• Hamil Anak ke tiga, Masih Menyusui

    Assalamualaikum sahabat blogger. Alhamdulillah saya dikasih amanah lagi mengandung anak ketiga. Foto USG di atas, ketika saya mengandung usia 8 mingguan. Dan anak kedua saya masih berusia 16 bulan. Alhamdulillah tantangan baru bagi saya. Kondisi lagi hamil, sambil menyusui si kakak.

    Menurut teori, hamil sambil menyusui akan membuat kontraksi perut dan membahayakan si janin. Tapi ternyata, teori tak selamanya sesuai dengan prakteknya. Banyak juga ibu hamil sambil menyusui hingga genap dua tahun. Dengan catatan kondisi ibu dan janinnya sehat dan kuat. Tidak punya riwayat keguguran atau penyakit berbahaya. Maka, boleh banget lagi hamil, tapi tetap menyusui si kakak.

    Pengalaman pribadi saya selama menyusui si kakak dan hamil si utun, bulan pertama dan kedua, puting itu rasanya sakit luar biasa. Alias hormon berubah, menyebabkan daerah puting sensitif. Rasanya mau nangis kalo si kakak minta nenen. hiks..

    Dengan penuh keyakinan, saya tetap bertahan dan selalu berdoa sama Allah minta dikuatkan dan dimudahkan menjalani kondisi saya saat ini. Alhamdulillah sudah berjalan sampai tiga bulan.

    Yang paling berat ketika si kakak sakit. Otomatis frekuensi menyusui akan lebih sering. Dan tau sendiri lah gimana rasanya kalo udah di sedot, lapernya tiga kali lipat. Si utun juga minta jatah asupan, saya pun butuh nutrisi. Ya Allah ternyata jadi ibu hamil + menyusui itu berat banget. Seringkali saya suka lelah dan pingin nyapih si kakak saat itu juga. Tapi masih ga tega. Semoga saya tetap kuat menyusui si kakak sampai dua tahun ya Allah.

    Selama saya menyusui, ga ada kondisi saya yang terlalu mengkhawatirkan seperti keram perut/kontraksi, pendarahan, atau yang lainnya. Cuma laper dan lelahnya itu, tidur miring berjam-jam, sampe punggung rasanya mau copot. Ibu menyusui pasti paham lah. hehe.

    Tapi bismillah, saya yakin Allah kasih perintah menyusui selama dua tahun itu pasti sanggup di jalani oleh ibu2 menyusui. Kalaupun nanti ditengah kehamilan besar saya, tidak memungkinkan untuk menyusui, maka tidak ada dosa pula untuk menyapih si kakak. Demi kebaikan dan kesehatan bersama.

    Jadi intinya, kalo hamil sambil menyusui, sok wae lah. asal kesehatan ibu dan janin bagus. Tidak ada riwayat yang mengkhawatirkan. Dan ingat, porsi makan ga usah banyak, asal bergizi. ada sayur, buah, protein, karbo. Wajib tiap hari konsumsi itu. Kalo engga, dijamin lemes 3x lipat.

    Selamat hamil, para ibu menyusui 😁


    22.57
    salam super busui + bumil

0 komentar:

Search