• Dibalik Ujian Kompre Ayat

    Saat itu gue udah naroh kertas blangko pendaftaran kompre ayat ekonomi Islam. Tepatnya tgl berapa gue lupa. Entah semangat apa yang bikin gue niat daftar, yang jelas saat itu gue memberanikan diri untuk daftar ujian. Jujur, masih ada sekitar 10 tema yang belom sempet gue hapal. Nekat gue, haha. Dan pada saat hari pendaftaran gue, disaat itu pula, suara gue rusak gara-gara radang tenggorokan. Baru ucap taawudz aja, langsung batuk uhuk-uhuk. Tapi gue tetep nekat pingin cepet-cepet ujian. Hahaha. Dan berkas persyaratan gue untuk mengikuti ujian kompre ayat pun, sudah tergeletak dimeja sang ustadz. Entah hari apa jadwal gue muncul, gue juga ga tau. Yang penting gue daftar dulu, batin gue saat itu.

    Selang seminggu, suara gue udah lumayan normal. Ga serusak sebelumnya. Maybe gue pikir, ini saatnya gue murojaah biar tambah mantep saat gue ujian. Anehnya, jarang banget gue murojaah sama wali tahfidz gue, coz ada yang ngebuat gue ga sreg aja. Biar begitu, tetep gue akui koq, wali tahfidz gue itu, emang pinter banget ngajinya, mahkroj hurufnya bener, tajwidnya juga, suaranya juga oke, top banget lah kalo dia lagi baca al-qur’an. Kalo dia ga sehebat itu, ga akan mungkin lah dia ditunjuk jadi wali tahfidz. Cuma, dasar guenya aja yang sok semaunya, haha, suka mengikuti apa kata hati gue. Biar gue ga sreg sama dia dalam hal muroja’ah, tapi gue tetep menjalin hubungan pertemanan yang baik koq.

    Gue lebih asik menikmati murojaah gue saat gue mengendarai motor. Yup, disaat nyetir itu punya sensasi sendiri kalo kita sambil melafadzkan ayat-ayat Allah. Dunia serasa milik kita. Perjalanan jauh jadi ga kerasa. Di balik helm dan masker gue, dengan lantangnya gue sebut ayat-ayat ekonomi yang besok mau gue ujikan. Efeknya, kecepatan motor gue ga secepat kaya biasanya, karena gue, nyetir sambil mikir, haha. Tak apalah, yang penting gue tetep selamat sampai tujuan. Dibanding sambil dengerin music konvensional, mendingan murojaah, iya ga?

    Alhasil, ada yang bilang, kalo gue ga pernah keliatan murojaah saat di asrama. “Da, gue koq ga pernah liat lu teriak-teriak ngapal diasrama sih” celetuk temen yang diem-diem merhatiin gue #eaa. Bukannya ga pernah, cuma ga sering. Bagi gue, asrama itu bukan tempat yang menenangkan hati buat ngapal, maybe karena berisik kali ya. Coba bayangin, ga pagi, ga siang, ga sore, ga malem, banyak banget yang jualan, udah mirip digerbong kereta api. But, kalo untuk urusan mencari keramaian dan belajar sosialisasi baik sama orang lain, ya asramalah tempatnya. Dan gue, sama sekali ga pernah nyesel pernah tinggal selama 4 tahun di asrama akhwat STEI Hamfara Yogyakarta ini.

    Dua minggupun berlalu, dan jadwal ujian gue belom muncul juga. Masa sih gue di PHP-in sama ustadznya. Ah, gue galau. Yang lain, cepet ditempel jadwalnya, giliran gue kok lama banget. Gimana ini nasip gue? Akhirnya gue memberanikan diri buat sms pak ustadz.

    Gue : “Aslm ust, sy ida armala, mw tnya jadwal kompre ayat saya lama sekali keluarnya. Pdhl sdh 2 minggu yg lalu sy daftar”. Terkirim

    Ustadz : “Iya, afwan. Minggu kmrn bnyk agenda n tgl merah. Minggu ini ust titok lg k skabumi. Kmngkinan minggu depan”. Bales ustadznya.

    Alhamdulillah dibales, seenggaknya gue tau alasannya kenapa jadwal gue lama banget keluarnya. Jadi sedikit lega deh. Emang sih, bulan mei 2014 itu, bulan yang paling banyak tgl merahnya. Di bulan itu juga ada agenda besar yang ga bisa gue abaikan begitu aja, yaitu Konferensi Islam Peradaban 2014. Wajar lah, kalo si ustadz juga ikut turut campur mempersiapkan moment special tersebut. Alhamdulillah, peserta yang hadir, lebih dari 5000 orang se-Yogyakarta. Ini menunjukkan bahwa ga akan lami lagi, manusia-manusia dimuka bumi ini menginginkan penerapan syariat Islam dikehidupan mereka, gue selalu yakin itu.

    Mei usai, Juni pun kian menyambut. Dan gue berharap, jadwal gue muncul diawalan bulan juni ini. Setiap ada ade kelas yang mau kuliah keatas, selalu gue titipin pesen buat liat jadwal gue dipapan LP3M, siapa tau aja udah di temple, harap gue. Sampe gue penasaran naik sendiri keatas, buat liat jadwal gue, ternyata masih belom ada. Huaaaa rasanya gue mau nangis. Lama banget yak gue menunggu. Itulah alas an mengapa setiap orang ga suka kalo suruh nunggu, karena menunggu itu MEMBOSANKAN!!

    “Lu belom siap sih, makanya tuh ga keluar2 jadwalnya” temen gue coba semangatin gue. Iya juga ya kata dia, masih ada tema yang belom gue hapal juga, ngapain gue minta di buru-buru. Arrrghh. Penyakit gue dari dulu itu suka menunda yang seharusnya bisa gue lakukan saat itu juga. Cuma tinggal 7 tema ini, itu mah gampang, ocehan gue dalam hati yang terlalu menyepelekan. Ga nyepelein juga sih sebenernya, gue tetep rajin murojaah tiap pagi, murojaah dimotor, dimeja pak satpam, diwarung soto, dibengkel motor, dimanapun gue berada gue coba murojaah sebisa gue. Dan yang paling setia menyimak bacaan gue, adalah seorang sahabat yang baik hatinya, cantik wajahnya, dan solehah kepribadiannya, yaitu siti napsiah. Jazakillah khoir atas kebaikanmu selama ini, kawan. Semoga Allah balas kebaikanmu.

    Minggu satu dibulan juni pun telah berlalu, dan gue masih setia menunggu jadwal cantik gue keluar. Tiba-tiba, diwaktu yang ga disangka-sangka temen gue “eka” sms. Saat gue terima sms tertanggal 10 juni 2014.

    Eka : “jeng, besok kamu ujian kompre ayat, tgl 11 jam 10.00”. Sempet bunyi “deg” di jantung gue

    Gue : “Okey” jawaban sok woles gue, haha

    Eka : “km udh tau po sebelumnya?” Tanya eka bingung.

    Gue : “Blm, haha, Thx ya dah diksh tw. Abis gue ada lg ga?” abis itu, ga dijawab lagi sama eka.

    Gue bersyukur banget masih punya temen yang masih peduli sama gue. Coba saat itu eka ga kuliah, gue ga akan tau kalo jadwal gue semendadak itu. Sebelum-sebelumnya, setelah jadwal ditempel, pasti ada tenggang waktu selama tiga hari buat jadwal ujiannya. Lah giliran gue, selang sehari. Mak njleeb banget men!! Gue pun ga berani protes sama pak ustadz. Gue terima dengan lapang dada, ikhlas dan sabar. Dan gue terima kenyataan ini dengan sepenuh hati. *Sambil tarik nafas panjang

    Gimana sama persiapan gue? Oh No! Jujur men, gue belom siap hapalan. Kalo mental sih, insyaAllah lah. Tapi masalahnya, kalo dari hapalan gue ga siap, bisa mempengaruhi mental juga kan, huaaaaa *nangis dalem diam.

    Tepat hari itu, gue udah sengaja bawa kertas hapalan gue ketempat kos mba ratna. Orang satu ini juga yang sangat membantu dibalik kelulusan kompre ayat gue. Sahabat terbaik yang pernah gue kenal. Sahabat hebat yang bisa bersikap dewasa. Sahabat berani yang tak takut menegur kesalahan orang lain. Dialah Ratna Hanum. Jazakillah khoir buat mba ratna, yang udah rela-relain begadang demi gue. Demi menyimak murojaah gue. Pokoknya makasih banyak deh. Tanpa mba, gue bisa apa sih, hehe.

    Seharian gue bersemedi di kost mba ratna. Teriak-teriak baca ayat ekonomi dan gue mendadak jadi orang yang bersungguh-sungguh. Cieeh, jarang-jarang loh gue begini. Andaikata jadwal itu ga muncul secara tiba-tiba, gue ga segininya juga kali. Huf, apalah daya dan upaya. Gue Cuma inget slogan “man jadda wa jadda”, siapa yang bersungguh-sungguh, dia pasti akan bisa. Kalo kita punya keyakinan pada diri kita, semua persepsi buruk yang hinggap di pikiran kita, pasti akan ditepis sejauh mungkin. Gue yakin, pokoknya gue pasti LULUS!! Cuma itu.

    Ga cuma ayat ekonomi aja yang bakal di ujikan, tapi juga tafsirnya *mata melotot. Itulah uniknya jika kamu bersekolah di STEI Hamfara Yogyakarta ini. InsyaAllah jadi pakar ekonomi Islam sejati, aamiin. Tapi gue belom belajar men T.T. “Dari dulu lu kemana aja emang” itulah yang temen2 gue tanyakan. Kan gue pikir, ga akan semendadak ini. Salah gue juga sih, *hanya bisa menyalahkan diri sendiri. InsyaAllah, dalam sehari gue akan pelajari ini semua, aamiin.

    Untungnya gue udah biasa begadang, jadi ga masalah lah kalo gue mengorbankan waktu tidur gue demi tafsir. Ngantuk sih, males sih, tapi besok gue ujian men!! Gue harus hapal pokoknya, apapun yang terjadi. Dan gue pun tidur jam 02.00 dini hari. Subuhnya, gue ngapal lagi, ngapal, dan ngapal. Abis itu beli snack sebentar buat penguji gue nanti, abis itu makan soto pak ndut deket TK alfarabi bantul, sambil murojaah sama icha, abis itu pulang ke kost mba ratna lagi. Ngapal lagi, abis itu anaknya nita dateng, main sama dedek qia bentar, abis itu siap2, abis itu ke kampus, ganti pake kerudung putih, sambil bawa almamater, abis itu naik kelantai 3, ternyata ruangan LP3M belom dibuka, abis itu duduk dilantai 2, sambil belajar tafsir lagi. Abis itu gue poto bentar buat kenang2an, abis itu gue minta doa dari temen2, abis itu update status whatsapp, abis itu gue focus belajar lagi.

    Gue juga ga lupa minta doa restu dari ibu gue tercinta, buat doain gue biar sukses, lancar, dipermudah, dan lulus. Ibuku gue pun meng-aamiin-kan. Love u mom. Gue datang dua jam lebih awal dari biasanya. Ternyata ujiannya jam 10.30. Kemaren itu, si eka salah kasih info. Tapi gue udah standbye jam 09.00, fufufu, rajin kan gue? :D

    Waktunya pun tiba. Seperti biasanya, tangan gue selalu berkeringat, cuma pas moment ini jadi keringet dingin. Brr. Ada empat orang sahabat yang menyaksikan detik-detik kelulusan kompre ayat gue. Ada teh ismi, icha, nap, en mba ratna. Mereka emang orang-orang terpilih, yang tanpa diminta sekalipun, rela menemani ketegangan yang gue rasakan. Ruangan mulai dimuka, ustadznya masuk, dan gue duduk sendiri seperti ingin disidang didepan mereka. Wow banget lah pokoknya.

    Dengan waktu 30 menit yang gue punya, gue mulai melantunkan ayat-ayat ekonomi yang udah selama ini gue pelajari. Seumur hidup lo, pasti ada momen dimana lo grogi. Disinilah gue mangalaminya. Ada satu ayat yang ga gue baca. Banyak makhroj huruf yang gue baca salah. Mau nangis rasanya, huhuhuhuhu. Setelah gue selesai, gue disuruh keluar dulu sama penguji gue. Ya Allah, apa yang akan terjadi selanjutnya. Gue berharap, gue bisa lulus ya Allah, dengan kekurangan yang gue lakukan. Allah, bantu aku. Doa gue saat itu.

    Pas gue disuruh masuk kembali, ustadznya ngoreksi semua kesalahan gue. Dan itu banyak. Ada pada mereka, memasang wajah yang biimbang, antara melanjutkan gue ke tafsir atau enggak. Akhirnya, gue mencoba memasang ekspresi yang “melas” banget, haha, sambil bilang “ust, lulus dong ust, lanjut aja ust”, kalo inget moment itu, gue mau ngakak banget rasanya. Gue ga tau dah, muka gue bisa semelas apa. Yang jelas, endingnya gue bisa lanjut ke bagian tafsir. Alhamdulillah ya Allah telah membantu aku.

    Perjuangan belom sampai situ, gue masih harus mengartikan dua surat wajib yang panjanganya lumayan. Surat al-baqarah 275-279 sama surat al-baqarah 282. Bismillah gue coba artikan dan gue jelaskan tafsirnya. Sempet ada pertanyaan ust titok yang ngebuat gue bingung, gue mikir lamaaaa banget, sampe beliau ngulang berkali-kali pertanyaannya, hahaha. Segitu “oon” kah gue. Ini karena efek belajar SKS nih, penyesalan gue. Entah jawaban gue masuk akal ato ga, tapi gue ga sengaja jawab pertanyaan yang bikin semua ustadz dan 4 orang temen gue, tertawa, hahahahaha. Padahal, saat itu gue lagi ga ngelawak, tapi lagi grogi tingkat dewa. Alhamdulillahnya, gue ga suruh ngartiin semua suratnya. Terimakasih Allah, telah bantu aku lagi. Sampai dititik akhir, pertanyaan tafsir pun disudahi. Abis itu, gue kembali berdoa sama Allah, biar keputusan ustadz bilang, kalo gue lulus.

    Dengan harap-harap cemas gue menunggu keputusan. Keringet yang ada ditangan gue udah sampe membanjiri meja. Dalam diam ku berdoa, meminta kelulusan yang gue nantikan. Inilah jawaban sang ustadz penguji gue.

    “kami putuskan bahwa saudari Ida Armala, dinyatakan LULUS” jelas terucap dari mulut ustadz muhajirin, tertanggal 11 Juni 2014.

    Alhamdulillah ya Allah. Ga henti-hentinya gue mengucap syukur kepada Allah. Rasa bahagia gue, ga bisa gue sembunyikan pada saat itu. Keluar dari ruangan, gue dan ke4 sahabat gue langsung berisik, menyuarakan kelulusan gue. Pokoknya gue bahagia banget pada saat itu. Bahkan pas sampe asrama pun, gue jingkrak-jingkrak sambil ketawa2 sendiri. Terserah mau dibilang lebay juga gpp, yang penting lulus, hahahaha. Alhamdulillah ya Allah yang telah mendengar doaku, akhirnya aku LULUS. Pokoknya gue seneng, TITIK!!

    Gue langsung kasih kabar baik sama emak gue, sama temen2 diwhatsapp, temen2 di asrama dan berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendoakan gue secara langsung ataupun tak langsung. Gue langsung update status whatsapp “Thx Allah, thx ust muha, thx titok, aku lulus”, hahaha. Lebay ya? Biarin lah, yang penting gue seneng. Tapi, sempet malu juga sih, mengingat moment ujiam berlangsung, udah mah banyak yang salah, ga lancar tafsirnya, dan segala macem kekurangan yang gue miliki. Gue dinyatakan LULUS men!! Subhanallah kan. Hanya Allah yang bisa membolak-balikkan hati dua ustadz yang menguji gue, hehe. Jazakallah ya ustadz, saya janji akan memperbaiki bacaan al-qur’an saya. Doain saya ya ustadz, semoga ilmu saya bisa seperti ustadz, aamiin.

    15.15
    Terima kasih ya Allah atas semua kebaikan yang engkau berikan. Semoga kebaikan mereka semua dibalas olehMu. Aamiin

0 komentar:

Search