• 5 Hal Yang Ga Bisa Jauh dari gue

    Sebelum ane ngegarap revisi skripsi ane, perkenankan ane buat curcol. Ini emang hobi ane yah. Jadi jangan protes, aahay. Ini tentang sebuah benda yang menurut ane paling deket sama ane, dan selalu nempel ditubuh n ga bisa jauh.
    1. Kaca Mata
    Tanpa ini, ane kaga bisa lihat. Ibarat dikate ye, dia adalah separuh hidupku. Cuma, bukan berarti dia segalanya bagi ane. Yang segalanya bagi ane tetep Allah lah. "Biar kita kehilangan sesuatu karena Allah, jangan kehilangan Allah karena sesuatu" ceilah, nampol! Ane punya penyakit mata minus. Asli loh, ini tuh ga enak banget. Matanya jadi kehalangan, seolah-olah pandangan hanya dibatasi sebatas itu aja. Beda kalo ente liat bebas pake mata kepala ente sendiri, iya ga? Ane begini dari kelas 3 SMP. Awalnya mata nih udah ga jelas, kalo pas giliran ane duduk dibangku pojok paling belakang. Maka periksalah ane ke optik, eh di vonis minus 1,5. Udah deh pasrah. Saat itu kacamata ane, suka dipake pas belajar dikelas aje, kalo diluar kelas ane masih risih pake kacamata. Nah, saat kelas 1 SMA, ane jadi kecanduan kacamata deh. Dan minus ane, tiap tahun makin nambah. Hiks. Ane mulai continue tuh pake si kama. Bahkan sampe kuliah semester akhir sekarang pun, si kama masih nempel sama ane. Alhamdulillahnya minusnya berhenti pada angka 3, cukup lumayan mbuyar kalo suruh lepas si kama. Jadi, always tiap saat ane pake mulu nih si kama. Bahkan, saat akan cuci muka, ane suka lupa lepas si kama dulu. Itulah kedekatan ane sama si kama. 
    Tips: 
    • Jangan suka baca sambil tiduran ya, karena ini hobi ane waktu kecil, jadi jangan di contoh ya adik-adik. 
    • Terus, kalo nonton tipi, jangan deket2, biar matanya ga rusak. 
    • Banyakin makan sayuran yah, buat jaga mata kita. Kalo ente doyan sih, kunyah biji pepaya secukupnya aja. Katanya itu bagus buat mata (rasanya ga pahit, tapi pedes)
    • Banyakin buat baca al-quran. Mbah ane udah sepuh, tapi kalo dia baca al-qur'an matanya bisa sejernih elang, subhanallah.
    • Banyakin gadhul bashar. Secara fisik emang ga rusak mata kita, tapi secara spritual mata hati kita udah rusak, karena kita ga menjaga pandangan terhadap lawan jenis kita. Hati-hati loh
    2. Handphone
    Alias telepon genggam. Cuma, saat ini fungsi hp bukan cuma buat telpon n sms. Ada banyak ribuan aplikasi yg bisa mendukung dunia perkerjaan para manusia. Nah, ini benda, setiap ane tidur selalu ada di sebelah ane. Tiap ane pergi, juga ngikut di tas ane. Tanpa dia hidup ane serasa hampa. Ibarat kata dia adalah, suara hatiku. Coz, ane suka tulis status update di whatsapp ane gitu deh. Makanya ane bilang, suara hati, haha. Hp ane namanya si andro. Karena dia android, ahay. Andro suka dikatain orangorang, kalo dia kecil banget. Musti selalu dikomen sama orang. Padahal emang bentuknya ga bisa diubah, karena andro lahir dari keluarga xperia yang serinya paling mini diantara xperia yang ada. Andro top banget deh. Biar kecil, tapi cabe rawit cing. Buat searching cepet, buat motret bagus, buat email maknyus, buat donlot juga bisa, pokoke andro bantu ane banget deh. Dan dia ga bisa jauh dari ane.
    Tips:
    • punya hp ga usah mahal, asal tau skill yang dia punya n bisa dimanfaatkan.
    • ga musti ikutin trend terbaru, karena akan buat ente rugi. style mah ga akan pernah mati.
    • jangan keseringan mantengin game terus, sekali2 tadarus lewat lewat hp pintar ente kan bisa.
    • donlotlah aplikasi yang bisa mendukung nilai spritual ente. kaya cerita sirah nabi keq, cerita sahabat nabi keq, asmaul husna keq, tuntunan solat sunah keq, dll.
    • kalo lagi ke toilet, tinggal aja dikamar, khawatir jatoh euy.
    • jangan pake hp buat ajang maksiat, no pacaran, no sms-an yg bukan mahram, no call yg bukan mahram, pokoknya, ga boleh buat maksiat.
    3. Jilbab
    Ente tau jilbab itu beda dengan kerudung. Jilbab itu di surat al-ahzab ayat 59, en kalo kerudung ada di surat an-nur ayat 31. Kedua nama itu berbeda ya. Jilbab itu pakaian yg longgar yang ga ngebentuk tubuh. Kaya gamis gitu lah, kalo gampangnya. Ini juga musti harus nempel sama ane nih. Kalo pas ane kuluar rumah, ini kostum ga boleh ketinggalan. Coz, ini tuh pakaian wajib seorang muslimah yg sudah baligh jika ingin keluar rumah. Referensi buku yang bisa ente baca tentang hal ini adalah buku "Yuk Berhijab" karya ust.felix siauw, bisa didapat di gramed-gramed dikota anda. Apapun cuaca yang dateng, mau musim hujan ato panas, ini pakean musti ane kenakan tiap hari men! wajib geto hukumnya.
    Tips:
    • jilbab itu beda dengan kerudung
    • jilbab itu bahasa mudahnya sejenis gamis yang ga ngetat n ga berkerut
    • jilbab itu hukumnya wajib
    • jilbab itu bukan bahasa indonesia, tapi bahasa arab
    • jilbab itu, enjoy ketika sudah dipake n mulai terbiasa
    • jilbab itu ga kuno ya, dia juga punya style yang lucu-lucu
    • kalo mau buat jilbab lucu/beli jilbab lucu, hubungi ane aja ya, hihi
    4. Kerudung
    Ini juga wajib ane pake tiap hari men. Setiap aktivitas diluar rumah, tentu benda ini ga boleh ketinggalan sehelai pun. Syaratnya gampang koq, asal menutup dada n ga membentuk lekukan leher. Bebas warna, bebas selera. Boleh pashmina,boleh juga bergo langsungan. Intinya ga boleh ngetat, ga boleh pake punuk unta (yg nguncir rambutnya tinggi banget itu loh), ga boleh nerawang, pokoknya harus kerudung yang sesuai syariat ya. Bahkan ga cuma ane yang ga boleh ketinggalan tentang benda ini, ente-ente musliah juga wajib kudu pake ini.
    • banyak kerudung syar'ie yang bertebaran di online shop, tinggal transfer, barang dateng deh
    • hati-hati dengan model. banyak juga yang cuma buat fashion, cuma buat tutupin rambut jeleknya, dan bukan karena Allah, ini bahaya loh ya
    • identitas muslimah. ga mungkin dong ya, udah berkerudung teus disangka non muslim. pasti sudah ditebak dia adalah muslim
    • jangan pernah malu untuk berubah
    • terus belajar islam lebih dalam ya
    5. Kaos kaki
    Kemaren ane ke sanmor, cuma buat beli kaos kaki doang. Coz, kaos kaki ane basah kena ujan becek. Mau ujan ato ga, ane tetep harus pake kaos kaki lah, coz aurat wanita itu seluruh tubuh kecuali muka n telapak tangan. Inilah juga yang paling deket sama ane. Hampir semua koleksi ane punya, dari yang motif,polos,panjang,pendek, ane punya semua. Betapa deketnya, ane sama dia kan. Itulah kaos kaki.
    Tips:
    • Kalo beli itu yang panjang n tebel. agar naik motor tidak terlihat betisnya
    • cari yang harga 10rb tiga. di sanmor banyak tuh
    • pilih warna gelap. biar noda yang nempel ditelapak kaki, gampang dibersihkan
    • biasakan kemana-mana pake kaos kaki. supaya tetep bersih, aman, dan damai
    • pelengkap dari jilbab n kerudung 

    00.07
    sayangila benda-benda ente, jika ente mau disayangi mereka

0 komentar:

Search