• Tips Jaga Kesahatan Ala Anak Rantau

    Pergantian musim sering membuat seseorang jatuh sakit. Dari musim hujan ke musim panas, membuat tubuh ini berasa dehidrasi (kayaknya). Dan, penyakit yang paling umum menyebar adalah flu dan batuk. Biar kedua penyakit itu keliatan biasa, tapi jangan pernah meremehkan sebuah penyakit.

    Gue masih inget, ketika gue hidup dan tinggal pertama kali di hamfara (kampus gue tercinta). Seminggu setelah gue menetap di desa yang banyak pohon ini, tiba2 gue terserang batuk yang sangat akut, sampe bikin suara gue abis men. Itu pertama kalinya terjadi dalam hidup gue. Batuk sampe capek banget, sampe mau nangis, dan rasanya pengen pulang ke tangerang aja dah, biar di rawat sama emak gue (maklum anak rantau). Udah gitu, batuk gue ga di obatin pake apapun. Karena gue pikir, "ah udahlah, entar juga sembuh sendiri". Ternyata, gue sangat tersiksa dengan penyakit itu.

    Anak rantau itu, biasanya suka masa bodo amatan sama kesehatan. Mentang2 jauh sama orang tua, bisa bebas melakukan apapun yang dia suka. Misalnya, kaya beli makanan yang goreng2an banyak minyaknya. Minum es2 keseringan, sampe bikin tenggorokannya sakit. Aktifitas terus sampe lupa istirahat. Dan yang paling parah, bahkan ada yang sampe lupa makan. Nah, kalo udah sakit melanda, baru dah ngerasa pengen nangis minta pulang. Haha

    Sekarang ini, di kampus gue banyak mahasiswa yang terserang flu dan batuk. Kalo lagi sholat jamaah di masjid, isepan ingus dan suara uhuk uhuk, bersahut-sahutan mengisi area sekitar masjid. Virus pun tersebar dimana-mana. Kalo lagi keadaan kaya gini, cepet banget men nyebar virusnya. Yang tadinya kita sehat2 aja, taunya pas pagi2 udah meler, tenggorokan udah sakit, dan akhirnya daya tahan tubuh melemah lalu tepar di kasur. Terus nangis, minta pulang.

    Secara gitu, kita hidup satu atap, sering ketemu satu sama lain, pokoknya dah kaya keluarga aja dah. Sekalinya ada yang sakit, pasti nularnya secepat kilat men. Alhamdulillah, gue masih bisa bertahan dengan anti bodi gue yang gue jaga selama ini. Biar gini2 gue juga peduli kesehatan men. Sebagai anak rantau yang jauh dari orang tua, gue mau ngasih tips supaya kesehatan kita bisa terjaga dengan baik. Yang gue lakukan cuma ini koq :

    1. Minum Habatusauda Minyak
    Sebelum tidur, gue sempet2-in minum habatusauda men. Minimal 2 kapsul lah. Tapi kalo stamina gue lagi drop banget, gue langsung minum 4 kapsul sekaligus. Bukan apa2 men, ini cuma buat suplemen gue aja sih. Kenapa yang minyak? Karena kalo yang bubuk lebih berat di olah oleh tubuh, jadi gue beli yang minyak aja deh.

    2. Minum Susu Kambing
    Merk susu kambing yang dijual dipasaran udah banyak koq men. Cuma, yang biasa gue konsumsi namanya GMP Nutri. Kadang suka yang rasa coklat n kadang juga rasa vanilla cream yang warnanya putih. Dan kalo bikin, kaga usah di kasih gula, tuangin aja 2 sendok makan dalam gelas jamu yang kecil itu loh, terus kasih air panas, minum deh. Kalo ini waktunya bebas sih. Kalo gue sih, biasanya minumnya pagi2 sebelum melakukan aktifitas rutin. Alhamdulillah sangat membantu sekali men.

    3. Minum Jeruk Nipis Campur Kecap
    Kalo gue udah ngerasa tenggorokan gue mulai ga enak. Buat nelen tuh kaya ada yang ganjel gitu. Capcus lah gue beli jeruk nipis di warung sayur. Inget ya, jeruk nipis sama jeruk yang buat bikin es jeruk tuh beda. Kadang kan ada orang yang ga bisa bedain mana jeruk nipis, mana jeruk biasa. Pokoknya bentuk jeruk nipis itu lebih kecil dan lebih keras. Warnanya ijo banget. Biasa suka ada di warung jual soto.Terus cara bikinnya gampang, satu jeruk nipis di peres airnya dan ditambah kecap satu sendok makan, aduk2 sampe mereka menyatu cus minum deh.

    4. Jangan Sampe Lupa Makan
    Ini yang bikin fatal. Banyak dari temen gue yang aktifitasnya bejibun. Udah gitu dia orangnya ga suka makan, kurus pula, makannya susah, ampun dah. Giliran sakit, nangis2 minta pulang, haha.  Makan nasi tuh harus men coz itu udah habit buat ngisi perut kita. Tanpa energi kita ga bisa total buat ngejalanin aktifitas kita sehari-hari. Bagi yang punya magh, jangan sampe telat makan deh. Kemaren ulu hati gue sampe sakit men, gara2 gue melalaikan makan. Endingnya gue ke puskesmas dan di kasih obat magh, terus sembuh deh. Kapok gue. Pokoknya kalo lagi ga puasa, makan yang rutin, jangan telat, dan cari makanan yang sehat ya.

    5. Kurangi Konsumsi Mie Instan
    Makanan yang satu ini, emang ga bisa di tolak kelezatannya men. Lidah emang ga pernah bohong (haha, iklan). Udah mah enak, harganya murah, buatnya gampang lagi, siapa coba yang ga ketagihan sama nih makanan. Tapi hati2 men, jangan terlalu sering konsumsi mie instan. Lo juga tau lah, itu sebenernya makanan ga sehat. Sesuatu yang konsumsinya berlebihan, justru ga baik bagi tubuh. Dulu, waktu gue SD, sering tuh gue sakit2an, karena keseringan makan mie gitu deh. Hampir 3x sehari pasti masak mie. Eh malah kuman2 dan racun2 semakin menggerogoti tubuh gue. Gue jadi ga doyan makan nasi dan kurus banget. Tapi, setelah ortu gue bawa ke tabib alternatif, di deteksi lah gue, kalo penyakit gue gara2 banyak penumpukan racun dari mie instan yang sering gue makan. Dari situlah, keluarga gue anti makan mie. Ga anti banget sih, palingan cuma sekedarnya aja, pas lagi ngidam banget. Sebisa mungkin, gue ga stock mie dalam lemari gue. Coz kalo gue sediain, pasti ngiler pengen masak. Jadi, cari amannya ajalah. Kalo udh sering makan mie, pasti jadi jarang makan nasi. So, usahakan sebisa mungkin konsumsi mie seminimal mungkin yang lo bisa.

    6. Banyak Minum Air Mineral
    Menurut penelitian, ga makan 3 hari ga bakal mati men. Tapi, kalo sampe lo ga minum selama 3 hari, tubuh lo langsung isded. Itulah pentingnya air bagi tubuh. Karena tubuh kita sangat memerlukan cairan. Gue aja nih, kalo kekurangan minum dikit aja, pinggang gue udah mulai sakit. Karena kinerja ginjal kita juga akan terganggu, makanya dia jadi sakit. Makanya, sering2 lah bawa minum kalo lagi aktifitas. Bawa botol air, terus masukin tas. Kalo ditengah jalan aus, kan bisa langsung glek. Ga usah jajan es2 ato minuman kaleng. Selain lebih irit, bisa sehat juga kan.

    Mungkin itu aja kali ya, tips yang bisa gue kasih. Semoga tipsnya bisa bermanfaat. Biar anak rantau, kita juga harus peduli sama kesehatan men. Karena sehat itu mahal. Kalo udah sakit itu, mau ngapa2in jadi ga enak. Mumpung kita masih di kasih sehat sama Allah, jagalah sebaik mungkin. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

    15.16
    Ida armala yg peduli kesehatan

0 komentar:

Search