• Sakau Binti Galau

    Seminggu terakhir ini saya kena sakau parah. Sampe bikin saya jadi galau. Untungnya saya bukan anak alay, haha. Yup, udah lama blog saya tercinta ini saya liburkan. Kalo kamu sering baca cerita saya, dan kamu seorang peneliti yang baik, maka akan melihat, tanggal-tanggal posting tulisan saya. Antara yang ini dan yang terakhir kali saya posting, jauhhh banget. Itu sebabnya karena saya kaga punya pulsa modem T.T. Pengen minta kakak saya, ada rasa ga enak, perasaan kerjaan saya minta terus. Lagian kakak saya kan udah punya istri, ga mingkin lah saya minta isiin pulsa modem saya terus. Akhirnya saya cari cara, gimana supaya bisa ngenet lagi dengan biaya seminim mungkin. Saya coba isi pulsa dari ATM muamalat buat ditransfer ke kartu modem saya senilai 25.000, eh ternyata bisa. Saya udah seneng bukan kepalang. Tapi apa yang terjadi sodara-sodara, niat saya itu pingin pake paket midnight yang 25.000 sebulan, eh rupanya ketika saya ketik *363*25# saya langsung dapet sms dari 3636, "maaf pulsa yang anda punya tidak cukup untuk membeli paket midnight unlimited, silahkan isi ulang kembali pulsa anda" ampun dah, disini saya mulai sakau lagi. Saya tanya orang-orang sekitar saya, yang biasa internetan juga, mereka pada nggak tau, itu kenapa. Yaudah lah saya pake alternatif lain. Saya ketik lagi *363# terus saya pilih konten internet ultima, terus saya pilih paket volum yang 20.000 dengan kapasitas cuma 250mb kalo ga salah. Transaksi pembelian udah selesai, dan saya bisa menikmati selancar didunia maya dengan kondisi ngadet-ngadet, alias lueeeemooott abiz. Dan yang lebih bikin saya sakit hati, besok paginya itu modem udah ga jalan lagi, disconnect terus. Karena dugaan saya, jangan-jangan pulsanya abis, eh ternyata benar. Ampun dah, sakau saya tambah menjadi-jadi.

    Ga berhenti sampe situ, saya beli lagi pulsa yang 5000, niat buat pake paket yang 5000 unlimited sehari, ternyata setelah didaftarkan, eh si 3636 bilang lagi, kalo pulsa saya ga cukup. Owh saya baru sadar, dia ga mau melayani pembelian paket, jika sisa saldo kita benar-benar 0,00Rp. Ajigile memang, mana saya banyak tugas yang bikin saya mau muntah, malah kena masalah. Karena saya termasuk orang yang kreatif, saya keluarkan jurus manajemen kepepet saya, buat cara supaya saya bisa ngenet dengan cepat dan tarif murah. Saya kutak-kutik aja itu konten pilihan internet flash unlimited, ga sengaja saya nemu yang 1000 midnight unlimited, wah langsung mata saya berbinar binar, dan secepat kilat saya beli itu paket. Yes, berhasil. Pulsa saya ga berkurang banyak dan modem bisa jalan lagi. Tapi lagi-lagi jalannya kaya siput. Karena kesel nunggu, saya matiin aja itu modem. Lagian dia kan cuma benda mati, yang lampunya merah ama biru. Mungkin temen saya kasihan kali ya liat saya, yang kena sakau ga ketulungan gara-gara candu ngenet, eh dia menyarankan saya untuk beli obat seharga 100.000 dengan jaminan garansi 3 bulan masa pakai. Wew, meluncurlah saya ke Jogja Tronik, keliling-keliling cari itu obat. Rupanya saran temen saya ga salah, itu obat mujarab banget buat saya. Sakau saya akhirnya bisa terobati dan galau saya hilang begitu saja. Saya bisa loncat-loncat lagi dan terus jalan-jalan bersama om cyber net, ketemu tante blogger, dan mampir-mampir kerumahnya mbah gugel. Saking senengnya curcol saya sampe banyak banget ini. Kalo bisa ngenet, cerita saya ngalir gitu aja, tanpa mikir, apalagi ngelamun, jemari saya kian memainkan keyboardnya si baba dengan lincahnya. Itu tadi curcol saya, kalo sekarang sekilas reportase yang beberapa minggu terakhir ini saya alami.

    Tentang sakau. Saya sakau sama ujian tengah semester yang lagi berlangsung dikampus saya. Mulainya dari tanggal 7 juni sampe 16 juni 2012. Galau musti belajar tiap malem, emang karena biasanya saya engga pernah belajar, haha. Tapi saya lama-lama jadi ngerasa biasa aja sih, udah sering banget soalnya. Ujian esay semua, jarang open book, paling cuma statistika doang yang dijamin open book, yang lainnya pake otak sendiri. Ga ada contek-contekan apalagi bikin kebetan dikertas kecil ato diatas meja, itu sama sekali ga berlaku dikampus saya, dan ga ngetrend banget. Sangat tidak berkelas banget, perlakuan seperti itu. Kondisi lingkungan dikampus saya mengajarkan sebuah kejujuran. Allah melihat usaha kita, bukan hasil kita. Buat apa kalo IPK tinggi, tapi hasil nyontek semua. Saya udah tobat semenjak saya masuk kampus saya tercinta ini. Saya akui, dulunya saya emang raja nyontek, haha. Tapi itu kan dulu, kalo sekarang kan udah beda. Manusia yang ingin berubah lebih baik, dari pada manusia yang bertahan dengan kebiasaan buruknya. Jadi inget slogannya novel negeri 5 menara, "man jadda wa jada, barang siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan mendapatkannya". Keren ga tuh. Saya juga inget filmnya 3 idiot, ranchodas chanchad sebagai tokoh utama bilang kalo ijazah itu ga penting, yang penting ilmunya. Buat apa kalo nilai bagus terus, tapi otaknya odong-odong, alias cuma teks book, ga paham, ngambang, mengawang-awang. Keren banget emang itu film. 

    Dari sekian sakau binti galau yang pernah terjadi dalam hidup saya. Saya menemukan suatu momen dimana orang-orang yang lagi pada punya masalah, bertemu dengan Islam sebagai satu-satunya solusi. Yup, tanggal 10 juni 2012 kemarin, saya menghadiri acara "Konferensi Tokoh Umat" yang diselenggarakan oleh Hizbut Tahrir Indonesia DPD I DIY. Tema yang diangkat dalam acara tersebut adalah "Khilafah, Model Terbaik Negara yang Mensejahterakan". Ajib banget dah acaranya. Kita diajak berfikir, diajak merenung, diajak melihat, kalo negeri kita tercinta ini sungguh kaya raya sekali, namun dibalik kekayaan yang dimilikinya itu, tak mampu membuat rakyatnya hidup sejahtera. What Happpen?? Ada apa dengan negeri ini?? Apa akar masalah yang mengganggu kesejahteraan Indonesia ini?? Ternyata lagi-lagi memang salah si KAPITALISME. Dulu, dia pernah saya singgung-singgung dalam cerita saya. Kapitalisme lah yang menjadi akar masalah negeri ini tidak dapat bebas dari penjajah. Secara fisik okelah kita bisa dibilang bebas, tapi dari sisi undang-undang, kebijakan yang dipakai, dari jamannya kolonial ampe sekarang udah modern begini masih aja itu peraturan yang dibuat orang-orang belanda masih aja dipakai buat ngatur negeri ini. Jelas aja julukan buat negara kita adalah negara berkembang. Wong aturannya masih punyanya penjajah, gimana bisa jadi negara maju. Berpersepsi kalo ga bisa bangun negeri ini tanpa ngutang luar negeri, bantuan asing, dsb. Racun kapitalisme telah mengurat, mengakar dalam benak setiap warga Indonesia. Memisahkan aturan agama, dengan aturan kehidupan. Para ulama tidak diberi kesempatan dalam turut campur mengatur sistem perekonomian dinegeri ini, karena mereka berfikir yang pantes buat ngurus beginian adalah pakar ekonomi dari barat, kita mah tinggal ikut mereka aja. Padahal, sejatinya Islam itu, bukan cuma sekedar agama yang mengatur ibadah ritual semata, tapi sistem ekonomi, sistem politik, dan sistem-sistem yang lain pun di atur dalam Islam. Islam punya itu semua. Maka ga heran, negara yang tidak menerapkan aturan Islam dalam segala aspek kehidupan, negara tersebut terkena syndrom sakau binti galau. Indonesia butuh model baru untuk mensejahterakan rakyatnya. Dan dengan diterapkannya syari'ah dalam bingkai khilafah-lah model baru tersebut dapat mensejahterakan bangsa ini dan terbebas dari jeratan kapitalisme. Selesai deh reportase saya yang udah ga sakau dan ga galau. Pay..pay..
    Konferensi Tokoh Umat Yogyakarta, Sportorium UMY


    20.34
    yang belum belajar pelajaran Aspek Hukum Bisnis, karena keasyikan ngeblog

0 komentar:

Search