• Ikatan Aqidah

    Kebiasaan buruk saya kalo lagi bad mood, suntuk dikamar asrama, ga ada kerjaan pasti main ke kamar orang. Nyari inspirasi baru. Ngobrol ngalor ngidul. Kalo lagi bener obrolannya tentang dakwah. Tentang menghujat kapitalisme sang biang kerok. Kalo lagi menggebu-gebu pingin bisnis pasti tentang fashion dan segala perhijaban wanita. Kalo pas orang yang saya kunjungi lagi sibuk ngerjain tugas, ato sibuk online sampe bikin tamunya dicuekin, saya bakal gangguin dia seumur hidup. Itulah enaknya diasrama. Bete dikit, ada temen berbagi. Tinggal nyebrang ke kamar sebelah, dapeeeet aja cerita baru.

    Ngomongin temen inget cerita persahabatan yang ada di novel 5 cm. Sekarang udah mulai di filmin. Saya cuma baru liat trailernya aja. Abis kalo nonton ke bioskop ikhtilat sih, ga diperbolehkan sama hukum syara. Kalo bukan karena aturan Allah, mana mau sih saya taat, haha. Cari aman aja, kalo mau masuk surganya Allah.

    Alkisah 5 cm ini punya personil 5 orang, yang terdiri dari cowo 4, cewe 1. Mereka sahabatan udah 10 tahun lamanya. Sekolah bareng. Nongkrong bareng. Hang out bareng. Saking seringnya kemana aja main bareng, mereka ampe bosen sendiri. Abis yang di obrolin cuma seputar itu-itu aja. Kalo ga flash back masa lalu, mengingat-ingat kegilaan yang mereka lakukan, ato paling ngomongin lelucon dan hal yang ga penting yang bikin mereka sama-sama ketawa. Hidupnya di habiskan untuk seneng-seneng. Kasian banget, belom bisa jawab uqdatul qubro yang sesungguhnya. Maklum sih, yang nulis buku mungkin belom dapet maklumat tentang itu, makanya ceritanya pun cuma bisa bikin kawula muda semangat aja, tapi ga bisa membangkitkan umat.

    Beda ama persahabatan saya. Duluuu banget waktu SMP kita pernah satu kelas, dan saya sama sekali ga pernah ngenal pribadi dia. Di SMA entah kenapa saya ketemu lagi, tapi beda jurusan. Dia IPA saya IPS. Saat SMA itulah syu'ur keislaman dia mulai bangkit, udah mulai pake kerudung n kita sama-sama masuk rohis yang emang bukan teroris. Karena Islamlah kita didekatkan. Saya selalu ajak diskusi Islam, kalo ternyata didunia ini ada seribu satu problem lebih yang menimpa kaum muslimin. Ternyata emang ga bisa dipungkiri, akar masalahnya adalah karena tidak di terapkan hukum Islam secara kaffah dimuka bumi ini.

    Singkat cerita dia mulai mengazamkan diri masuk dalam barisan orang-orang yang ingin memperjuangkan Islam dan ingin menjadi manusia yang berkepribadian Islam seperti Rasulullah dan para sahabatnya. Taat selalu terhadap hukum syara. Melaksanakan perintah Allah dan benar-benar menjauhi larangannya. Memakai dan mengaplikasikan ideologi islam dalam kepemimpinan berfikirnya. Menghabiskan hidupnya untuk dakwah. Karena dia yakin bahwa setelah kehidupan ini, akan ada kehidupan yang kekal bagi kita. Yang bikin kita ga bisa mati lagi. Yang kalo kita ngerasain azabnya Allah itu sangat pedih, berulang kali Allah sebutkan dalam Alqur'an. Asli, ngerii jiddan.

    Beda 180 derajat ama persahabatan pada umumnya. Kalo ga latar belakangnya karena kesamaan hobi ya paling kesamaan selera. Kalo ga asas manfaat semata. Kalo mau nyontoh persahabatan yang tiada taranya itu, ya persahabatan ala Rasulullah dan sahabat-sahabatnya. Ikatan mereka bukan karena ikatan darah, ikatan golongan, ikatan jabatan, ikatan harta, tapi murni memang karena ikatan aqidah. Dan sampe kapanpun ikatan aqidah ini ga akan pudar. Karena umat Islam itu satu tubuh, dan saling bersaudara.

    Apalagi kalo yang diperjuangkan itu sama. Sama-sama ingin memperjuangkan Islam. Sama-sama ingin memusnahkan kapitalisme dari muka bumi ini. Dan sama-sama ingin tegaknya daulah Islamiyah dan penerapan hukum Islam diseluruh alam ini. Maka dimana pun kita berada, apapun ras kita, warna kulit kita, bahasa kita, bahkan negeri kita, akan tetap menyatu dengan Aqidah Islam. Umat Islam itu Tuhan mereka satu. Rasul mereka satu. Kiblat mereka satu. Syahadat mereka satu. Jihad mereka satu. Negara mereka satu. Karena mereka umat yang satu.

    22.43
    Itu kisah sahabatku, bagaimana dengan sahabatmu?

0 komentar:

Search