• My Adventure #Goa Jepang

Mumpung gue lagi nganggur, mo reportase dulu ah. Pada tanggal 12 februari 2014 kemaren gue survei ke goa jepang. Lokasinya di jalan kaliurang km 200-an kalo ga salah. Pokoknya kalo lo lewat jakal, sampe ngelewatin UII, masih terus, ngelewatin pasar pakem, ngelewatin cangkringan. Pokoknya tempatnya di atas gunung gitu. Udah gitu, jangan lupa makan dulu sebelum berangkat. Jangan berharap bisa gelar tiker piknik disana, karena lo akan di kerubungi para monyet yang kelaperan.

Nih tempat emang jauh banget, tapi ga kerasa jauh koq kalo lo menikmati perjalanannya yang super awesome banget. Setelah lo lewatin gardu pertama, disitulah udara sekitar mulai berubah. Kemarin sih, gue naik motor. Bayar pajak masuk tempat wisata kena 5rb, karena gue goncengan. Kalo lo naik motor sendiri, kena 3rb. Mending goncengan lah yaaa, bisa patungan gitu, haha.

Jalan disana nanjak banget, mirip kaya tempat wisata puncak-bogor. Kalo di bogor kan macet tuh, nah kalo disini lo bisa bebas gerakin motor lo kemane aje, karena jalannya longgar men! Puas banget gue. Mo tereak, mo nangis, juga ga bakalan ada yang merhatiin, haha. Asli, tempatnya gampang di temuin koq, karena banyak plang petunjukknya gitu. Udah deh, akhirnya gue sampe.

Subhanallah, luar biasa, Allahu akbar, amazing gilaaaaaaaaa. Gue di hutan men!! Hutan..hutan..hutan.. Goa jepang itu ternyata ada ditengah hutan!! Yang masih ada monyetnya, ada lutungnya, ada tupainya, ada laba-labanya, ada tawonnya, ada semutnya, dan segala jenis serangga yang tak terlihat sama gue. Mata gue seakan bicara, kalo tempat ini emang awesome sangaddd (pake qolqolah). Girang banget gue, bisa jelajah alam kaya gini. Ga sabar buat cobain hiking, langsung gue bayar tiket masuk yang cuma seharga 2 ribu rupiah. Murah ajib lah.

Ternyata, ga cuma goa jepang yang bisa kita jelajah, tapi ada dua tempat lagi yang jarang di sebut orang, plawangan en rumah pohon. Yup, karena yang terkenal emang goa jepangnya, capcuslah kita menuju TKP. Perjalannya sekitar setengah jam gitu, dan lagi-lagi lo harus jalan kaki naik ke atas gunung, wow! Ini emang harus di prepare dulu sih, tapi berhubung gue sebelumnya ga tau kalo tempatnya liar kaya gini, gue pake perlengkapan seadanya aja.

Kalo lo mau kesini, pastiin pake sepatu yang ga licin dan nyaman dikaki, jangan lupa bawa senter, jas ujan (takut ujan), sama minum. Isi tas ga usah berat, berat, nanti punggung lo bakal sakit. Dan terakhir, sebelum lo naik, harus berdoa sama Allah, minta di lindungi dari segala marabahaya. Inget Allah di setiap perjalanan kita. Let's cekidot, gue naik. Bismillah.

Baru dua menit perjalanan, gue nemuin rumah pohon, yang bangunannya dibuat dari semen, haha aneh. Cuma tengahnya doang yang dibolongin, buat tempat pohon gede gitu. Ga pake lama, gue langsung naik ke rumah itu, terus liatin pemandangan sekitar dari atas, sambil muji-muji nama Allah. Begitu indah ciptaan-Mu ya Allah. Ditambah, gue tereak-tereak ga jelas gitu. Entah kenapa ya, setiap hal yang gue rasa awesome di mata gue, secara otomatis gue heboh sendiri, haha.

Eh pas gue duduk-duduk sama temen gue, sambil buka-buka makanan, terdengarlah suara aneh yang entah dari mana asalnya. Salah satu temen gue lah yang nyadar keberadaan makhluk itu, kalo ternyata dia berada tepat di belakang gue, dan nangkring dikayu-kayu tempat sanggahan itu. Paniklah gue, langsung gue refleks loncat ke balik badan temen gue, sambil tereak, monyeeeeettttttttt. Buseh, tuh monyet liar banget kalo liat makanan. Sejak saat itu, kita ga berani lagi buka makanan sembarangan.

Baru awalan, udah disambut sama monyet, sial! Ah sudahlah, gue akan tetep lanjutkan perjalanan ini. Sebelum gue beneran ke jepang, goanya dulu lah yang akan gue jelajah, haha #maksa
    Baru sepuluh langkah naik, napas gue udeh engap. Capek ya Allah. Inilah efeknya kalo jarang olahraga. Jadi ya, buat temen-temen yang mau menikmati wisata ini, sering-seringlah olahraga terlebih dahulu, biar ga kecapean kaya gue T.T

Setelah istirahat selama 10 menit, gue lanjut naik lagi. Hingga akhirnya gue sampe di pertigaan antara plawangan dan goa jepang. Gue pilih yang ke goa jepang dulu. Untuk masalah jalan, akses menuju goa jepang itu masih bagus, walopun batu-batunya rada berlumut en licin. Kalo lo ke plawangan, jalannya itu ga nahan banget men! Ekstrem sumpah! Medannya lebih nanjak, tanahnya lebih licin, dan akar pohonnya keluar-keluar menuhin jalan yang gue lewati. Disinilah gue jatoh kepleset, disini juga lah baju, tangan, n kaos kaki gue penuh ama tanah merah. Asik, gue jadi si bolang, haha

Pas nyampe TKP, tuh goa ga sesuai ama yang gue bayangkan. Isinya kosong, dalemnya gelap, bau, n cuma seuprit. Yaelah, ternyata emang buat tempat persembunyian doang toh. Dikira gue, kaya goa di film-film gitu, yang bisa tembus sampe ke laut, haha #efeknontonfilm. Karena ga bisa ngapa-ngapain, selain istirahat ama photo-photo, gue akhirnya nanya-nanya aja deh tentang nih lokasi, sama si bapak penjual minuman disitu. Cuma bapak itu loh, yang berani jualan sendirian ditempat sesepi ini. Dan hebatnya, dia udah ngejalani profesinya itu selama lima tahun men! Alesannya sih, katanya ga ada saingan kalo disini, dan pengunjung udah pasti beli minuman saya, haha. Unik banget tuh bapak. Aya, aya wae...

Puas ngobrol, tanya sana-sini, gue dapet info dari bapak minuman, kalo di plawangan itu tempatnya lebih bagus dari goa jepang. Penasaranlah gue. Sempet ragu-ragu sih, buat ngelanjutin perjalanan ini. Abis,, tempatnya jauh banget, dan jalannya begono. Ah, dari pada penasaran, gue coba jelajahi tuh tempat bersama kedua temen gue, yang tenaganya super kuli. Posisi gue, selalu paling belakang dari mereka. Langkah mereka cepet-cepet, kaya udah biasa banget gitu, jalan dihutan. Setelah gue tanya, kenapa mereka bisa cepet gitu, ternyata dikampunya udah biasa ngebolang, jiahh. Gubrak!! Dasar anak hutan kau, apalagi si mba ratna noh, beeeuuuhhh kuli abis dia, hahahaha.

Ada kali gue jalan 200 meter gitu, tapi tuh tempat belom keliatan. Napas gue udah ga kuat, kaki gue udah pegel tingkat dewa, tapi kok tempatnya belom ketemu. Ngerinya, cuma kita bertiga yang ada di atas sana. Ga ada penjaga, ga ada tukang jualan, apalagi wisatawan. Serasa kaya anak ilang, huaaa. Ya Allah, tolong kami. Gimana caranya kita pulang? *pengen nangis, tapi di sisi lain, gue seneng, haha, aneh! Seneng karna, gue bisa ngerasain hiking kecil-kecilan gitu. Pengen nangis, karena turunnya itu bikin kaki pengkor T.T
    Hari makin siang, kita memutuskan untuk turun. Hiks, gue gagal sampe puncak plawangan. Maybe lain kali lah, gue coba naik lagi.

Tanpa disadari, ternyata kita di ikutin lutung dari belakang. Lagi-lagi, salah satu temen gue yang liat tuh lutung. Tadinya dia mau kasih tau gue, tapi karena tampangnya panik dan bikin gue takut, gue langsung ngibrit tanpa noleh ke belakang sedikitpun. Liat gue lari, tuh lutung malah ngejar kita, oh may god!! tangga yang tadinya berasa berat banget buat kita, secepat kilat gue lewati n loncati. Panik banget gue, kaki gue sampe gemeter hebat men! dari situlah baru gue sadar, kalo keadaan gue lagi kepepet, posisi gue bisa paling depan mengalahkan temen2 gue, haha. Satu temen gue hampir mau jatoh, karena gue tubruk dari belakang, dan lengan dia kebesot batang pohon. Maafin gue ya pren, darurat soalnya.

Ga lama kita ngribrit dari atas, di bawah ada bapak-bapak penolong. Dia langsung bentak tuh lutung, dan si lutung siaul kabur dah. Pelajaran satu, kalo lo ketemu hewan apapun jangan langsung panik apalagi lari, karena kalo kita takut, dia akan semakin mengejar kita. Pelajaran dua, kalo si hewan ngikutin kita, bentak aja ato usir pake banda apa keq, biar dia menjauh dari kita. Pelajaran tiga, kalo di hutan jangan suka tereak-tereak, karena itu bisa mengundang perhatian hewan menuju kita. Pelajaran empat, kalo khawatir ga bisa jaga diri, mending lo sewa gaetnya dah.

Sampe bawah, kaki gue masih gemeter men, selain capek, napas engap, juga ketakutan tadi. Alhamdulillah kita masih dilindungi. Itulah pentingnya kita mengingat Allah dimanapun kita berada. Udah deh kita pulang, dan endingnya tuh tempat ga recomended buat jalan-jalan satu asrama akhwat di kampus gue. Yang ada entar malah, pada pingsan lagi, gara-gara kecapean naik.

Buat kalian yang suka jelajah alam, cocok deh tempat ini dikunjungi. Goa jepangnya emang ga begitu greget, tapi feel lo naik menuju goa-nya itu yang epic banget. So, tunjukkan jiwa traveller sejati lo.

11.00
    reportase goa jepang

Bonus Foto-foto nih
    goa jepang Yogyakarta

jalan ke goa jepang Yogyakarta
    goa jepang yogyakarta

pintu masuk wisata goa jepang yogyakarta