• Alarm Bikin Merem

    Kamu punya handphone? Handphone kamu merek apa? Polyponik ato monoponik? Touchscreen ato querty? Galaxy ato tab? Camera megapixel ato VGA ? Alarmnya tuit-tuit ato bersoundtrack musik terpilih? Layarnya item putih ato berwarna? Permainannya uler-uleran ato angry bird? Exspress music ato express kereta api? Pake BBM ato WhatsApp? Life tools ato android? Sering ke facebook ato twitter? Belinya di JT ato diramai? Yang jualnya pake kerudung ato ga? Naik transjogja ato bus way? Duit sendiri ato minta2? Dan bla..bla..bla... saya capek kalo nanya kamu terus.haha.

    Apa yang paling deket sama kita, kalo setelah bangun tidur. Jawabannya adalah HANDPHONE! Hampir setiap orang pas bangun tidur, yang dilirik pertama adalah hp, pertama yang diliat jam yang ada di hp. Apalagi anak asrama kaya saya ini. Dikamar asrama yang saya tempati tidak ada jam dinding sama sekali. Makanya kalo hp saya lowbat, bingung banget ga bisa tau jam berapa, dengan terpaksa tanya temen sebelah deh. Akhir-akhir ini alarm hp saya ga bunyi, saya juga nggak tau dia itu kenapa. Mungkin lagi ngambek sama saya kali. Dan kamu tau, sebenernya taro hp dideket organ tubuh kita itu ga baik, karena radiasi hp termasuk tinggi juga. Ga percaya, coba aja kalo ada soundsystem dideket kamu terus posisi kamu lagi smsan, pasti ada bunyi-bunyi dari itu soundsystem. Saya jadi keinget pas dikelas, mata kuliah manajemen strategi, tepatnya saya lupa itu tanggal berapa. Ga penting lah nginget tanggalnya. Seperti ibu dosen yang mengampu mata kuliah kita ini, suaranya imut-imut banget, alias sangat irit sekali. Dengan begitu, terpaksalah diambilkanlah soundsystem kecil beserta micnya dari masjid dilantai dasar menuju lantai paling atas. Biarlah itu resiko para ikhwan-ikhwan yang setia mengambilkannya, selama masih ada ikhwan disitu ngapain akhwat turun tangan, haha. Selesai pemasangan mic, dimulailah sesi perkuliahan pertemuan terakhir kami. Saya pada saat itu, dengan tumben sekali menempati bangku deretan setengah depan paling mepet ama tembok yang masih beralaskan batu bata merah, haha. Jarang banget, kalo pas mata kuliah itu saya duduk depan, abisnya ibu dosennya bikin ngantuk sih, hehe. *pis ya bu, kalo kebetulan baca cerita saya, mudah-mudahan aja kaga baca.

    Lima menit berjalan, soundsystemnya tiba-tiba keluar bunyi radiasi hp. Awalnya sebentar, ga lama setelah bunyi pertama, muncul lagi bunyi kedua, dan durasinya cukup lamaaa. Si ibu dosen pun terganggu, dan akhirnya loncat dari lantai atas, karena merasa dipermainkan oleh mahasiswanya, hahaha ini mah hayalan konyol saya aja, jangan dipercaya yak, haha. Yang bener, ibu dosennya berhenti sejenak menunggu itu bunyi radiasi yang sangat eksotik. Dan seluruh kelas pun menyalahkan orang yang ada dibangku paling depan, dan mereka pun parahnya mau aja pada disalahin, haha. Semuanya kompak berteriak, "woy, hpnya pada dimatiin dong, matiin hpnya" begitu terus sampe akhirnya kelas kondusif lagi. Eng..ing..eng.. 5 menit setelah kejadian itu, ada bunyi yang sama dari arah soundsytem, lamaaaa banget. Semua pada bingung, yang duduk paling depan hpnya semua udah pada mati. Terus hp sapa yang bikin ulah. Dan itulah hp saya, wkwkwkw. Kebetulan, karena mata kuliah bikin ngantuk, saya smsan aja sama temen saya nan jauh dimato sana. Mungkin lagi kesyikan sms, saya ga sadar kalo dari tadi itu adalah penyebab hp saya, haha. Saya jadi cengar-cengir sendiri. Untungnya pada kaga tau kalo itu hp saya, itulah untungnya saya duduk paling mepet tembok, haha. Abis saya sadar kalo yang bikin bunyi itu adalah hp saya, inisiatif pasang mode "flight" deh, yang ada gambar pesawat terbangnya. Biar kalo saya BT dikelas bisa tetep ngutak-ngutik hp saya.

    Dan akhir-akhir ini rupanya saya jarang mendengar alarm hp saya yang begitu sangat merdu sekali. Hp saya masuk dalam kategori express music, keluaran 2010, kalo dibandingin ama hp jaman sekarang, hp saya terbilang udah ga ngetrend lagi lah. Saya ga bisa pake hp layar sentuh, bukan karena saya udik, kamsu-upay,  ato katro. Tapi karena telapak tangan saya bermasalah. Telapak tangan saya ini, sering sekali mengeluarkan air yang kadang-kadang berlebihan. Tiba-tiba bisa banjir. Makanya kalo saya pinjem hp temen saya yang full layar sentuh, pas dibalikin itu hp udah luber kena keringet saya, haha. Bisa-bisa kalo saya punya hp touch screen, layarnya malah ga sensitif lagi, karena kena air tangan, haha. Apapun hp kamu, wajib kamu syukuri tuh, seengganya kamu ga punya air tangan kaya saya.

    Waktu subuh adalah waktu yang sangat enak banget untuk tidur. Tiap malem saya setel alarm saya buat bangunin saya ketika subuh. Dulunya saya suka pasang alarm ganti-ganti. Nah, awal semester 3-an saya mulai ganti alarm saya dan bertahan itu nada dering alarm sampe sekarang ini. Soundtracknya lagu ost naruto shippuden judulnya long kiss good bye. Kayaknya ini cocok buat alarm deh, akhirnya saya pasang aja deh. Alhasil, pas itu alarm bunyi, temen sekamar saya lah yang pada bangun duluan. Menyusul dengan temen-temen kamar yang lain, sampe ujung lorong asrama pun alarm hp saya bisa membangunkan orang-orang. Waw, nyaring banget berarti. Justru saya sendiri malah ga bangun sama alarm saya, ketika temen sekamar saya bangun, baru dia bangunin saya, dan saya pun bangun, haha. Aneh. Pasang alarm koq malah yang bangun orang lain. Seminggu kemudian saya pasang itu alarm berturut-turut, ada yang dateng sama saya. "Aku boleh minta nada alarm kamu ga, bluetooth dong, lama-lama lagunya enak juga". Gubrak, ternyata alarm hp saya jadi populer juga. Sampe orang-orang udah hapal, kalo itu nada alarm punya saya. Dan kemarin temen sekamar saya komen "tumben ar, alarm kamu koq ga bunyi lagi" haha. Ternyata alarm hp saya pun bisa bikin "ngangeni". Gitu-gitu juga alarm hp saya berjasa buat bangunin orang-orang.

    Kadang ga jarang dari kita, kalo udah masuk subuh, biarpun alarm udah bunyi, ga sengaja tangan ini memencet tombol matikan alarm, terus tidur lagi. Aduh, ini penyakit kaum muslimin jaman sekarang yang susah untuk dihilangkan. Temen saya juga ada, sholat subuh, dia pergi ke masjid buat berjamaah, tapi pas udahan sholat jamaahnya, malah banyak juga yang pada tepar dimasjid. Eleuh-eleuh, itu mah cuma pindah tempat aja. Padahal jelas sekali, dalam hadist-hadist Rasulullah diterangkan kalo tidur ba'da subuh itu ga baik. Ini saya temukan ketika saya ziyadah bersama musyrifah saya. Isi kitabnya bilang gini : 'juga berdasarkan hadist mutafaq 'alaih dari Ibnu Mas'ud, ia berkata; suatu ketika dihadapan Nabi diceritakan tentang seorang yang tidur hingga waktu shubuh. Maka Rasul saw. berkata : "Dia adalah orang yang dikencingi setan di kedua telinganya". Horor banget kan. Gampang aja sebabnya, itu terjadi karena udah menjadi kebiasaan kita. Kebiasaan yang buruk bisa dirubah kalo yang punya kebiasaan itu mau untuk merubahnya. Saya juga sekarang masih dalam tahap merubah kebiasaan buruk. Gimana caranya? Silahkan baca buku Ust. Felix Siauw yang judulnya Habits, pokonya keren banget deh.

    Gimana jadinya kalo generasi muslim penerus bangsa bisa bangkit, kalo tiap ba'da subuh aja masih suka pada tepar. Ato masih ada yang kelewat sholat subuh, gara-gara bangun kesiangan. Parah jiddan itu mah. Inget kisah sultan mehmed II dibukunya ust.felix yang judulnya muhammad al fatih 1453, sebaik-baik pasukan adalah pasukan beliau. Sebelum melakukan serangan ke konstantinopel, siapakah yang pantas untuk menjadi pimpinan pasukan tersebut. Dengan begitu, diadakanlah kuis kecil-kecilan dengan menjawab beberapa pertanyaan yang disodorkan ketika ingin sholat jamaah. Kronologis ceritanya begini : 

    Setelah Konstantinopel di kuasai oleh umat Islam di bawah kepemimpinan Muhammad Al-Fatih. Ada suasana yang menarik di waktu pertama kali menunaikan shalat Jum’at, timbul pertanyaan di benak kaum muslimin dan benak Muhammad Al-Fatih. Kemudian Muhammad Al-Fatih berdiri lalu berucap “Siapa di antara kita sejak baligh sampai sekarang pernah meninggalkan shalat fardu, walaupun sekali saja?” tidak seorang yang duduk, karena para tentaranya tidak seorang pun yang meninggalkan shalat fardu. 

    Muhammad Al-Fatih bertanya lagi, “Siapa di antara kita sejak baligh sampai sekarang meninggalkan shalat sunnah rawatib silahkan duduk?” sebagian daripada tentaranya duduk. 

    Kemudian Muhammad Al-Fatih bertanya lagi, “Siapa di antara kamu sejak baligh sampai sekarang pernah meninggalkan shalat tahajjud walaupun satu kali saja?”. Kali ini semua tentaranya duduk, kecuali Muhammad Al-Fatih sendiri. Sehingga yang menjadi Imam shalat Jum’at pertama kali di Konstantinopel adalah Muhammad Al-Fatih. 

    Dalam sejarah di katakan bahwa Muhammad Al-Fatih sejak akil baligh tidak pernah meninggalkan shalat fardu, shalat sunnah rawatib dan shalat tahajjud. Inilah panglima perang sekaligus pemimpin pemerintahan yang patut ditiru dan di teladani, sesuai dengan isyarat Rasulullah dalam haditsnya Muhammad Al-Fatih merupakan sebaik-baik raja dan bala tentaranya. 

    Terbukti kan, padahal jamannya Muhammad Al-Fatih dulu belum ada hp apalagi pake alarm buat bangunin sholat tahajud en sholat shubuh. Mulai dari sekarang lah rubah kebiasaan burukmu itu. Kalo lupa ama komitmen awal kamu, minta temen kamu buat mengingatkannya. Punya temen banyak buat apa kalo ga dimanfaatin buat arah kebaikan. So... tunggu apalagi.. jangan biarkan alarm hp kamu bikin tambah meremin matamu!

    21.59
    mencoba untuk lebih baik dengan istiqomah dan istimror

1 komentar:

Search