• Cerita Lebaran 2013

    Taraaa saya mau cerita lagi nih guys. Tiba-tiba aja, sahabat saya ~iffah wardatun hamroh~ bilang lewat WhatsApp katanya kangen sama tulisan saya. Jadi terharu saya ada yang ngangeni, haha. Makasih ya mba iff, muach :D

    Betewe met idul fitri 1434H ya, mohon maaf lahir batin. Selamat lebaran dan selamat mudik. Lebaran tahun ini serempak men, tanggal 8 Agustus 2013, alhamdulillah. Walopun 1-2 jamaah ada yang duluan, entahlah mereka pake dalil apa. Yang jelas, selama hilalnya belum kelihatan maka puasanya di genapkan, tapi jika sudah terlihat maka sudah masuk 1 syawal.

    3 hari berturut-turut keliling silahturahmi ke rumah sedulur-sedulur. Selanjutnya saya lebaran di kasur. Alias sakit T.T Biasa, migrain saya kambuh lagi. Ampun dah kalo punya migrain, kalo kumat masya Allah sakitnya. Ya Allah gugurkanlah dosaku selama engkau memberi hamba ujian sakit, aamiinn. Tapi alhamdulillah sakitnya cuma 1 hari aja. Ga kuat kalo lama-lama euy.

    Flash back dulu ah, cerita saya sebelum lebaran. Jadi gini ceritanya, saya itu sebulan penuh nangkring di gunung merapi jogja. Gantiin mbah marijan. Syuting film 5 km.haha. Tapi karna saya ga pantes akting, akhirnya syuting filmnya di undur. Dan ceritanya jadi berubah.

    Ini kisahnya. Ada sekian kelompok mahasiswa yang di utus kampusnya untuk mengabdi sementara ditengah -tengah masyarakat desa yang dahulu terkena bencana erupsi merapi. Desa tersebut bernama desa kepuharjo, terletak di daerah cangkringan sleman yogyakarta. Anak mahasiswa berasal dari Sekolah Tinggi Ekonomi Islam Hamfara Yogyakarta. Kegiatan ini biasa disebut KKN. Akhirnya saya bisa merasakan masa KKN yang paling berkesan men!! Kangen KKN tapi ga mau ngulang, cukup sekali saja.

    Sebulan di taro dilereng merapi, rasanya kaya apa cuy, dingiiin!! Ngerasain angin badai, ujan debu, ngeriii men!! Lewat jalan motor cross, jalan truk yang rusak sangat, paraahh ga tuh! Ga percaya, sok sana cobain. Tapi saya seneng prend, karna dapet pengalaman hidup bermasyarakat. Asli sumpah bermasyarakat itu horor horor es krim. Kalo belom kenal serem, tapi kalo udah akrab jadi ketagihan. Ya gitulah, cerita singkat KKN saya. Cerita panjangnya ada di memory otak saya, kalo kamu penasaran mau tau, caranya panggil mbah dumbledor. *nggak ngerti maksudnya? Ya udah, DL :P

    Abis itu, KKN berakhir, kita semua pada mudik deh. Saya mudik ke Tangerang. Asrama sepi sekali, kampus udah kaya kota mati. Ga da kehidupan, ngerii. Selama lebaran saya berasa udah gede. Secara ga dapet THR lagi, hiks. Tapi sekali dapet, merah broo, haha. Itulah enaknya jadi anak gede.

    Temen saya banyak yang cerita, pas pada moment ketemu sodara, mereka ditanya "kapan nikah?" "udah ada calon kan?" bla bla bla. Dan lucunya, untuk menegaskan dia masih single, pas moment kirim2 lebaran lewat sms, di akhir smsnya ditulisi "ratna yang belum berkeluarga" haha. Lucu banget menurut gue. Belum berkeluarga pamer ke orang :)) Tulis nama aja keq, ga usah embel-embel belum berkeluarganya, haha lucu dah pokoknya. Di grup fb KKN saya juga banyak tuh yang modusnya kaya gitu.

    Udah ga jaman puisi2an, apalagi bikin kata-kata mutiara dulu. Capek bacanya. Saya aja ngucapin ke temen-temen cuma selamat lebaran dan selamat mudik ya. Maapin kalo ada salah. Udah, gitu doang. Simple kan? Intinya kan ngucapin lebaran. Trus ada lagi, fenomena ikhwan luar angkasa yang ga di pesen, kirim lebaran juga ke saya. Pikir saya, idih ini ikhwan, apa ngirimin ke semua akhwat ya, ga macho banget, haha. Sorry sms lebarannya ga gue bales :p lagian, aya aya wae.

    Trus fenomena kue nastar di setiap rumah. Tuh kue fenomenal banget, dimana-mana pasti muncul. Dan isinya selalu nanas, ga ganti dari dulu. Aneh gue. Trus fenomena petasan malem takbir. Ini nih yang bikin gue naek darah. Jedar..jedor..jeder... Kasihanilah jantung ini nak. Fenomena opor ayam n tupat juga ga mau ketinggalan. Menu wajib lebaran. Ga da tuh makanan, ga afdol lebarannya. Pernah sekali emak gue ga masak tuh menu, masya Allah ngedumelnya berminggu-minggu. Bilangnya gini "yah da, tahun ini ibu ga masak ketupat n opor" gitu mulu tiap hari, ampe bosen eiye dengernye. Tanya dah ke emak lu, kalo ga percaya. Ga masak tuh menu, kaya ada yang beda. Terakhir nih, fenomena paling disukai anak-anak. Bagi-bagi THR, horee. Dirumah gue, tiap lebaran suka ada gerombolan bocah dari kampung sebelah dateng. Dateng, saliman, makan kue nastar, nunggu sampe dikasih duit, kalo udah dikasih baru pamit pulang. Jailah nih bocah, gimana kalo emak gue kaga ngasih duit, kaga pulang-pulang kali tuh bocah-bocah.

    Itulah lebaran. Hari raya umat Muslim. Udah punya hari raya sendiri, ga usah ngikut2 hari raya umat lain. Tinggalin dah tuh yang kaya valentine day, natal day, imlek day, dll. Cukup hari raya kita aja boleh kita rayakan. Apalagi kalo moment tahun baru, wah banyak tuh kaum muslimin yang terjebak di dalamnya. Ikut-ikutan foya-foya, tiup2 terompet, nunggu ampe jam 12, ngapain? Cuma buat pergantian hari? Ga mutu banget. Inget loh, itu bukan budaya Islam, itu adalah budaya barat, yang ga pantes kita ikutin.

    Bentar lagi umat Islam akan berhari raya kembali. Ini hari raya temanya qur'ban lagi. Saatnya pesta daging cuy. Rayakan dah tuh sepuas yang kamu mau. Asal jangan lupa aja, hakikat hari raya idul adha itu apa. Kalo belum tau apa hakikatnya, yuk sama-sama cari tau. Dan, nantikan cerita saya selanjutnya. Papay

    01.54
    Minal Aidzin Wal faidzin

0 komentar:

Search