• Pengalaman Ibu Hamil Naik Pesawat. Bolehkah??

    Yup, pertanyaan kaya gitu sempet terpikir oleh saya. Karena pernah ada kejadian, ibu hamil yang naik pesawat, tiba-tiba mules di tengah penerbangan. Sontak, semua awak kapal beserta para penumpang panik sangat. Masa iya tuh ibu mau brojol di pesawat. Kan ga mungkin. Mangkanya sejak kejadian itu, ada persyaratan khusus buat ibu hamil jika mau terbang.

    Pengalaman ini saya bagikan untuk ibu-ibu hamil diseluruh dunia, agar tau apa aja sih persyaratannya supaya lolos pemeriksaan bandara. Kebetulan tgl 26 sept 2015 kemarin, saya terbang ke jogja bersama suami tercinta karena ada keperluan disana. Saat itu usia kandungan saya memasuki 29 minggu lebih, hampir mau 8 bulanan lah. Bayangin dong ya, hamil segitu lagi berat-beratnya.

    Tapi karena tujuannya ke jogja, saya jadi semangat 45 tuh, coz disanalah sebagian kenangan saya berada. Ceilah. Udah ngebayangin bisa reunian sama temen satu kampus dulu. Nah, karna suami saya dapet info kalo ibu hamil yang mau terbang harus buat surat kesehatan dulu, bikinlah saya surat kesehatannya pada tanggal 23 sept 2015 nya tuh. Karna waktu itu mau idul adha, takut mepet jadi bikinlah surat itu jauh-jauh hari.

    Karena suami saya kerja di STPI dan disana ada unit kesehatan STPI jadilah buat surat kesehatannya free alias gratis. Mungkin kalo buat di RS umum ada biaya administrasi kali ya. Tapi yasudahlah, alhamdulillah dapet gratisan. Surat dah dapet, tenanglah saya mau terbang.

    Setelah tiba hari H, tgl 26 sept 2015, kami chek in di bandara, sambil menyerahkan surat kesehatan khusus ibu hamil. Eh tiba-tiba kata mas bandara, suratnya udah ga berlaku lagi, karena sudah lewat dari 3 hari. Udah sedih aja tuh saya, khawatir ga boleh terbang. Tapi jangan panik dulu ya ibu-ibu, ternyata mas bandaranya baik, kami diantar ke klinik bandara soeta untuk memperpanjang surat kesehatan hamil saya.

    Sampe disana, alhamdulillah dokternya ibu-ibu juga, jadi ga canggung deh. Yang ditanyain pas periksa tuh :
    Pertama : hamilnya berapa bulan?
    Kedua : ada riwayat keguguran ga?
    Ketiga : di cek tensi darahnya, kalo normal berarti lolos.

    Alhamdulillah semua saya lewati dengan mudah, dan saya di nyatakan sehat dan boleh terbang. Terakhirnya bayar 50rb deh, buat administrasinya.

    Kesimpulannya adalah, kalo para bumil mau terbang, bikin suratnya di bandara aja. Karena disana juga nyediain. Tapi, kalo mau bikin di RS umum, pastikan sehari sebelum berangkat ya, karena masa berlaku suratnya cuma 3 hari. Setelah 3 hari harus diperpanjang lagi.

    Lumayan juga ya, lagi hamil gede mondar-mandir bandara soekarno hatta. Itung-itung buat olahraga lah, walopun kakinya pegel.

    Gitu aja kali ya pengalaman yang bisa dibagi. Semoga bermanfaat.

    23.10
    Salam ibu hamil

0 komentar:

Search