• Tips Menangani Anak Tantrum

    Berapa usia anak bunda sekarang? anak saya saat usianya menginjak 21 bulan tantrumnya udah mulai keliatan. Apa-apa ngambek, ditinggal ke kamar mandi ga mau, di tegur dikit ga mau, dibilangin malah makin menjadi, dicuekin tambah urakan. Ampuun dah pokoknya. Sabar ya para ibuu, inilah ujian kita.

    Saya sebenernya ga ahli-ahli banget nangani anak tantrum, ini hanya berdasarkan pengalaman saya nangani anak saya sendiri. Kalo tetiba dia tantrum, saya mah cuma ngajak bercanda apa yang dia anggap lucu. Untungnya anak saya gampang terhibur, jadi yaudah deh tantrumnya ilang gitu aja.

    Contoh kasus gini, saya udah capeek banget, pengen rebahan gitu, sedangkan si bocah masih mau main. Tadinya dicuekin aja tuh, eh lama-lama dia nangis sambil sesekali tarik-tarik saya. Lumayan lah dicuekin sekitar 10 menit. Bukannya diem, malah tambah rengeek. Akhirnya ga tega deh, ditanya mau nya apa, ato kasih opsi mau nyanyi apa? mau keluar jalan-jalan? lihat mpus ? berenang di bak sambil mandi? kasih makan ayam? gendong? nenen? ato apapun yang biasa bunda sering lakukan sama si kecil. Kalo saya mah gitu. Itu beberapa opsi yang saya tawarkan kalo sarah lagi tantrum.

    Dan ternyata, menurut anilisis saya pribadi loh ya, dia begitu karena pengen ektra perhatian. Main lego maunya ditemenin. Main puzzle maunya umminya ikutan. Main apapuun pengennya ada umminya. Itu tipe anak saya. Entah kalo anak yg lain gimana. Jadi kenali benar karakter anak bunda ya.

    Curcol dikit yah (haha, maklum hobi). Kata ibu saya, bawaan hamil tuh ternyata bisa ngaruh ke karakter anak ternyata (entah mitos atau bener, tergantung sudut pandang masing-masing ya). Kalo saya gini, waktu hamil sarah itu, pengennya nempeeell mulu sama abuu sarah, ditinggal dinas bentar langsung mewek. Ditinggal sehari bagaikan setahun (lebaayy, haha). Tapi kalo suami ada dirumah bawaannya seneng, pengen deket-deket terus (haha maklum, manten anyar). Eeeh sekarang nular ke sarah. Sarah sama saya tuh udah kaya perangko, nempel mulu. Dia lebih milih umminya pup dikamar mandi dari pada ikut yang lain. Rela bau-bauan demi saya gitu. Dan itu bener, dikamar mandi dia anteng, haha. Kadang saya juga sampe geleng-geleng kepala dah. Kalo dipaksa ikut yang lain, eehh dia malah tantrum, wkwkwkw.


    Nah jadi kalo bawaan hamil bunda suka sedih, marah, atau pengen sendirian terus, nah bisa jadi nular ke bocahnya tuh. Coba di ingat-ingat ya, waktu hamil bunda, gimana emosi perasaan bunda. Karena psikis itu yang termasuk banyak mempengaruhi emosi jiwa anak kita loh bun. Makanya orang bilang, kalo lagi hamil jangan suka yang aneh-aneh, jangan mikir yang berat-berat, ada benernya juga sih. Tapi jangan sampe kebawa tahayul ya. Misal orang hamil ga boleh bangun rumah, ga boleh makan dikamar, dan sejenisnya itulah. Nah yang begitu yang ga boleh di ikuti. Yaiyalah boro-boro orang hamil, yang ga hamil aja kalo makan dikamar bikin bala, alias bisa ngundang banyak semut, hahaha. Terus juga, yg ga boleh bangun rumah, mana bisa ibu hamil ngaduk semen, angkat batako, yang ada keburu brojol di jalan, wkwkwkw. emang mitos n tahayul kadang mengada-ngada sih.

    Back to tantrum. Selama kita udah memutuskan untuk menikah dan punya anak, maka kita juga kudu sabar ngadepin anak tantrum. Pas lagi tantrum, coba tanggapi dengan santai, selow kayak di pulau, haha. Jangan langsung esmosi, main tangan, suara sopran keluar, banyak istigfar ya mak. Anak segitu mah belom bisa bedain yg baik sama yg buruk. Yang ngajarin semua itu ya kita ini, ibunya. Mereka akan melihat reaksi kita dan akan menirunya. Bunda suka teriak-teriak? jangan salahin anak kalo ikutan teriak-teriak. Bunda main tangan? jangan salahin anak kalo apa-apa langsung mukul. Ngaca ya bun kediri kita. Inget-inget lagi, kecil kita dulu kaya apa? kita baik ga sama ortu kita? buah jatuh ga jauh dari puhonnya ya bun.

    Sekali lagi, anak adalah anugerah, sekaligus titipan dari Allah SWT, namanya juga barang titipan ya harus dijaga baik-baik, dirawat jangan sampe rusak, ketika pemiliknya mau ngambil lagi, barangnya masih mulus, bagus, kinclong, terawat. Kan pemiliknya jadi seneng tuh, tapi kalo barangnya dibalikin dalam keadaan rusak, wah bisa marah besar tuh sama kita. Maka nikamtilah proses bunda sekarang. Anak kita tumbuh dengan sangat cepat kok, paling tantrum cuma berapa taun sih (sok banget, padahal gue juga kliyengan kalo sarah lg tantrum, wkwkw). Setelah gede, entar jd kangen masa tantrumnya dulu. So, jika anak tantrum jgn langsung dimarahi, karena bisa jadi mereka hanya butuh EKSTRA PERHATIAN dari kita. Pinter-pinternya kita aja gimana cara balikin mood mereka. Moga sukses hadapi anak tantrum ya. Aamiin.

    NB: Selipkan doa-doa dalam solat2 kita, spya slalu dikasih kesabaran dlm mendidik anak n anak-anak kita dijadikan anak yg solih n solihah (robbi habli minna solihiin)..

    00.35
    Emak yg juga baru belajar

0 komentar:

Search