukir tangan gue pake hena. Dan inilah hasilnya. Taraaa.. 











    Abis ukir tangan, gue beli bakso yang di jual sama orang madura. Harganya 5 riyal satu porsi. Satu porsi cuma 3 biji doang. Tapi baksonya enak men, kuahnya seger banget. Kalo gue saranin nih ya, kalo mau beli bakso, kurma muda, or ati onta, mending di jeddah aja. Selain harganya murah, yang jualan juga orang kita. Jadi, lebih bersahabat gitu deh. 

    Dari laut merah, kita menuju pusat perbelanjaan, namanya kalo ga salah corner-corner gitu, lupa gue. Nah, disini katanya barang-barangnya lebih murah, dari pada yang di mekah n madinah. Karena, semuanya pusatnya dari sini. Model tanah abang gitu lah. Tapi, berhubung, emak gue ngedrop n kondisninya kurang fit, gue tinggal di bus aja deh. Menemani ibu tercinta. 

    Setelah satu jam menunggu orang-orang pada blenjos, akhirnya bus menuju ke penginapan selanjutnya. Yeah, udah ga sabar mau baring euy, pegel banget nih punggung. Sambil menuju hotel, kita melewati masjid yang dinamakan masjid khisos. Dimasjid ini, adalah tempat untuk mengeksekusi orang, bila ada yang melakukan pelanggaran hukum. Apabila dia membunuh, maka dimasjid inilah, dia akan di hukum mati. Eksekusi dilakukan setiap hari jum'at setelah sholat jum'at. Dan ditonton seantero masyarakat jeddah. Sempet, horor gitu sih, tapi biasa aja koq.

    Emang harusnya gitu men. Dalam sistem pidana islam, kalo hukuman membunuh itu, ya harus dibunuh balik. Kecuali ada ridho dari pihak keluarga korban. Hal kaya gitu, bukan sesuatu yang aneh lagi. Karena, Rasulullah dan para Khalifah pada masa itu, juga pernah melaksanakan hukuman mati bagi pelaku pembunuhan. Cuma sayangnya sih, hukuman Islam yang diterapkan cuma setengah-setengah, belum menyeluruh ke dunia. Padahal, dalam al-qur'an itu Allah bilang, hukum mana yang lebih baik dari hukum Allah. So, wajibnya kita hidup di dunia ini emang kudu harus pake hukum Allah. 

    Misal, kalo ada yang mencuri, ya potong tangannya. Kalo ada yang berzinah, ya di rajam ato dicambuk seratus kali. Kalo ada yang murtad, ya dibunuh orangnya. Begitulah Islam mengatur. Inget, Allah buat aturan kaya gitu, pasti ada efeknya. Endingnya, orang akan berfikir 1000x lipat, jika dia mau melakukan kejahatan. Dia bakal jera sampe akhir hidupnya. Makanya, jangan pernah bilang, hukum Islam itu ga manusiawi. Itu salah total!! Justru yang paling manusiawi itu, ya jelas hukum Islam. Wong, Allah sendiri yang buat. Selain itu, hukuman yang udah diterima di dunia, ga bakalan di hisab lagi di akhirat men, itulah hebatnya hukum Islam.

    Next sampe juga gue di hotel berbintang men. Inilah satunya-satunya hotel yang bagus selama penginapan kita, haha. Saking bagusnya, makanannya pun aneh-aneh. Jujur ya, ini pertama kalinya gue masuk n nginep di hotel berbintang 5. Nama hotelnya, holiday inn. Beuh, ga betah gue. Untungnya cuma semalem aja nginep disini. Beginilah kisah kocak n katroknya gue.

    Namanya juga orang Indonesia yah, asing banget lah sama makanan yang bentuknya aneh-aneh gitu. Pas gue masuk ruang makan gitu, hidangannya tuh buanyaaakk banget. Jenis nasinya aja ada 3. Ada nasi goreng, nasi kebuli, ama nasi putih biasa. Terus, lauknya lebih dari 10. Ada ikan-ikanan, ada ayam, daging, telor, sampe ada yang ga gue tau namanya, karena bentuknya asing bagi gue. Tentulah gue ngambil yang normal-normal aja lah. Gue ngambilnya yang nasi putih, terus pake ikan salmon, sama gulai kambing. Cukup segitu aja, udah membuat gue super kenyang. Makanan penutup yang gue pilih, sup buah gitu men. Seger pokoknya mah.

    Diruang makan itu, kita boleh ambil sepuasnya yang kita mau, asal jangan dibungkus. Alhasil, banyak jamaah yang asal maen comot-comot aja tuh. Ternyata, pada kaga di makan. Kan jadi mubazir men, kasian makanannya. Alhamdulillah, gue cukup tau apa yang perut gue butuhkan, bukan yang nafsu gue inginkan. Piring gue paling bersih deh, diantara piring-piring yang ada. Inget ya, kalo liat makanan itu baca bismillah dulu, biar ngambilnya ga lebay ya. 

    Lanjut ke kamar hotel. Setelah jamaah kelar makan, kita dibagiin kartu, bukan kunci kamar. Harap maklum men, karena kaga pernah nginep di hotel beginian, gue kaga bisa buka pintu kamarnya, huaaaa. Untung ada bapak-bapak yang baik hati buat bukain kamarnya. Asli, katrok banget sih gue, haha. Ga apalah, semua itu belajar dari pengalaman men. Sesuatu ga ada yang sia-sia koq. Kuncinya cuma satu sih, jangan pernah malu untuk bertanya dan mencoba. Kalo lo gengsi buat nanya, otomatis, selamanya lo akan katrok, iya ga? Dari situlah gue belajar untuk membuka pintu dengan menggesek kartu, haha. 

    Semalem kita nginep, paginya kita langsung out menuju bandara jeddah. Dan berangkat menuju Indonesia pukul 11.00. Alhamdulillah, selama perjalanan lancar jaya, hingga mendarat di bandara soekarno hatta pukul 01.00 dini hari. Udah deh, gue langsung pesen taksi, cus pulang ke rumah.

    Selesai deh cerita perjalanan umroh gue. 

    23.44
    happy ending

0 komentar:

Search