• Tips Agar Tidak Stress Saat Menghadapi Sidang Skripsi

    Jujur, gue sebenernya juga sempet stress, setelah tau tanggal ujian gue di tempel. Bahkan beberapa temen gue ada yang lebih akut stressnya. Ada yang sampe sesek napas, ada yang sampe ga haid selama tiga bulan, ada yang turun beberapa kilo karna ga napsu makan, dan bahkan ada yang jantungnya mau berhenti.

    Nah, gue mau kasih tips buat ade kelas yang akan mengalami ini nantinya. Semua itu pasti bisa terlewati koq. Jadi, woles aja men!! Ini dia tips sederhana dari gue, semoga bermanfaat.

    1. Setelah lo mantep buat daftar ujian kompre matkul n pendadaran skripsi, jangan pernah tarik mundur blangko pendaftaran lo. Cepat ato lambat, lo pasti akan melewati proses itu kalo lo mau lulus.

    2. Abis daftar, siapkan mata kuliah yg mau diujikan. Tanya2 temen kisi2 materi yang kemaren ditanyain dosen penguji. Catet semua yang penting2. Inget, dosen nanyanya ada yang teks book, ada juga yang masalah kekinian.

    3. Belajar pelajaran yang menurut lu asoy. Kalo gue sih, matkul yang pertama gue pelajari, yg hubungannya sama manajemen. Secara, jurusan gue itu. Cari pola belajar lo, apakah baca aja cukup? Ato menghafal? Ato gimana, lo sendiri yg tau. Intinya, jangan cuma hapal, tapi di pahami.

    4. Kenali karakter dosen penguji kita. Caranya tanya sana sini, sama temen2 kita yang udah berhasil melewati ujian tersebut. Kalo kita hapal karakternya, insyaAllah ga kaget pas ditanya saat ujian.

    5. Jangan terlalu memporsir waktu untuk belajar, hingga melupakan amanah wajib, seperti dakwah, kontak, halqoh, dll. Carilah waktu belajar yang menurut lo elegan, biar cepet nyantolnya. Coz, kalo terlalu khawatir takut ga bisa jawab, hal yang demikian itu akan terjadi. Ingat, Allah sesuai prasangka hambanya.

    6. Selalu optimis dengan pikiran kita. Rasa optimis bisa menghantarkan kita kepada kesuksesan. Sedangkan pesimis, sudah berniat untuk gagal. So, apapun itu, tetap maju pantang mundur. Kan yang penting udah belajar sungguh2.

    7. Sertakan doa dalam setiap sholat. Perbanyak sholat malam dan mohon doa agar dipermudah saat ujian berlangsung. Karena hanya Allah lah yang membolak balikkan hati dosen penguji kita sehingga meluluskan kita. Yakinkan selalu, Allah bersama kita. Tanpa Allah, kita bukan apa2. So, jangan sepelekan sebuah doa.

    8. Minta doa restu dari orang tua tersayang, terutama ibu. InsyaAllah akan bantu kita dalam menghadapi ujian akhir. Doa ibu insyaAllah mustajab.

    9. Bila punya salah dengan orang lain segeralah minta maaf. Jika ada hutang yang belum terbayar, maka lunasilah. Semakin kita memudahkan urusan orang lain, Allah pasti akan memudahkan urusan kita.

    10. Belajar udah, usaha juga udah, doa juga udah. Yang terakhir serahkan semua urusan kepada Allah. Berprasangka baiklah, diri ini mampu untuk menjawab pertanyaan dari dosen. Anggap aja kita lagi promosiin perusahaan kita. Berikan yang terbaik untuk mereka.

    Itulah tips sederhana ciptaan gue sendiri. Sebenernya gue juga lagi memotivasi diri sendiri biar ga stress buat menghadapi ujian kompre matkul n sidang skripsi tgl 25,27,0814 besok. Doain gue ya blogger, moga gue lulus dengan nilai yang memuaskan. Aamiin

    23.27
    Yang lagi belajar buat ujian besok, chayyooo

0 komentar:

Search