• Hamil Anak kedua, Haruskah Menyapih??

    Alhamdulillah tgl 25 sept 2017 hasil test pack menunjukkan dua garis. ❤ Saya dikasih amanah kedua dari Allah. Alhamdulillah seneng banget. Sesuai promil kami, langsung jadi. Makasih ya Allah.

    Anak saya yg pertama saat itu usianya menginjak 22 bulan. Tinggal 2 bulan lagi genap 24 bulan, tapi ternyata saya udah keburu hamil lagi deh. No problem lah. Sarahku udah gede kok, ngomongnya udah ceriwis, udh bisa di ajak ngobrol, insyaAllah sarah siap punya adik. 😁😁

    Nah, setelah tau usia kehamilan saya 4 minggu (ngitung pake aplikasi kalender hamil di hp), saya dan suami mulai menjalankan aksi menyapih sarah. Jujur, ini tugas yang berat bagi saya, tapi demi kesehatan ibu dan bayi, maka proses menyapih harus dijalankan dengan penuh tekad yang kuat.

    Sebelum hamil kedua, saya selalu tanya sana sini, gimana cara para emak menyapih anaknya. Ada yg di olesin yg pahit2 dan ada yg pake hansaplast.

    Akhirnya saya pilih cara yang kedua, pake hansaplast. Drama pun di mulai. Melelahkan memang, tapi harus kuat mak, demi janin yang dikandung. Hehe.

    Sarah: umi nenen (ngomongnya dia udh lancar)

    Umi: nenen umi sakit sarah, sarah mw liat? (saya kasih liat yg di hansaplast)

    Sarah: kenapa umi? (dia berkali2 bilang ini)

    Umi: nenen umi lagi sakit, sarah bobonya ga usah nenen dulu ya?

    Sarah: sakit mi? (terus diulang2)

    Umi: iya sakit, bobonya ga nenen dulu ya.

    Sarah: iyaaa, nenen buat dede bayi

    Umi: iya buat dede, sarah pinter ya, solehah umi, bobonya ga nenen dulu ya..

    Sarah mulai uring-uring, pengen nangis kejer tapi di tahan karena dia juga ga tega nenen uminya lagi sakit.

    Abis baca beberapa artikel, memang puting ibu hamil berubah menjadi sensitif, jadi pas sarah masih nenen tuh, jadi bener2 sakiit bgt, kayak awal pas nyusuin. Jadi lecet2, jadi, alasan pake hansaplast karena sakit, ga bohongan, tapi beneran karena putingnya lecet. Hehehe.

    Akhirnya sarah tidur siang di gendong2 dulu baru bobo. Malam pun drama dulu, digendong sambil nyanyi salawat baru bobo. Ya Allah sigini beratnya ternyata perjuangan seorang ibu ya. Maafkan aku ibuku, kalo dulu aku pernah nakal. 😭

    Kenapa saya bertekad menyapih? Menurut beberapa artikel yg saya baca:
    1. Bikin kontraksi rahim
    2. Bikin puting lecet dan sakiit banget
    3. Nutrisinya udah beda, coz udh ada janin didalam
    4. Udah cukup umur untuk disapih
    5. Udah bisa makan-makanan org dewasa, udh bisa mnta minum kalo haus, udah mnta makan kalo laper. Jadi menurut saya, dia nenen karena mau ngempeng or kebiasaan pengantar tudur.

    Cerita dibalik sapih menyapih, sarah dari kecil udah dikasih tau kalo bakal ada dede bayi diperut umi. Walopun saat itu umi belum hamil. Jadi, kalo beneran ada dede bayinya, dia udh ga kaget dan udah siap jadi kakak. Dan ternyata bener, kalo ditanya dede bayi dimana, dia bilang di perut umi, sambil di sayang sama dia. Soo sweeett😍😍😍..

    Pengennya sih sampe sarag usia 24 bulan. Tapi yang saya rasakan kalo sambil nenenin sarah, tambah lemes banget + puting sakit. Jadi bismillah, proses penyapihan mudah2an berjalan lancar. Aamiin.

    Untuk pengalihannya, sarah sering saya ajak jalan-jalan keluar, beli susu ke warung, atau main apa gitu. Biar dia cepet capek dan cepet tidur. Dan selama ga nenen usahakan porsi makan ditambah ya, pokoknya harus sampe kenyang, makan bergizi n minum susu. Saya sengaja nyapih ga pake obat oles, karena khawatir sarah masih doyan. Hehe. Udah segitu aja cerita bumil dan bupih (ibu menyapih).


0 komentar:

Search